Cara Melakukan Promosi / Iklan Gratis Di Facebook

Akhir - akhir ini, beranda facebook saya penuh dengan berbagai status dari teman yang berisi dengan promo beberapa produk mulai dari produk berbasis multi level marketing (MLM) atau produk jualan lainnya. Saya pikir tidak ada salahnya kita beriklan di facebook karena kadang saya melakukannya juga. Namun tentu dengan tetap memperhatikan etika agar pengguna facebook lain tidak merasa terganggu. 


Tujuan kita beriklan adalah agar orang lain tahu dan tertarik akan produk yang kita jual atau mau ikut serta dengan apa yang kita inginkan. Namun tidak jarang tujuan itu tidak tercapai hanya dengan menyebar sejumlah status promosi atau ajakan di facebook. Yang ada malah terkesan seperti spam

Tidak efektifnya promosi yang kita buat di facebook mungkin salah satunya karena kita tidak paham tentang strategi promosi. Termasuk saya pun demikian. Namun saya sangat berkeyakinan jika promosi dilakukan dengan cara yang tepat, waktu yang tepat, serta target yang jelas, iklan yang kita buat akan lebih efektif dibanding asal membuat promosi. 

Agar promosi di facebook lebih efektif, mulai lah dengan membuat iklan yang tepat semisal dari pemilihan kata, pilihlah calon konsumen potensial yang akan menjadi target promosi, dan jangkaulah mereka agar tertarik membeli atau mengikuti produk yang kita tawarkan melalui iklan di facebook yang kita buat.

Salah satu pilihan beriklan secara efektif di facebook yaitu dengan memanfaatkan Facebook Ads. Saya yakin, sebagai pengguna facebook, kita pernah melihat fasilitas ini di beranda kita. Biasanya iklan dari facebook ads akan bertuliskan "Bersponsor" seperti pada gambar di bawah ini :


Jika kita ingin bisa beriklan seperti contoh Facebook Ads di atas, tentu hal itu sangat mudah. Langkahnya yaitu dengan membuat fanspage atau halaman facebook, kemudian buat kiriman / status pada halaman tersebut sesuai produk yang ingin kita promosikan dan selanjutnya kita promosikan halaman atau postingan kita tersebut sehingga menjangkau orang - orang yang lebih potensial dengan cakupan yang lebih luas atau spesifik sesuai minat. Semua bisa diatur sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  
Bagi yang masih bingung membuat fanspage atau halaman facebook, berikut tutorial sederhananya :

a. Klik pada menu "Halaman" dan kemudian klik "Buat Halaman" sampai muncul tampilan dibawah ini. Pilih kategori "Merek atau Produk" untuk memasarkan suatu produk atau jasa.


b. Langkah berikutnya tambahkan foto profil serta  cover agar orang - orang lebih mudah mencari halaman yang kita buat serta tentu saja halaman tersebut menjadi lebih menarik. Sebagai contoh hasil halaman yang dibuat seperti dibawah ini :


c. Jika fanspage sudah dibuat, lanjutkan dengan melakukan promosi. Promosi yang kita lakukan bisa promosi fanspage milik kita yaitu dengan mengklik "Promosikan" seperti gambar yang dilingkari di atas, atau mempromosikan postingan / status yang kita buat. Saat mengklik tombol "Promosikan" maka akan ada petunjuk tentang siapa target promosi kita dengan termasuk luas kecilnya wilayah promosi. 
Selanjutnya jika promosi berhasil maka kita akan dikenai biaya oleh Facebook Ads dengan pilihan pembayaran melalui Kartu Kredit atau Transfer Bank.

d. Jika kita ingin mempromosikan kiriman / status kita di halaman yang sudah kita buat, silahkan klik "Promosikan Kiriman" pada status yang kita pilih seperti contoh di bawah ini :



e. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada dengan menentukan siapa yang bisa melihat iklan kita, berapa hari iklan akan ditayangkan, serta memilih anggaran pembayaran iklan dan seterusnya seperti gambar di bawah :

f. Untuk petunjuk secara detail, saya yakin kita bisa mengikuti petunjuk yang terdapat di facebook saat akan melakukan promosi dan tentu saja langkah - langkahnya sangat mudah. Yang penting siapkan anggaran  untuk iklan atau promosi yang kita buat tersebut. Dan akan lebih mudah jika pembayaran dilakukan dengan transfer bank dari pada kartu kredit karena kartu kredit biasanya hanya dimiliki orang tertentu saja.

Demikian tutorial sederhana membuat iklan atau promosi melalui Facebook Ads. Namun karena judul tulisan ini Cara Melakukan Promosi / Iklan Gratis di Facebook, beriklan di Facebook Ads tentu bukan pilihan yang tepat karena harus membayar sejumlah biaya promosi. 

Nah, berikut saya akan coba paparkan bagaimana cara melakukan promosi lain di facebook dengan gratis namun tetap efektif menjangkau konsumen potensial produk kita.

1. Tandai (Tag) Teman Facebook
Saat kita akan membuat kiriman atau status tentang produk yang kita jual, akan lebih baik jika kita menandai teman yang memiliki lebih banyak pengikut. Tujuannya adalah agar menjangkau lebih banyak calon konsumen karena status promosi kita dilihat atau dibaca lebih banyak orang. Semakin banyak kita memberi tanda, peluang dilihat banyak orang semakin besar. Namun metode ini sedikit beresiko karena orang yang kita tandai bisa saja merasa tidak nyaman. Maka akan lebih baik meminta ijin terlebih dahulu dan tidak terlalu sering memberi tanda pada orang yang sama.

2. Bagikan Kiriman Di Group
Menurut saya ini adalah cara promosi gratis yang lebih efektif dilakukan di facebook karena peluang produk kita dilihat banyak orang lebih terbuka lebar. Agar lebih efektif, jangan membuat status atau kiriman secara langsung ke group, tapi dengan cara membagikan kiriman yang sudah kita buat di fanspage milik kita. 

Untuk bisa membagikan kiriman di beberapa group potensial, langkah pertama kita harus bergabung terlebih dahulu dengan group tersebut. Pilih group sesuai dengan produk yang sedang kita promosikan. Karena saya mempromosikan situs blog pendidikan dan pengetahuaan umum agar memiliki banyak pengunjung, maka saya mengikuti beberapa group bertema pendidikan dan group potensial lainnya. Jika kita sudah terdaftar pada group tersebut, bagikan kiriman yang sudah kita buat di fanspage pada group - group tersebut. 

Saat kita membagikan kiriman di group potensial, saran saya jangan terlalu sering karena bisa dianggap spam dan bisa - bisa dikeluarkan dari group tersebut. Akan lebih baik kita membagikan kiriman dengan bergantian dari satu group ke group yang lain dengan waktu terjadwal. 

3. Ikuti Fasilitas Iklan Gratis Pada Fanspage / Halaman Yang Sudah Terkenal

Dalam hal ini saya memberi contoh halaman "FESBUK BANTEN News" yang sudah disukai lebih dari 130 ribu orang. Fanspage ini berbasis berita dari pengguna facebook yang kemudian di baca oleh pengguna lain atau lebih tepatnya sebagai penghubung beberapa pengguna facebook untuk saling berbagi informasi seputar Banten. 

Sekali pun tidak terhubung pertemanan di facebook, kita tetap bisa melihat informasi dari pengguna yang lain melalui Fanspage ini. Artinya, pengguna lain juga dapat melihat kiriman yang kita buat walau tidak terhubung pertemanan. Dan tentu ini menjadi sarana promosi yan efektif.

Untuk bisa melakukan promosi dari fanspage ini, silahkan hubungi admin yang bersangkutan untuk melakukan promosi melalui fasilitas "kirim pesan" atau sejenisnya. Dan saya yakin masih banyak fanspage terkenal lain yang menyediakan kesempatan untuk melakukan promosi gratis.

4. Sering Berinteraksi Dengan Calon Konsumen Di Facebook

Akun - akun yang sering muncul di beranda facebook kita biasanya adalah akun yang sering berinteraksi dengan kita baik dengan cara memberikan tanda like, reaksi, berkirim pesan atau memberikan komentar. Artinya, status yang kita buat akan muncul juga pada beranda akun - akun yang sering berinteraksi dengan kita. 

Jika kita ingin status kita sering muncul di beranda akun yang lain, maka kita harus sering melakukan interaksi dengan akun tersebut. Ini tentu bisa dijadikan sarana promosi gratis di facebook untuk menjangkau calon konsumen potensial. Caranya sangat  sederhana, pertama tentukan akun atau teman facebook yang akan dijadikan target promosi kita. Kedua, lakukan interaksi lebih sering dengan akun tersebut baik dengan memberi tanda like, reaksi atau komentar. Jika takut merasa terganggu, hal yang wajib dilakukan adalah selalu memberi tanda like.

5. Buat Blog Promosi Dan Sebarkan Link-nya Melalui Facebook
Biasanya ketika calon konsumen penasaran dengan produk yang kita jual, mereka akan memiliki banyak pertanyaan terhadap produk tersebut agar mereka lebih yakin untuk membelinya. Maka tugas kita adalah menjawab semua pertanyaan mereka secara detail terkait produk yang akan mereka beli. Tapi jika terlalu banyak pertanyaan, maka mungkin kita akan kesulitan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut. Akan lebih efektif jika kita menjawab pertanyaan yang sering muncul dan menuliskannya pada sebuah website atau blog gratisan. 

Blog yang kita buat juga berisi review tentang produk atau berbagai keterangan yang diperlukan agar calon konsumen tertarik dengan produk yang kita promosikan. Dan menjadi lebih efektif jika calon konsumen tersebut kita ajak dari sosial media seperti facebook untuk mengunjungi blog yang sudah kita buat. Caranya cukup dengan menyebarkan link aktif blog dari produk atau ajakan yang kita buat.

Demikian beberapa cara sederhana untuk bisa melakukan promosi atau iklan gratis di facebook. 

Sebagai tambahan, perlu diperhatikan beberapa catatan sebagai berikut :

1. Saat membuat status atau kiriman hendaknya dengan kalimat yang membuat orang tertarik atau penasaran. Akan lebih baik pula di sertai gambar atau meme yang mendukung.

2. Update status atau kiriman dilakukan pada saat jam dimana banyak orang menggunakan sosial media yaitu pada jam istirahat antara pukul 11.00 s.d 13.00 atau sore hari pada pukul 17.00 s.d 18.00 dan malam hari diantara pukul 19.00 s.d 21.00.

3. Jika tidak terlalu banyak memiliki waktu membuat kiriman di fanspage atau halaman, ada baiknya pada waktu malam hari membuat kiriman yang banyak namun penerbitannya dilakukan dengan jadwal terutama pada jam - jam ramai tersebut.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang membutuhkan dan mohon maaf jika penyajiannya kurang maksimal. Semoga kita sukses melakukan promosi dengan gratis di facebook. Selamat menncoba.

Semoga bermanfaat ....

1 comment:

  1. Kami Tirta Sakti Teknik spesialis jasa instalasi pemasangan / pasang penangkal petir sistem

    konvensional dan elektrostatis serta grounding panel listrik.

    Siap pasang untuk bangunan rumah tinggal, perkantoran , pabrik, apartment, pergudangan serta

    lahan pertanian atau lapangan golf.




    Berikut harga penangkal petir yang kami sediakan,

    Paket Penangkal Petir 1 Tombak Tunggal Rp.1.850.000,-
    Meliputi material :
    - 1 set splitzen / tombak tunggal
    - 1 btg pipa galvaniz maks maks 1 meter
    - 1 btg arde copper road 5/8 1 meter
    - 1 lot pengeboran tanah maks 8 meter
    - 15 mtr kabel bc 25mm
    - Free instalasi


    Paket Penangkal Petir 2 Tombak Tunggal Rp.2.350.000,-
    Meliputi material :
    - 2 set splitzen / tombak tunggal
    - 2 btg pipa galvaniz maks maks 1 meter
    - 1 btg arde copper road 5/8 1 meter
    - 1 lot pengeboran tanah maks 8 meter
    - 15 mtr kabel bc 25mm
    - Free instalasi


    Note :
    - Harga diatas sudah termasuk jasa instalasi / pemasangan
    - Harga diatas berlaku untuk wilayah jabodetabek

    Custoumer Support
    Jam 07.30 – 19.30. WIB
    Hari Minggu/Libur Tetap Buka
    Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi

    *Customer Support Kami*

    Telp : 021 - 5939 4033
    Telp / WA : 0813 - 8979 - 9876
    Sms / Telp : 0858 - 9294 - 3200

    By email : tirtasakti.teknik@gmail.com

    Melayani Jasa Pemasang Penangkal Petir Untuk Wilayah : Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang,

    Bekasi, Cikarang (Pulau Jawa), Kami juga melayani pasang penangkal petir di Kalimantan, Bali,

    Lombok, Sumatera, Sulawesi, Papua (seluruh Indonesia)

    ReplyDelete