Laman

Apakah Terdapat Orang Yang Bermukim Di Antartika (Kutub Selatan)?

Orang yang pertama kali menginjakan kakinya di kutub selatan atau Antartika adalah Roald Engelbregt Gravning Amundsen seorang penjelajah wahid nari Norwegia. 

Roald Amundsen beserta timnya berhasil mencatatkan diri sebagai orang yang pertama sampai ke kutub selatan pada 5 Desember 1911 mengalahkan Robert Falcon Scott, seorang perwira Inggris yang juga punya tujuan yang sama. Scott sendiri tewas pada saat perjalanan pulang. 

Roald Amundsen

Amundsen adalah anak dari seorang pelaut sehingga terbiasa mengenal kapal - kapal besar dan mengenal lautan. Amundsen kecil juga sering membaca sejarah tentang Franklin Expedition yang gagal menembus Kutub Utara. Itu pula yang membuatnya ingin menjelajahi ujung - ujung dunia.

Kemudian ditahun 1910, setelah mengikuti eksepdisi ke Eropa dan Afrika, Amundsen memutuskan  untuk menjelajahi Kutub Selatan. Misi Amundsen bukan hanya menancapkan bendera Norwegia, tapi juga pulang dengan selamat. 

Maka ia mempersiapkan segala sesuatunya dengan teliti dan banyak belajar pada Penjelajah yang sudah berhasil menaklukan Kutub Utara. Ia menyiapkan berbagai skenario terburuk dalam perjalannya. Alhasil, ia menjadi orang pertama yang menginjakan kaki di Kutub Selatan dan berhasil pulang dengan selamat. 

Setelah ekspedisi Roald Amundsen, Benua Antartika menjadi dikenal di dunia. Namun demikian, akan sangat sulit untuk mengunjungi benua ini. Selain membutuhkan biaya yang besar menuju ke sana, juga kondisi alam yang ekstrem juga sangat berbahaya bagi manusia karena pada saat musim dingin, suhu  di Antartika bisa mencapai - 89'C. 

Selain itu, telah disepakati bahwa setiap negara harus menjaga Kutub Selatan untuk umat manusia dan tidak menjadi perselisihan dunia. Kesepakatan tersebut dikenal dengan Perjanjian Antartika yang ditandatangani oleh 12 negara.

Tapi tahukah anda, bahwa saat ini terdapat pemukiman di Kutub Selatan. Pemukiman tersebut dihuni 100-an orang saja. Mereka kebanyakannya adalah para peneliti. Di bagian utara Kutub Selatan, yaitu King George Islands merupakan wilayah paling hangat. Di tempat ini terdapat dua pemukiman yaitu Esparanza Base dan Villa Las Estrellas. Esparanza Base merupakan pemukiman orang Argentina, sedangkan Villa Las Estrellas pemukiman orang Chile.

Villa Las Estrelass
Esperanza Base

Esperanza Base lebih dulu dari Villa Las Estrellas, namun kepadatannya hanya 50 orang saja, tidak seperti Villa Las Estrellas yang  bisa mencapai 150 orang. 

Villa Las Estrellas sendiri dibangun pemerintah Chille pada tahun 1984 dengan menyediakan 14 rumah ukuran besar yang mampu menampung 10 orang. Disediakan pula klinik, gym, laboratorium penelitian, sekolah bahkan akses internet. kabarnya dibangun juga Base Militer Chile ditenpat tersebut.
Wisata ke Kutub Selatan
Wisata ke Kutub Selatan

Anda berminat menuju lokasi tersebut? Penyedia jasa tur seperti Cool Antartica, Victory Cruises, beberapa operator tur lain siap mengantar anda dengan merogoh kocek lebih dalam. Perjalanan ke sana ditempuh dengan menggunakan pesawat dari Punta Arenas, Chile atau naik kapal pesiar dari Ushuaia, Argentina.

#pengetahuanumum
#materiips
#barutahu


No comments:

Post a Comment