Kondisi Geografis Benua Eropa

Benua Eropa merupakan gabungan dari beberapa semenanjung. Dua semenanjung besar, yaitu daratan utama Eropa danSkandinavia, dihubungkan oleh Laut Baltik. Tiga semenanjung lebih kecil, yaitu Iberia, Italia, dan Balkan berada di bagian selatan menghadap Laut Mediterania. Laut ini menjadi batas wilayah Benua Eropa dan Afrika. Di bagian timur daratan utama Eropa yang luas tampak seperti mulut cerobong asap.
Peta Pembagian Wilayah Eropa

a. Letak dan Luas Wilayah

Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 35°LU - 71°06’LU dan 9°27’BB -66°20’BT. Secara geografis, terletak di sebelah Barat Benua Asia. Benua Eropa merupakan semenanjung bagian Barat Benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural. Luas Benua Eropa adalah 10.600.000 km2.

Batas Benua Eropa
Sebelah Utara : Samudra Arktik
Sebelah Timur : Benua Asia
Sebelah Selatan : Laut Tengah dan Laut Hitam
Sebelah Barat : Samudra Atlantik

b. Kondisi Iklim

Keadaan Iklim Benua Eropa adalah :
  1. Di bagian pantai Barat dipengaruhi iklim laut dari Samudra Atlantik, arus hangat yangmengalir dari Samudra Atlantik menyebabkan kawasan pantai di daerah tersebut tidak membeku. 
  2. Di bagian tengah terjadi peralihan iklim maritim yang basah ke iklim kontinen yang kering. 
  3. Di bagian Selatan dipengaruhi iklim Laut Mediterania dan angin dari kawasan gurun yangpanas, sehingga kondisi cuacanya menjadi lebih hangat. 
  4. Di bagian Utara dipengaruhi iklim kutub yang dingin 

c. Bentang Alam

Keadaan Alam Benua Eropa dapat dibedakan menjadi tiga bentang alam, yaitu sebagai berikut:

Dataran Rendah 
Sekitar dua pertiga wilayah Eropa merupakan dataran rendah. Dataran rendah ini membentang dari barat ke timur dan dikelilingi oleh Pegunungan Ural. Danau Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen, dan kawasan Skandinavia Timur. 
Pegunungan Kaukasus
Jalur Pegunungan Lipatan 
Jalur pegunungan lipatan terdiri atas pegunungan Alpen, pegunungan Ural, pegunungan Kaukasus. Ketiga pegunungan ini merupakan bagian dari sistem Pegunungan Sirkum Mediterania. 

Dataran Tinggi di Wilayah Semenanjung 
Di Benua Eropa terdapat empat semenanjung yang luas, yaitu Semenanjung Skandinavia dibagian utara Eropa, Semenanjung Siberia (Spanyol dan Portugal), Semennanjung Italia (Appenina), dan Semenanjung Balkan (Yunani). 

d. Flora dan Fauna

Flora dan fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan flora dan fauna yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh di kawasan ini, adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang meluruhkan daunnya di musim gugur. Jenis flora yang lain adalah pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun.
Pohon Ek Merah
Pohon Maple
Hutan Konifera
Bunga Iris
Adapun fauna khas yang hidup di Eropa adalah rusa, beruang kutub, serigala, ikan tuna, dan ikan herring 

Beruang Kutub
Rusa
Ikan Herring
Serigala
Berikut daftar negara di wilayah Eropa :

*Tulisan di atas di ambil dari Aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud dengan editing seperlunya.


No comments:

Post a Comment