Daftar Gunung Tertinggi dan Sungai Terpanjang Di Tiap Benua

Benua adalah bagian permukaan bumi berupa daratan yang sangat luas. Menurut Alfred Wegener, seorang pakar meterologi Jerman, awalnya hanya terdapat satu benua yaitu Pangaea yang dikelilingi oleh Samudera Panthalasa. 

Akibat adanya tenaga endogen, benua tersebut pecah menjadi dua bagian yaitu Benua Gondwana dan Benua Laurasia. Pergerakan muka bumi terus terjadi dalam jangka waktu yang lama hingga terbentuknya benua dan samudera yang kita kenal sekarang. 

Terdapat enam benua yang kita kenal sekarang yaitu Asia, Australia, Afrika, Amerika, Eropa dan Antartika. Sedangkan samudera yang ada saat ini yaitu Pasifik, Atlantik, Hindia, dan Arktik. 

Dari keenam benua tersebut, benua terluas adalah Asia dan yang paling kecil adalah Australia. Sedangkan samudera terluas adalah Pasifik dan terkecil adalah Arktik. 

Berikut data tentang luas benua dan samudera yang ada di bumi :

1. Benua Asia  (44.391.000 km2 )

2. Benua Australia (7.682.300 km2 )

3. Benua Afrika (30.295.000 km2 )

4. Benua Amerika (42.188.568 km2 )

5. Benua Eropa (10.355.000 km2 )

6. Benua Antartika (13.200.000 km2 )

7. Samudera Pasifik (165.700.000 km2 )

8. Samudera Atlantik (82.400.000 km2 )

9. Samudera Hindia (73.400.000 km2 )

10. Samudera Arktik (14.100.000 km2 )

Setiap benua memiliki kenampakan geografi yang berbeda satu sama lain. Hal ini terjadi karena letak geografis dan astronomis yang berbeda. 

Berikut ini akan disajikan kekhasan masing masing benua berupa gunung tertinggi dan sungai terpanjang yang ada di setiap benua tersebut :

Daftar Gunung Tertinggi Di Tiap Benua


Berikut ini nama - nama gunung paling tinggi untuk setiap benua. Penentuan ketinggian diukur dari atas permukaan laut. 


1. Gunung Tertinggi Asia : Mount Everest 
Pegunungan Mount Everst

Mount Everest memiliki ketinggian 8.850 mdpl dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Asia sekaligus menjadi gunung tertinggi di dunia. Gunung ini berada dijajaran Pegunungan Himalaya yang terletak membentang di tengah Benua Asia.


2. Gunung Tertinggi Amerika : Gunung Aconcagua 

Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua memiliki tinggi 6.960 mdpl merupakan gunung tertinggi di Benua Amerika. Gunung ini terletak di Amerika Selatan tepatnya di Negara Argentina.


3. Gunung Tertinggi Afrika : Gunung Kilimanjaro 

Gunung Kilimanjaro

Gunung Kilimanjaro memiliki ketinggian 4.600 meter diukur dari dasar atau kaki gunung. Sedangkan jika diukur dari permukaan laut tingginya mencapai 5.885 mdpl. Gunung tertinggi di Afrika ini mendapat julukan Kaiser-Wilhelm-Spitze terletak di negara Tanzania. 


4. Gunung Tertinggi Eropa : Gunung Elbrus 

Gunung Elbrus

Gunung Elbrus memiliki ketinggian 5.642 mdpl. Gunung ini terletak di negara Rusia berbatasan dengan negara Georgia. 


5. Gunung Tertinggi Australia : Gunung Kosciuszko

Gunung Kosciuszko

Gunung Kosciuszko ialah gunung tertinggi di daratan Australia setinggi 2.228 meter. Nama gunung ini diambil dari nama pahlawan nasional Polandia. 


6. Gunung Tertinggi Antartika : Vinson Massif 

Gunung Vinson Masif

Gunung ini menjadi gunung tertinggi di Antartika dengan keitnggian 4.897 meter. Gunung ini pertama kali ditemukan pada Januari 1958 oleh pesawat Angkatan Laut AS. 

Nama Vinson Massiff diberikan pada tahun 1961 oleh Komite Penasehat Untuk Antartika berasal dari nama Carl G. Vinson, anggota kongres Amerika Serikat dari Georgia atas dukungannya terhadap eksplorasi Antartika. Sumber gambar : rmiguides.com


Sungai Terpanjang Di Tiap Benua


Berikut ini merupakan daftar sungai - sungai terpanjang di dunia berdasar letaknya dimasing-masing benua menjadikannya sungai terpanjang di setiap benua.


1. Sungai terpanjang di Asia : Sungai Yangtze 

Sungai Yangtse

Sungai terpanjang di Asia ini memiliki panjang 6.380 km. Sungai ini terletak sepenuhnya di China dan menjadi sungai terpanjang ketiga di dunia. Yangtze berasal dari bahasa China, Yangzhi Jiang (tentang suara ini) merupakan bagian terendah antara Nanjing dan Shanghai. Sumber : justfunfacts.com


2. Sungai terpanjang di Amerika : Sungai Amazon

Sungai Amazon

Sungai Amazon memiliki panjang 6.400 km merupakan sungai terpanjang di Benua Amerika sekaligus sungai terpanjang kedua di dunia. Sungai ini terletak di Amerika Selatan tepatnya di Negara Brasil. Orang Brasil menyebutsungai ini dengan Sungai Solim. Sumber gambar : rio.wikia.com


3. Sungai terpanjang di Afrika : Sungai Nil

Sungai Nile

Sungai dengan panjang mencapai 6.650 km menjadi sungai terpanjang di Afika sekaligus sungai terpanjang di dunia. Nama sungai nil berasal dari bahasa Yunani, Nahal yang berarti lembah atau lembah sungai. 

Sungai ini membentang dari ujung utara Afrika sampai ujung selatan dengan melewati sebelas negara yaitu Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Republik Sudan, dan Mesir. Sumber gambar : wikipedia.org


4. Sungai terpanjang di Eropa : Sungai Volga


Sungai Volga

Sungai Volga memiliki panjang 3.692 km membentang dari Rusia hingga ke Laut Kaspia. Jalur Sungai Volga terbagi menjadi 3 bagian yaitu Volga Atas (dari suimber ke Oka), Volga Tengah (pertemuan Oka dengan Kama) dan Volga bawah (dari Kama ke Volga).


5. Sungai terpanjang di Australia : Sungai Murray Darling

Sungai Alpen

Sungai ini adalah sungai terpanjang di Australia dengan panjang mencapai 2.508 km. Sungai ini berasal dari pegunungan Alpen dan mengalir ke barat laut Australia.


Demikian tulisan tentang gunung tertinggi ditiap benua beserta sungai terpanjang disetiap benua. 

Tulisan ini semoga bermanfaat untuk teman Jagoan Banten yang sedang mencari informasi tentang nama-nama gunung tertinggi disetiap benua dan juga nama-nama sungai terpanjang disetiap benua.

#pengetahuanumum
#materiips

No comments:

Post a Comment