Daftar 10 Cabai Terpedas Di Dunia - 2018

Anda suka pedas? Bagaimana jika anda coba sepuluh cabai terpedas berikut ini. Bukan main - main, level pedas cabai berikut ini bisa berkali lipat dari cabai biasa yang ada di rumah kita. Tidak hanya itu, saking pedasnya, cabai - cabai ini dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia.


Cabai terasa pedas karena memiliki kandungan kimia capsaicin yang merangsang syaraf ujung lidah. Satuan pedas Scoville (Scoville Heat Unit/SHU) menunjukan tingkat jumlah capsaicin yang terdapat pada cabai. SHU ini dikembangkan oleh Wilbur Scoville dengan melakukan Tes Organoleptic Scoville pada tahun 1912. Ukuran SHU didapatkan dari pencampuran ekstrak cabai dengan gula sampai terasa manis. Ukuran gula yang dicampurkan dengan cabai agar terasa manis menjadi ukuran pada skala Scoville. Atau dengan kata lain, semakin pedas suatu cabai, maka akan semakin banyak gula yang dibutuhkan untuk membuat cabai tersebut terasa manis, dan ini kemudian dikembangkan menjadi ukuran tingkat kepedasan cabai yang dikenal dengan SHU.


Berikut daftar 10 cabai terpedas di dunia berdasarkan tingkat SHU yang dirilis pepperhead.com :


1. Carolina Reaper (2.200.000 SHU)


Carolina Reaper secara resmi kembali menjadi pemegang peringkat pertama Guinness Record sebagai cabai terpedas tahun 2018 ini. Tingkat kepedasan rata-rata Carolina Reaper adalah  1.641.000 SHU dengan tingkat kepedasan tertinggi mencapai 2,2juta SHU. Sempat memegang rekor terpedas pada tahun 2003 yang kemudian dikalahkan oleh cabai lain pada tahun - tahun berikutnya, namun  pada pengujian tahun 2018 cabai ini memiliki SHU yang lebih tinggi sehingga diberi gelar World's Hottest!.


Jika ingin membayangkan betapa pedasnya cabai Carolina Reaper, itu kira - kira 600x lebih pedas dari Jalapeno atau 20x lebih panas dari habanero. Dengan hanya melihatnya, anda akan tahu betapa pedasnya cabai satu ini.

Cabai Carolina Reaper ini memiliki ekor stinger unik yang tidak seperti cabai lainnya. Ia mendapat kepedasan super gila dari persilangan antara Cabai Naga Pakastani dan  Cabai Red Habanero. Anehnya cabai ini tidak hanya memiliki rasa yang sangat pedas, tetapi juga rasa yang luar biasa




2. Trinidad Moruga Scorpion (2.009.231 SHU)

Cabai ini pernah dinobatkan sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2012 oleh ilmuwan di New Mexico State University. Cabai ini merupakan tanaman asli dari  tanah Moruga di Trinidad dan Tobago. Setelah Anda menggigit cabai yang satu ini, rasakan betapa rasa pedas atau panas yang tidak berkesudahan. Cabai  Moruga Scorpion memiliki rasa pedas hampir sama dengan Carolina Reaper.

3. 7 Pot Douglah (1.853.934 SHU)

Terkenal di komunitas cabai sebagai salah satu cabai terpanas dengan rasa terbaik. Cabai 7 Pot Douglah adalah cabai terpanas dengan warna bukan merah. Secara umum cabai "superhot", terpedas biasanya berwarna merah, tetapi tidak dengan Douglah.  Cabai ini berwarna coklat. Tapi jangan salah, walau berwarna coklat, cabai ini termasuk tiga besar pemegang rekor cabai terpedas di dunia.



4. 7 Pot Primo (1.469.000 SHU)

Cabai 7 Pot Primo sangat khas dengan "ekor" panjang dan kurus. Dibuat oleh Horticulturist, Troy Primeaux. Dan beberapa pembudidaya paprika baru-baru ini mencoba meniru tampilan ini karena ekornya sangat menakutkan. Dengan hanya melihat tampilan cabai ini, anda akan tahu betapa pedasnya cabai tersebut karena terlihat sangat mirip dengan The Carolina Reaper.




5. Trinidad Scorpion "Butch T" (1.463.700 SHU)

Cabai ini merupakan pemegang Rekor Dunia Guinness Sebelumnya (2011) dari Australia. Tidak diragukan lagi ini sangat pedas, tetapi paprika lainnya telah terbukti lebih panas. Ini tepat dinamai Scorpion (Kalajengking) karena ujung cabai akan menyebabkan luka bakar tidak seperti cabai lainnya. Cabai ini diciptakan  Butch Taylor dengan sensasi seperti menelan 1.000 matahari saat memakannya. Bentuk cabai ini mirip dengan Caroline Reaper namun memiliki warna merah relatif lebih cerah / mengkilap.




6. Naga Viper (1.349.000 SHU)

Cabai yang sangat langka dibudidayakan di Inggris. Merupakan pencampuran dari berbagai jenis cabai dan dengan kawin silang menciptakan berbagai jenis cabai “Super pedas” ini. Rasa pedas cabai ini belum stabil sampai benar - benar ditemukan jenis atau varietas ini.




7. Bhut Jolokia / Cabai Hantu (1.041.427 SHU)

Karena banyaknya pemberitaan di masa lalu, cabai ini terkenal sebagai cabai terpedas di dunia. Popularitas cabai ini meledak saat beberapa media sosial seperti YouTube dan media sosial lainnya menjadikan makan cabai Bhut Jolokia sebagai tantangan. Cabai ini merupakan cabai pertama yang secara ilmiah menguji lebih dari 1 juta scovilles.

Jika masih beranggapan ini adalah cabai paling populer karena tingkat kepedasannya, ini keliru. Ini bukan 2007. Jika masih ada yang beranggapan bahwa ini adalah cabai terpedas, silahkan bagikan halaman ini. Namun jangan menganggap remeh pada cabai ini walau berada pada urutan di bawah, faktanya cabai ini masih sanggup membuat pria dewasa sekali pun bertekuk lutut karena tingkat kepedasannya.


8. 7 Pot Barrackpore (1.000.000 SHU)


Cabai 7 Pot Barrackpore adalah salah satu yang terpedas dari 7 Pot paprika lainnya. Cabai ini berasal dari Kota Chaguanas di Trinidad dan Tobago. Memang daerah ini terkenal dengan penghasil cabai terpedas di dunia.



9. 7 Pot Red  / Raksasa (1.000.000 SHU)

Nama 7 pot diberikan karena kemampuan mereka untuk memberikan rasa pedas pada 7 pot rebusan. Karena ukurannya yang relatif besar, maka cabai ini disebut juga cabai raksasa




10. Red Savina Habenaro (500.000 SHU)

Pada awal - awal kemunculan cabai terpedas, Red Savina Habanero adalah RAJA. Namun kemudian  Red Savina perlahan tapi pasti, peringkat Red Savina Habnero digantikan dengan jenis cabai yang lain. Cabai Red Savina hanya mampu masuk 10 besar sebagai cabai dengan sensasi pedas yang sangat ekstrim.

Jika anda penasaran dengan tingkat kepedasan cabai - cabai di atas, silahkan untuk mencobanya. Anda bisa membeli cabai itu dari beberapa situs jual beli online.


Semoga bermanfaat ....



Baca juga Pengetahuan Umum yang lain sebagai berikut :

Keren Alat Ini Merubah Udara Gersang Menjadi Air
Cara Menyembelih Lele Dengan Cepat
Makan Di Restoran Terkenal Ini Pengunjung Harus Telanjang
Ternyata Perayaan Tahun Baru Awalnya Bulan Maret
Hewan Terbesar Di Dunia Yang Ada Saat Ini



No comments:

Post a Comment