Puspendik Kemdikbud Buka Seleksi Penulis Soal Nasional Secara Online

Bagi rekan guru yang berminat untuk menjadi penulis soal tingkat nasional pada Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), silahkan untuk mengikuti Seleksi Penulis Soal Nasional yang telah dibuka pendaftarannya. 

Berdasarkan edaran dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud dengan nomor : 0667/H4.2/PG/2018 tertanggal 23 Januari 2018 perihal Seleksi Penulis Soal Nasional, diketahui bahwa dalam rangka memperoleh penulis soal yang berkualitas, diadakan Seleksi Penulis Soal Nasional yang diperuntukan untuk guru di seluruh wilayah di Indonesia. 



Bagi guru yang berminat mengikuti seleksi ini, silahkan untuk mendaftarkan diri melalui laman resmi www.siap.puspendik.go.id paling lambat tanggal 9 Februari 2018.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti kegiatan Seleksi Penulis Soal Nasional tersebut adalah sebagai berikut :

1. Guru SD dan SMP di bawah binaan dinas pendidikan setempat
2. Berusia maksimal 45 tahun
3. Berpengalaman mengajar minimal 5 tahun
4. Minimal lulusan S1/D4 dari jurusan yang sesuai dengan bidang studi yang diampu
5. Tidak mengajar dan berafiliasi dengan bimbbingan belajar maupun penerbit buku soal
6. Dapat mengoperasikan komputer minimal menguasai microsoft office
7. Berkomitmen menulis soal berkualitas untuk peningkatan mutu pendidikan dan menjaga kerahasiaan soal beserta seluruh perangkat terkait upaya mencapai penilaian yang berkualitas.

Jika rekan guru merasa memenuhi persyaratan atau kriteria di atas, silahkan untuk segera mendaftarkan diri secara online. Untuk informasi lebih lanjut tentang Seleksi Penulis Soal Nasional dapat menghubungi panitia melalui email: siap@kemdikbud.go.id.

Selain persyaratan di atas, guru yang berhak mengikuti Seleksi Penulis Soal Nasional ini adalah guru yang mengampu mata pelajaran sebagai berikut :

1. Untuk SD
a. Matematika
b. Bahasa Indonesia
c. IPA
e. IPS
f. Sejarah
g. Pendidikan Kewarganegaraan

2. Untuk SMP
a. Matematika
b. Bahasa Indonesia
c. Bahasa Inggris
d. IPA
e. IPS
f. Sejarah
g. Pendidikan Kewarganegaraan

Untuk melihat secara lengkap tentang surat edaran tentang Seleksi Penulis Soal Nasional, silahkan download tautan di bawah ini :


Demikian informasi tentang Seleksi Penulis Soal Nasional untuk diketahui bagi rekan guru yang berminat. 

Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment