Daftar Peserta dan Jadwal UKG Ulang I dan III Tahun 2018


Melalui laman publik sertifikasi guru yaitu kemdiknas.swin.net.id atau ap2sg.sertifikasiguru.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  mempublikasikan informasi tentang daftar peserta UKG Ulang III bagi peserta PLPG 2016 dan UKG Ulang I bagi peserta PLPG 2017.


Pelaksanaan UKG ulang sendiri dijadwalkan pada tanggal 30 Januari s.d 6 Februari 2018 dengan lokasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) ditentukan langsung oleh panitia sertifikasi guru.

Untuk mengetahui apakah termasuk sebagai peserta UKG ulang atau tidak, silahkan cek dengan mengklik tautan informasi "Peserta UKG Ulang" pada laman di atas. Masukan NUPTK dan nanti akan muncul nama peserta serta lokasi TUK.

Agar bisa dengan mudah menjawab soal - soal UKG Ulang tersebut, silahkan juga pelajari kisi - kisi UKG Setelah PLPG. 

Melalui situs yang sama terdapat peringatan disampaikan kepada peserta UKG Ulang agar tidak berlaku curang selama pelaksanaan UKG Ulang, dan jika ditemukan kecurangan atau pelanggaran maka tidak akan diberi kesempatan untuk mengikuti UKG ulang berikutnya dan mengikuti proses sertifikasi guru melalui jalur PPG dengan prosedur yang ada.



Sebelum adanya pengumuman tentang UKG Ulang, laman resmi sertifikasi guru tersebut beberapa hari ke belakang memuat daftar peserta Pretes Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ) yang dinyatakan lulus. Namun informasi tentang kelulusan pretes PPGJ tersebut kini sudah tidak dipublikasikan sehingga banyak calon peserta PPGJ yang mengikuti pretes belum mengetahuinya.

Seperti diketahui bahwa tidak semua peserta pretes PPGJ dinyatakan sebagai peserta PPGJ karena penetapan peserta tersebut didasarkan kuota dan skala prioritas. Kuota peserta PPGJ tahun 2018 adalah sebanyak  70.000 orang terdiri dari 20.000 untuk pusat dan 50.000 untuk daerah. Artinya akan banyak peserta pretes yang dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi skala prioritas. Untuk melihat skala prioritas lihat di Pedoman PPGJ 2018.

Saat ini sedang tahap persiapan penetapan peserta PPGJ 2018 sebagai kelanjutan Pretes PPG. Untuk informasi selanjutnya tetap pantau laman sertifikasi guru di atas. 

No comments:

Post a Comment