Jadwal Pelaksanaan SNMPTN Mulai 13 Januari 2018


Seperti diketahui bahwa penerimaan mahasiswa baru pada pergurun tinggi negeri (PTN) untuk tahun 2018 ini melalui tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri. SNMPTN hadir dalam rangka memberi kesempatan kepada siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukan prestasinya di SMK/SMA/MA untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri (PTN).


Penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN didasarkan pada prestasi siswa yang terdapat di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang telah diisi oleh sekolah dengan memuat rekam jejak siswa yang akan mengikuti SNMPTN 

Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN 2018 dimulai sejak 13 Januari 2018. Jadwal Pelaksanaan rangkaian tersebut adalah sebagai berikut :

Pengisian dan Verifikasi PDSS
13 Januari – 10 Februari 2018
Pendaftaran SNMPTN
21 Februari – 6 Maret 2018
Pengumuman Hasil Seleksi
17 April 2018

Untuk persyaratan peserta yang boleh mengikuti SNMPTN 2018 dibagi menjadi dua yaitu persyaratan sekolah dan persyaratan Siswa Pendaftar. 

Persyaratan sekolah peserta SNMPTN 2018 adalah SMA / SMK/ MA atau sederajat yang mempunyai NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar. 

Sedangkan persayaratan untuk siswa pendaftar SNMPTN 2018 adalah sebagai berikut :

Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat (termasuk SRI di luar negeri) kelas terakhir pada tahun 2018 yang memenuhi persyaratan.
1. Memiliki prestasi unggul yaitu calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
  • akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya; 
  • akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya; 
  • akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya; 
  • belum terakreditasi, 5% terbaik di sekolahnya. 
Pemeringkatan dilakukan oleh Panitia Pusat berdasarkan data PDSS.

2. Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS

3. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/SMK/MA atau sederajat tiga tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Siswa yang memenuhi syarat dapat mengikuti SNMPTN 2018 dan diterima sebagai mahasiswa jika :

a. lulus satuan pendidikan SMK/SMA/MA atau sederajat
b. lulus SNMPTN 2018
c. lolos verifikasi data dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh PTN penerima

Sedangkan untuk tahapan pelaksanaan SNMPTN 2018 ini yaitu melalui tiga tahap sebagai berikut :

1. Tahap Pengisian dan Verifikasi PDSS, dilakukan oleh sekolah melalui laman resmi http://pdss.snmptn.ac.id

2. Tahap Pemeringkatan oleh panitia pusat berdasarkan mata pelajaran sesuai jurusan sebagai berikut :
  • Jurusan IPA : Matematika, Bahasa Indonesia, Kimia, Bahasa Inggris, Fisika da Biologi 
  • Jurusan IPS : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, Geografi 
  • Jurusan Bahasa : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi dan salah satu Bahasa Asing 
  • SMK : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi Keahlian (Teori Kejuruan dan Praktik Kejuruan) 
3. Tahap Pendaftaran SNMPTN. Pada tahap ini siswa yang lolos pemringkatan oleh pusat diijinkan untuk mengikuti pendaftaran SNMPTN dan melakukan pendaftaran menggunakan NISN dan password login ke laman http://www.web.snmptn.ac.id

Selanjutnya siswa akan mengisi biodata serta memilih PTN dan program studi yang diminati serta mengupload foto terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). 

Untuk pendaftar pada program seni dan olahraga mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah di sahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang terdapat pada laman www.snmptn.ac.id.

Kemudian pada tahap pendaftaran ini siswa diminta mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Dalam mengikuti rangkaian kegiatan SNMPTN di atas, pendaftar tidak dipungut biaya apapun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah.

Bagi yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang SNMPTN 2018, dapat menghubungi beberapa pusat informasi resmi sebagai berikut :

1. Informasi resmi SNMPTN dapat diunduh melalui http://www.snmptn.ac.id
2. Informasi resmi dapat di akses melalui http://halo.snmptn.ac.id atau call center 08041 450 450
3. Informasi resmi melalui Humas PTN terdekat
4. Informasi resmi pada Kantor Panitia Pusat dengan alamat Gedung dr. Prakosa (Lt.2), Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 Telp : 0271-7890329, email : panpus.snmptn.sbmptn@mail.uns.ac.id

Terkait tahapan pelaksanaan SNMPTN 2018 yang dimulai sejak 13 Januari 2018, Ketua Panitia SNMPTN Prof Ravik Karsidi (republika.co.id, 13/01/2018) menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN tidak bergantung nilai USBN dan nilai UN. Ravik mengatakan bahwa dasar penilaian SNMPTN hanya rapor semester satu sampai dengan lima atau tidak sampai lulus ujian nasional. Namun demikian, jika siswa lulus SNMPTN sedangkan tidak lulus sekolah, maka kelulusan SNMPTN tersebut dibatalkan.

No comments:

Post a Comment