Kawah Pemandian Belerang Di Desa Pematang - Kragilan, Serang


Kawah belerang Pematang, Kragilan - Serang
Orang - orang di kampung saya menyebutnya kawah Pematang. Kawah belerang ini lokasinya dekat dengan tempat tinggal saya.  Kawah ini berbentuk seperti kubangan lumpur yang mendidih. Awal mulanya kawah ini hanya berupa sawah. Namun karena terus menerus menyemburkan belerang, maka warga Pematang memagarinya dengan tembok. 

Banyak orang yang sengaja datang ke kawah ini untuk melakukan pengobatan. Biasanya pengobatan dilakukan terkait dengan penyakit kulit. Mereka percaya bahwa kandungan belerang pada kawah tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap dan lain sebagainya.
Jalan menuju lokasi kawah
Untuk bisa mencapai lokasi kawah ini, pengujung dapat menjangkaunya dengan mudah karena dekat dengan akses jalan. Jika dari arah pintu tol Ciujung sekitar setengah kilometer ke arah Serang akan menemukan perempatan ojeg Sentul. Dari  tempat ini, lokasi kawah belerang berada di sebelah kiri perempatan ojeg tersebut atau sekitar 15 menit waktu perjalanan. 

Lokasi kawah berada di persawahan

Kawah ini sendiri sudah ada sejak lama. Konon katanya sudah ada sejak jaman Hindia Belanda. Ada yang mengatakan bahwa kawah ini adalah tembusan dari Gunung Krakatau di Selat Sunda.

Untuk bisa melakukan pengobatan di kawah ini, pengunjung harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke petugas penjaga kawah. Biasanya kawah pemandian Pematang ini buka setiap pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00.
Papan nama untuk menemukan lokasi kawah
Bagi siapa saja yang hendak berkunjung ke lokasi kawah ini terkait pengobatan penyakit kulit, silahkan kunjungi lokasi dengan alamat lengkap di Kampung Pematang Masjid Desa Pematang Kabupaten Serang Propinsi Banten.

Silahkan tulis komentar atau pertanyaan jika teman jagoan banten penasaran dengan kawah ini. 

Untuk lokasi bisa di cari juga melalui google map yah...

Semoga bermanfaat ...

3 comments:

  1. Roda empat bisa sampai kelokadi ngga ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa, lokasi dekat jalan raya, sekitar 200 meter dr jalan raya

      Delete
  2. Tiap hari nya rame apa gmna min ?

    ReplyDelete