Analisis Sederhana Tentang Gaji Ke-14 PNS

Kabar gembira bagi PNS karena bulan Juli tahun ini akan menerima tambahan penghasilan yang disebut Gaji Ke-14 atau THR. Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia PNS menerima gaji ke - 14. Kebijakan ini tentu mendongkrak popularitas pemerintah sekarang. Walau begitu, tidak sedikit masyarakat lain mencibir pemberian gaji ke 14 PNS ini yang menyebutnya sebagai pemborosan uang negara. 
Eits, jangan buru - buru memberikan justifikasi, atau juga memuji. Berikut analisis sederhana tentang pemberian gaji ke-14 PNS tahun ini. Analisis ini didasarkan pada persepsi orang awam seperti saya. Namun demikian, semoga ini dapat menjadi gambaran dalam memberikan penilaian kepada pemerintah.


Gaji ke 14 kompensasi tidak adanya kenaikan gaji PNS

Gaji ke - 14 diberikan sebagai pengganti karena tidak adanya kenaikan gaji PNS untuk tahun ini. Pada beberapa tahun kebelakang, setiap tahun PNS menikmati kenaikan gaji sekitar 10 - 15 %. Kenaikan gaji tersebut untuk mengimbangi laju inflasi tahun berjalan. Sederhananya, barang pokok mengalami kenaikan harga, maka gaji dinaikan juga agar daya beli PNS tidak berkurang. Tahun ini, pemerintah memilih untuk tidak menaikan gaji PNS dan menggantinya dengan gaji ke-14.

Info Penerimaan CPNS 2016

Moratorium (penghentian sementara) penerimaan CPNS berlaku pada 1 Januari 2015. Namun demikian  ini tak berarti bahwa jumlah abdi negara tidak bisa bertambah. Pada beberapa bidang, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  masih membuka penerimaan CPNS. Pengecualian untuk moratorium meliputi tenaga pendidik, tenaga kesehatan, penegak hukum, penyuluh pertanian, penyuluh perikanan, dan penyuluh peternakan. Maka pada tahun 2016 ini, pemerintah akan kembali membuka penerimaan CPNS untuk bidang - bidang tersebut. Dalam jangka waktu dekat pemerintah akan mengumumkan formasi maupun jadwal seleksi CPNS 2016.



Berdasarkan informasi dari situs menpan.go.id (26 April 2016), Rekuitmen CPNS 2016 ini harus mendukung program Nawacita. Terdapat empat kelompok SDM yang akan direkrut tahun ini. Pertama, untuk program wajib meliputi kesehatan dan pendidikan. Kedua, program prioritas yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan poros maritim, pembangunan ketahanan energi, dan pembangunan ketahanan pangan. Ketiga, penegak hukum. Dan keempat, SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi.


Teknis Seleksi CPNS 2016

Seleksi CPNS tahun 2016 ini,  menurut Menteri PANRB Yuddy Chrisnandy akan bebas KKN. Pejabat yang memiliki wewenang tidak bisa begitu saja memanfaatkan wewenangnya untuk menempatkan seseorang sebagai CPNS. Yuddy menjamin tidak akan ada "CPNS Titipan" karena seleksi CPNS 2016 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) atau tes yang dilakukan secara online melalui situs menpan.go.id. Kementerian PANRB sendiri sedang melakukan uji coba sistem CAT baik secara online atau offline.

Formasi CPNS 2016

Menurut Deputi SDM Apartur Kemen PANRB Setiawan Wangsaatmadja, formasi jabatan untuk program prioritas yaitu 20 jabatan untuk pembangunan ketahanan pangan, 36 jabatan untuk penegak hukum, dan 52 jabatan untuk dukungan reformasi birokrasi.

Rekruitmen CPNS untuk jabatan prioritas juga dilakukan melalui program formasi khusus atau jalur sekolah kedinasan. Pendaftaran ikatan dinas melibatkan 7 sekolah ikatan dinas dan sudah dibuka sejak tanggal 7 Maret 2016. Sekolah tersebut meliputi Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, Akademi Imigrasi (AIM), Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sekolah Tinggi Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG),  Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan terakhir  Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Informasi tentang Ikatan Dinas bisa dilihat di situs Panitia Seleksi Siswa Pendidikan Ikatan Dinas 2016. Status terakhir per tanggal 17 Mei 2016, beberapa sekolah sudah menutup pendaftaran pendidikan ikatan dinas, kecuali untuk Kementrian Perhubungan masih buka sampai dengan tanggal 27 Mei 2016.

Untuk formasi CPNS 2016 selain Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan, juga formasi jabatan prioritas sebagai berikut :

Jabatan Pembangunan Ketahanan Pangan


NoNama jabatan
1pemeriksa perlindungan varietas tanaman,
2pengawas benih tanaman
3pengawas bibit ternak
4pengawas mutu hasil pertanian
5pengawas mutu pakan
6pengawas pembudidayaan ikan
7pengendali ekosistem hutan
8pengendali hama dan penyakit ikan
9pengendali organisme pengganggu tumbuhan
10penyuluh kehutanan
11penyuluh perikanan
12penyuluh pertanian
13analis ketahanan pangan
14analis pasar hasil perikanan
15analis produksi perikanan tangkap
16pengawas mutu hasil perikanan
17analis lahan pertanian
18analis industri pangan
19analis pangan
20analis potensi perbenihan.

Jabatan Pembangunan Penegak Hukum

NoNama jabatan
1jaksa
2agen
3analis keimigrasian
4pemeriksa keimigrasian
5polisi kehutanan
6diplomat
7satuan polisi pamong praja
8analis dukungan operasi narkotika
9analis hakim
10analis inteligen
11analis keamanan
12analis materi sidang
13analis narkoba,
14analis operasi intelegensi keimigrasian
15analis penuntutan
16analis penyelidikan
17analis perlindungan hak-hak sipil dan HAM,
18analisis rekruitmen hakim
19analisis sengketa peradilan
20pengadministrasi penanganan perkara
21pengadministrasi registrasi perkara
22pengelola data perkara
23penjaga tahanan
24panitera pengganti,
25penyidik, penyuluh narkoba
26penyuluh HAM
27penyuluh narapidana
28petugas pengejaran
29petugas penindakan
30pengemudi pengawal tahanan
31perawat senjata api
32pengelola warga binaan pemasyarakatan
33analisis kekayaan intelektual
34pengelola pembinaan warga binaan pemasyarakatan
35sandiman,
36operator transmisi sandi












































Jabatan Pembangunan Dukungan Birokrasi

NoNama Jabatan
1pemeriksa
2asesor
3auditor
4analis laboratorium
5pemeriksa pajak
6pengelola keuangan
7pengelola data pelayanan perpajakan
8peneliti,
9pengawas radiasi
10pranata nuklir
11penguji kendaraan bermotor
12pengawas lalu lintas darat
13pemeriksa desain industri
14pemeriksa paten
15pemeriksa merek
16analis berkas sengketa
17statistisi
18analis pemerintahan
19analis pemilihan umum
20analis pengukuran dan pemetaan
21analis penggunaan dan pemanfaatan tanah
22analis penilai tanah dan pemeta nilai tanah
23analis permohonan hak tanah dan pendaftaran hak
24juru ukur
25teknisi pemetaan dan penggambaran
26penguji mutu barang
27pengawas kemetrologian
28peneta
29atase
30pengawas industri
31analis perumusan SNI
32psikolog klinis
33psikolog
34petugas pembina jasmani dan mental pegawai
35pembina menta
36pengawas kepatuhan transaksi keuangan
37pemeriksa transaksi keuangan
38pengawas pelaporan transaksi keuangan
39pengelola sistem informasi dan jaringan
40pengelola teknologi informasi
41pengendali jaringan komunikasi
42pengendali jaringan sistem satelit
43pengelola bengkel
44pemeriksa laboratorium
45teknisi laboratorium
46teknisi listrik
47teknisi mesin
48teknisi alat berat
49operator alat berat
50operator kilang dan unitas
51radiografer
52penghulu

























































Kegiatan Bulan Ramadhan (Libur Awal Ramadhan) Di Kabupaten Serang

Berdasarkan surat edaran nomor 420/1128.Disdikbud perihal Kegiatan Bulan Ramadhan, menindaklanjuti Kalender Pendidikan Tahun 2016/2017. Edaran tersebut ditandatangani oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dra. Hj. Elis Yulaeti, M.Pd berlaku sejak ditandatangani.  Kegiatan selama bulan Ramadhan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang adalah sebagai berikut :

Edaran tentang Hari Libur sekitar Ramadhan

Libur Awal Ramadhan 

Kegiatan ini adalah dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan Tahun 2016. Seperti biasanya, awal bulan tersebut diliburkan agar siswa lebih khusu dalam menjalankan ibadah puasa. Libur awal ramadhan yaitu sejak tanggal 06 s.d 08 Juni 2016.


Kegiatan Keagamaan / Sanlat 

Kegiatan sanlat adalah kegiatan kesiswaan yang bertujuan untuk membentuk siswa lebih dekat dengan ajaran keagamaan. Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi - materi keagamaan yang disusun dalam sebuah kegiatan terpadu siswa selama bulan Ramadhan berlangsung. Kegiatan Sanlat akan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 17 JUni 2016.

Libur Sekitar Idul Fitri

Libur Idul Fitri dilaksanakan selama hampir satu bulan yaitu sejak tanggal 20 Juni  sampai dengan 17 Juli 2016.

Awal Masuk KBM

Ajaran baru 2016 / 2017 akan dimulai pada tanggal 18 Juli 2016.

Kegiatan Mabis

Masa bimbingan siswa atau masa orientasi siswa baru akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu sejak tanggal 18 Juli s.d 20 Juli 2016.



Informasi Penawaran Beasiswa Bagi Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Serang

Informasi beasiswa ini dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Serang melalui situs resminya. BKD Serang mengeluarkan dua surat penawaran program beasiswa bagi PNS.
Beasiswa Bagi PNS

Penawaran pertama yaitu penawaran Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kementrian Kominfo Tahun 2016. Informasi BKD Kab. Serang tentang beasiswa ini menindaklajuti Surat dari Badan Litbang SDM Kementrian Komunikasi dan Informatika Nomor 52/Kominfo/BLSDM/LT.03.07/03/2016 tanggal 11 Maret Perihal Program Beasiswa S2 dalam negeri di Kominfo.
Program studi yang ditawarkan adalah Chief Information Officer (CIO) bekerjasama dengan empat perguruan tinggi negeri yaitu :

  1. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
  2. Sekolah Tinggi Elektro dan Informatika Institut Teknologi (STEI-ITB) Bandung
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya
  4. Universitas Indonesia (UI) Jakarta

Program studi berikutnya yang ditawarkan adalah S2 Ilmu Komunikasi. Beasiswa ini bekerjasama dengan tujuh perguruan tinggi yaitu :

  1. UI Jakarta
  2. UGM Yogyakarta
  3. Unand Padang
  4. Unair Surabaya
  5. Unhas Makasar
  6. USU Medan
  7. UNS Surakarta


Untuk melihat surat edaran dari BKD Kab. Serang tentang beasiswa di atas, lihat dibawah ini :



Penawaran beasiswa kedua yaitu Penawaran Beasiswa Pendidikan Kementrian Pertanian Penerimaan Mahasiswa Baru STPP Bogor Tahun Akademik 2016 - 2017 Jalur Tugas Belajar Program D.IV. Program studi yang diselenggarakan meliputi :

  1. Penyuluhan Pertanian
  2. Penyuluhan Peternakan

Beasiswa ini ditujukan untuk staff terbaik dengan kriteria izasah SMK-PP/SMK Pertanian/SMA IPA/MA IPA dengan usia paling tinggi per 31 Agustus adalah 25 tahun. Setelah lulus mengikuti program beasiswa ini akan dijadikan penyuluh di daerah asalnya.

Berikut ini surat edarannya:


Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi situs BKD Kab. Serang di bkd.serangkab.go.id atau datang langsung ke kantor BKD Kab. Serang

Semoga bermanfaat

Info Pencairan Gaji Ke 13 Dan Gaji Ke 14 PNS Tahun 2016

Pencairan Gaji Ke 13 dan Gaji ke 14 Tahun 2016
Sebagai pengganti tidak adanya kenaikan gaji PNS pada tahun 2016, pemerintah memberikan kompensasi berupa gaji ke - 14 atau disebut juga sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) PNS. Tahun ini adalah pertama kalinya PNS menerima gaji ke - 14. Sedangkan gaji ke 13, beberapa tahun ke belakang, para PNS sudah menikmatinya.
Berdasarkan berita pada situs Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, pemberian gaji ke 13 dan THR pada tahun ini akan diberikan pada bulan Juli. Mengenai tanggal pastinya belum diputuskan karena per tanggal 13 Mei 2016, rancangan RPP tentang Pemberian THR Tahun Anggaran 2016 dan RPP tentang pemberian Gaji Ke-13 baru sedang dalam proses harmonisasi di Kementrian Hukum dan HAM. Setelah proses harmonisasi, akan dikembalikan pada PANRB untuk diajukan kepada presiden.

Tujuan pemberian Gaji ke-13 adalah untuk membantu para PNS dalam menyekolahkan anaknya, sedangkan Gaji ke-14 atau THR dalam rangka membantu kebutuhan PNS saat merayakan idul fitri. Pasalnya, menjelang hari raya, kebutuhan PNS meningkat.

Mekanisme pencairan gaji ke 14 sama dengan mekanisme gaji ke-13. Namun demikian ada perbedaan besaran yang akan diperoleh antara gaji ke 14 dengan gaji ke-13. Penerimaan gaji ke 14 hanya meliputi gaji pokok sesuai pangkat/golongan dan masa kerja. Sedangkan penerimaan gaji ke-13 meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan lain seperti gaji yang diterima setiap bulannya. Atau dengan kata lain, gaji ke-14 lebih kecil dibandingkan gaji ke-13.

Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk memberikan gaji ke 14 seperti diberitakan liputan6.com mencapai 80 Triliun untuk diberikan kepada 4,5 juta PNS seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui besaran THR yang akan diperoleh, berikut daftar gaji pokok PNS tahun 2015 untuk tiap golongan. Besaran gaji pokok PNS tahun 2015 di jadikan dasar pemberian Gaji ke -14 karena pada tahun 2016 ini tidak ada kenaikan gaji PNS. Silahkan klik gambar dibawah ini untuk melihatnya:

Daftar Gaji Pokok PNS Tahun 2015

Atau silahkan kunjungi link BKN tentang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ke Tujuh Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil

Demikian informasi tentang pencairan gaji ke 13 dan gaji ke 14 PNS Tahun 2016. Semoga PNS Indonesia semakin berkualitas, bermartabat dan sejahtera. Amin.

Semoga bermanfaat.


Klarifikasi BPOM RI Tentang Air Mineral Yang Diberitakan Tidak Aman Dikonsumsi

Seorang teman di media sosial membagikan sebuah link yang berisi tentang bahayanya mengkonsumsi air mineral merk Aqua yang diproduksi Danone. Setelah membaca link tersebut, disimpulkan bahwa produk Aqua sengaja diberi tambahan mineral fluor yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama akan merugikan kesehatan.  Bahaya fluorida menurut tulisan tersebut adalah sebagi berikut :

bahaya fluorida
Masih menurut tulisan yang sama, fluorida yang berlebihan juga akan menyebabkan :
  1. Hiperaktif atau kelesuan
  2. Masalah otot
  3. Radang sendi
  4. Demensia
  5. Tak aktifnya 62 enzim serta menghalangi kian lebih 100 enzim
  6. Menghalangi pembentukan antibodi
  7. kematian sel
  8. patah tulang
  9. sebagian tipe kanker
Untuk membaca lengkap, silahkan baca link di bawah ini :

Ini Link yang membagikan informasi tentang bahaya air mineral aqua, klik saja di gambarnya

Nah, setelah saya membaca tentang semua informasi tersebut, tentu saya mulai bertanya - tanya dalam hati dan mulai ragu minum air aqua. Padahal setiap hari saya minum air merk Aqua. Karena saya ragu, maka saya mengumpulkan berbagai informasi tentang bahaya fluoride dari internet. Faktanya, fluoride memiliki dampak ganda, bisa negatif atau bahkan menguntungkan buat kesehatan. Jika dikonsumsi dibawah ambang normal (sedikit), mineral ini baik untuk menjaga kerusakan gigi atau tulang. Menjadi berbahaya jika dikonsumi berlebihan. Kadar fluoride maksimum yang diperbolehkan pada air mineral yaitu 1.5 mg/l. Lebih dari itu maka dianggap berbahaya. Lihat lampiran Peraturan Menteri Kesehatan tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.  Berikut screenshot dari lampiran peraturan tersebut :

Persyaratan kualitas air minum

Setelah membaca tabel di atas, saya sedikit bernafas lega, karena konon Aqua sendiri memiliki kandungan fluoride hanya sebesar 0,5 mg/l. Angka ini jauh dibawah angka maksimum yang diperbolehkan. Namun demikian, saya masih sedikit khawatir dan ragu. Untuk lebih memastikan apakah Aqua aman untuk dikonsumsi, saya memutuskan untuk menghubungi BPOM melalui layanan Hallo BPOM dengan mengirim email ke halobpom@bpom.go.id. Jawaban dari BPOM atas email saya adalah sebagai berikut :

jawaban BPOM atas email yang saya kirim

Jawaban tersebut mengarahkan saya pada sebuah link yang diterbitkan oleh BPOM tentang klarifikasi BPOM atas pemberitaan air mineral yang dianggap berbahaya. Berikut isi klarifikasinya :
Klarifikasi BPOM

Dari klarifikasi di atas, dapat diketahui bahwa BPOM melakukan penilaian dan pengawasan secara rutin tentang keamanan, mutu, gizi produk yang diedarkan. Atau sederhananya, Aqua sebelum beredar sudah di cek dulu di BPOM Republik Indonesia. Ini dilakukan secara rutin dan berkala. Jika menyalahi aturan, maka BPOM akan mencabut izin produk bersangkutan.
Setelah membaca ini, alhamdulillah saya sedikit bisa bernafas lega karena masih bisa mengkonsumsi air mineral seperti Aqua. Mengapa saya mengkonsumsi air mineral, karena kualitas air dirumah saya tidak cukup baik. Air yang berada dirumah saya tidak enak dikonsumsi dan sedikit berbau menyengat. Makanya, keluarga saya memutuskan minum air mineral seperti Aqua. Tapi kalau boleh menyarankan, akan lebih baik mengkonsumsi air buatan sendiri jika kualitas air tanah ditempat tinggal kita baik. 
Selanjutnya, bagi yang masih ragu untuk meminum air mineral seperti Aqua, saya kembalikan kepada pilihan masing - masing. Cuma yang saya heran, rokok yang jelas - jelas berbahaya bagi kesehatan tidak dipermasalahkan untuk dikonsumsi. Mengapa yah?

Mohon maaf jika tulisan ini tidak sempurna dari sisi fakta atau sumber berita. Ini didasarkan hanya kepada pengalaman pribadi. Untuk referensi yang lebih mantap, silahkan googling sendiri atau tanyakan kepada orang - orang yang lebih berkompeten.

Allahu'alam.
Semoga bermanfaat

Contoh Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Pengurus OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS merupakan organisasi kesiswaan yang berada di satuan pendidikan SMP atau SMA. OSIS dibentuk dalam rangka pembinaan kesiswaan yang ada di sekolah. Kepengurusan OSIS di satuan pendidikan bersifat independen atau tidak terikat/terdapat hubungan organisatoris dengan kepengurusan OSIS di satuan pendidikan yang lain. Hal ini sejalan dengan ide awal berdirinya OSIS agar organisasi kesiswaan tidak memiliki hubungan dengan organisasi diluar sekolah karena bisa mengarah kepada hal - hal bersifat politis.

Organisasi kesiswaan yang dikendalikan dari luar sekolah akan menyebabkan timbulnya loyalitas ganda, di satu pihak harus mengikuti aturan sekolah dan dilain pihak ia harus tunduk kepada organisasi siswa yang ada diluar sekolah. Atas dasar tersebut, maka pada tahun 1970 s.d 1972, beberapa pimpinan organisasi siswa sadar hal ini dapat menimbulkan perpecahan di dalam sekolah, maka mereka sepakat Organisasi Siswa Intra Sekolah ditata secara terarah dan teratur.
Pemberian materi LDKS didalam ruangan

Susunan Acara Dan Kata - Kata Pelantikan Pengurus OSIS SMP

Setiap sekolah pasti memiliki tradisi tersendiri dalam melakukan pelantikan Pengurus OSIS baru di sekolahnya. Tapi tidak jarang, Pembina OSIS atau Wakasek Kesiswaan yang baru menjabat belum begitu paham tata cara pelantikan Pengurus OSIS di sekolahnya. 


Berikut ini gambaran yang bisa dijadikan acuan dalam melakukan Palantikan Pengurus OSIS di Sekolah Menengah Pertama. Acuan ini tidak bersifat baku, sehingga bisa dimodifikasi sesuai keperluan.

Logo OSIS SMP

Dalam melantik Pengurus OSIS yang baru, biasanya para pengurus tersebut dibekali terlebih dahulu tentang apa saja yang menjadi tugas mereka melalui program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). 

Program ini disusun dalam membentuk karakter siswa agar mampu menjadi pemimpin yang baik di sekolahnya. Berbagai materi tentang kepemimpinan, berorganisasi dan materi lainnya disampaikan pada program ini melalui rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh Pembina OSIS. Waktu pelaksanaan LDKS tergantung kebijakan sekolah masing - masing disesuaikan dengan beban materi yang akan disampaikan. 

Untuk melihat contoh Program LDKS Klik Contoh Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

Media Online Terpopuler Di Indonesia Versi Alexa.com

Situs berita online yang paling populer di Indonesia bisa dilihat dari banyaknya jumlah akses terhadap situs tersebut. Untuk melihatnya, kita bisa memanfaatkan situs alexa.com sebagai sumber referensi. alexa.com merupakan bagian dari amazon.com yang mengkhususkan diri dalam merangking situs - situs di dunia. Berdasarkan alexa.com, berikut situs berita terpopuler di Indonesia :

detik.com

Detik.com menduduki peringkat ke 5 sebagai situs paling banyak dikunjungi di Indonesia secara umum dan peringkat pertama sebagai situs berita di Indonesia. Detik.com merupakan salah satu pelopor dalam media online dengan menyajikan berita terhangat dan paling lengkap mulai dari bisnis, politik, olahraga, keuangan, gaya hidup dan lain sebagainya. detik.com didirikan pada tahun 1998 oleh Budiono Darsono (eks wartawan detik), Yayan Sopyan (eks wartawan detik), Abdul Rahman (eks wartawan Tempo) dan Didi Nugrahadi. Dari keempat pendiri tersebut, Budiono Darsono lah yang mencetuskan dibuatnya media online yang memberikan berita terupdate. Pada tahun 2011, detik.com bergabung di bawah CT Corporation.

tribunnews.com


Setelah detik.com, dibawahnya ditempati tribunnews.com. Tribunnews.com merupakan situs peringkat ke 6 di Indonesia yang paling banyak di akses, dan menempati rangking 2 sebagai media online. tribunnews.com memiliki semboyan "Berita Terkini Indonesia" diterbitkan oleh Tribun-Network "The National's Local Newspaper" Kompas Gramedia.

kompas.com


Pada urutan ketiga situs terpopuler versi alexa.com adalah kompas.com. Situs ini menempati urutan ke 11 sebagai situs yang paling banyak di akses di Indonesia. Kompas.com merupakan pengembangan dari surat kabar kompas. Ide surat kabar Kompas berasal dari Jenderal Ahmad Yani yang disampaikan kepada Frans Seda. Kemudian Frans Seda mengemukakan keinginan itu kepada kedua teman baiknya yaitu P.K. Ojong dan Jakob Oetomo yang kemudian dikenal sebagai pendiri Surat Kabar Kompas. Kompas terbit pertama kali pada tanggal 28 Juni 1965.
Surat Kabar Kompas mulai merambah ke media online yaitu kpada tahun 1995 yang dikelola oleh Kompas Cyber Media. Namun saat itu kompas.com tidak mendapat sambutan cukup baik, sehingga kompas.com dirilis ulang (reborn) pada tahun 2008 dengan berbagai perbaikan baik konten ataupun desain.

liputan6.com


Situs ini menempati rangking keempat situs berita yang paling banyak di akses dan urutan ke 12 sebagai situs yang paling banyak di akses di Indonesia secara umum. Dengan tagline "aktual, tajam, dan terpercaya" , liputan6.com menyajikan berbagai informasi dalam portal berita, bola, showbiz, health, tekno dan juga video.

merdeka.com


Urutan ke lima situs berita terpopuler versi alexa.com adalah merdeka.com. Situs ini berada di urutan ke 15 sebagai situs paling banyak di akses di Indonesia secara umum. Merdek.com merupakan situs berita dari kapanlagi.com yang menyajikan informasi berita - berita nasional dengan mengutamakan independensi dan semangat untuk mencerdaskan bangsa. Situs ini mulai terkenal karena seringnya situs ini mengiklankan diri di facebook sehingga lambat laun banyak yang mengklik situs ini dengan berita - berita terupdate.

okezone.com


Dibawah merdeka.com, di urutan ke enam di tempati oleh okezone.com. Situs ini merupakan bagian dari MNC Group dengan menyajikan informasi seperti halnya detik.com mulai dari berita, ekonomi, lifesyle, selebriti, bola dan lain sebagainya. Sayangnya, untuk membuka situs ini versi mobile agak berat, tidak seperti m.detik.com.

tempo.co


Urutan ke tujuh situs berita terpopuler ditempati tempo.co. Situs ini menempati rangking ke 26 sebagai situs paling banyak di akses di Indonesia. Tempo.co awalnya bernama tempointeraktif yang didirikan oleh PT. Tempo Inti Media, Tbk pada tahun 1996. Tempo.co sendiri dicetuskan oleh Yusril Djalinus, Bambang Bujono, S. Prinka dan B. Ridwan.

sindonews.com


Urutan ke delapan situs berita terpopuler adalah sindonews.com. Menempati rangking ke 27 sebagai situs paling banyak di akses, sindonews menyajikan berita terkini seputar nasional, daerah, dan internasional, juga menyajikan informasi politik, ekonomi, olahraga, automotif, teknologi, hiburan dan lifestyle. Sindonews.com berdiri pada 4 Juli 2012 dibawah manajemen Sindo Media dengan tagline "Sumber Informasi Terpercaya".

suara.com


Suara.com menempati urutan ke sembilan sebagai situs berita paling populer di Indonesia. Situs ini menempati urutan ke 30 sebagai situs paling banyak di akses di Indonesia secara umum. Tagline situs ini adalag "Jujur, berimbang, Independen". Seperti halnya merdeka.com, suara.com juga sering mengiklankan diri di facebook, sehingga kebanyakan mengenal situs ini dari link facebook. Pada saat dibuka, situs ini akan terasa berat karena link iklan yang begitu banyak. Tapi secara keseluruhan, situs ini mampu menyajikan informasi terupdate yang dibutuhkan masyarakat.

uzone.id




Bagi sebagian orang, mungkin situs ini masih belum familiar ditelinga. Tapi faktanya, situs ini menempati rangking ke sepuluh sebagai situs berita yang paling banyak di akses dan urutan ke 34 sebagai situs paling banyak di akses di Indonesia secara umum. Uzone merupakan portal yang menyajikan berita dan informasi menarik yang menghibur, bermanfaat dan inspiratif. 

Bagaimana Meningkatkan Ingatan Menjelang Ujian?

Ujian atau tes pasti pernah dialami oleh setiap orang yang mengikuti pendidikan formal di sekolah Indonesia. Mulai dari tingkat dasar bahkan sampai perguruan tinggi. Berbagai macam bentuk ujian baik tertulis atau lisan dengan berbagai tujuan, sekedar mengukur ketercapaian pembelajaran hingga sebagai dasar memutuskan keberlanjutan ke jenjang yang lebih tinggi. Istilah ujian juga mungkin dibaurkan dengan istilah ulangan atau tes.

Tips Belajar Efektif

Setiap siswa berharap agar hasil ujian memuaskan dengan perolehan nilai yang tinggi. Tapi tidak jarang skor perolehan jauh dari kata memuaskan. Padahal sebelumnya sudah belajar mati - matian. Mengapa ini terjadi? Banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi pada intinya, persiapan menghadapi ujian masih kurang. Mungkin karena sebelumnya tidak memahami materi ujian, tidak mengulang apa yang akan diujikan, sampai pada sistem belajar kebut semalam (SKS). Ini yang sering dihadapi siswa kebanyakan. Lalu bagaimana agar skor ujian kita meningkat sementara waktu ujian begitu dekat? Beberapa situs lokal banyak memberikan tips cara belajar yang efektif menjelang ujian seperti yang ditulis pada situs belajarpsikolgi.com bahwa cara belajar efektif menjelang ujian adalah sebagai berikut :

Beberapa Alasan Mengapa Guru Memilih Menyusun Laporan PTK Dalam Publikasi Ilmiah

Sebaga tenaga profesional, publikasi ilmiah menjadi kewajiban bagi guru. Seperti pada tulisan terdahulu (lihat Jenis Publikasi Ilmiah), banyak jenis publikasi ilmiah yang bisa dijadikan pilihan guru. Dan salah satunya adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK.
Pembelajaran dikelas

Saat ini, PTK menjadi primadona bagi guru dalam melaksanakan publikasi ilmiah. Selain karena dekat dengan pekerjaan utama guru, ternyata banyak alasan lain mengapa guru - guru lebih senang terhadap PTK dibanding jenis publikasi ilmiah yang lain. Berikut beberapa alasan mengapa memilih menyusun Laporan PTK dibanding jenis yang lain :

PTK Lebih Dekat Dengan Pekerjaan Guru

Menurut Undang - Undang Guru dan Dosen, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkjan, melatih, menilai, dan mengevaluasi  peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dalam melaksanakan tugas tersebut, tentu guru akan dihadapkan pada berbagai permasalahan yang harus diselesaikan. Dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, guru melakukan berbagai tindakan yang dianggap perlu baik direncanakan atau tidak. Nah, jika tindakan - tindakan yang dilakukan tersebut dibakukan ke dalam sebuah penelitian, maka itulah yang disebut dengan PTK. Jadi sederhananya, PTK hadir sebagai solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terkait dengan pelaksanaan tugas guru.

Penelitian PTK Relatif Lebih Mudah Dibandingkan Jenis Penelitian Yang Lain

Walau pun PTK termasuk kategori karya ilmiah, tetapi sebagian peneliti menggolongkan PTK baru setengah penelitian ilmiah dengan berbagai argumen. Terlepas dari itu, PTK tetap dapat diakui sebagai karya ilmiah yang dapat memperoleh angka kredit. 
Karena masih setengah penelitian ilmiah, penyusunan laporan PTK relatif lebih mudah dibanding penelitian lain karena hanya mengungkapkan pengalaman atas tindakan yang dilakukan guru selama proses pembelajaran. Guru hanya mengungkapkan tindakan - tindakan yang ia lakukan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tindakan - tindakan tersebut ia lakukan pada saat ia berinteraksi dengan siswa di kelas. Tindakan  yang ia lakukan di analisa melalui proses evaluasi yang kemudian direfleksikan pada pilihan tindakan pada pertemuan selanjutnya. Demikian seterusnya sampai dianggap bahwa tindakan tersebut dianggap berhasil. 

Angka Kredit PTK Cukup Besar

Angka kredit untuk PTK yang sudah diseminarkan di sekolah peraturan menteri pendidikan nasioanl nomor 35 tahun 2010 adalah 4. Angka ini cukup besar dibanding jenis publikasi ilmiah yang lain dengan kategori yag lebih sulit semisal buku BNSP, modul, diklat dan lain sebagainya. Jadi, dengan melihat mudahnya menyusun PTK dan angka kredit yang cukup besar, maka PTK menjadi begitu seksi di mata guru - guru. 

Kebanyakan Pengawas Menganjurkan PTK Dibandingkan Penelitian Lain

Berdasarkan pengalaman saya sebagai guru, ketika supervisi dilakukan oleh pengawas, mereka lebih sering menganjurkan untuk melakukan penelitian berupa PTK. Hal ini mungkin karena PTK seperti yang diungkapkan pada alasan sebelumnya yaitu berhubungan langsung dengan tugas pokok guru. Mereka menghendaki peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru sebagai implikasi dari penelitian tersebut. 

Penelitian PTK Tidak Mengganggu Tugas Guru

Karena penelitian dilakukan pada saat guru melaksanakan proses pembelajaran, tentu saja tugas guru tidak akan terganggu. Penelitian ini seperti menyelam sambil minuma air. Penelitian jadi, pembelajaran menjadi lebih baik.

Biaya Penyusunan PTK Relatif Lebih Murah

Karena penelitian dilakukan dilokasi sendiri, tentu biaya penelitian akan semakin murah dibandingkan dengan penelitian ditempat lain. Biaya akan dibutuhkan hanya untuk keperluan ATK dan instrumen penelitian saja.

Demikian beberapa alasan mengapa guru lebih senang memilih PTK sebagai pilihan Publikasi Ilmiah yang ia lakukan.
Semoga bermanfaat
Allahualam

Contoh Laporan PTK IPS (Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Berupa Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Pembelajaran IPS di SMPN 1 Cikeusal)

Berikut ini adalah contoh Laporan PTK yang sudah jadi. Sekali pun Laporan PTK ini belum sempurna, ini bisa dijadikan contoh sebagai dasar pembuatan Laporan PTK bagi pemula.
Untuk sistematika bisa disesuaikan apakah akan dibuat menjadi empat bab atau lima bab.

Pembelajaran Aktif
PTK yang berjudul "UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI  DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI BERUPA INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 CIKEUSAL" merupakan laporan hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cikeusal dengan objek penelitian adalah siswa kelas 9E yang terdiri dari 39 siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa :
  1. Penggunaan teknologi informasi berupa internet sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di SMPN 1 Cikeusal. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan skor partisipasi pada pra siklus meningkat cukup signifikan pada siklus terakhir penelitian.
  2. Penggunaan teknologi informasi berupa internet sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai rata – rata pada pra siklus yang hanya mencapai skor 40 meningkat signifikan menjadi 80 pada siklus terakhir penelitian ini.
  3. Penggunaan teknologi informasi berupa internet sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi belajar maupun hasil belajar siswa. Hal ini terbukti bahwa skor keduanya mengalami peningkatan yang signifikan dari pra siklus menjadi siklus terakhir penelitian. 


Untuk Laporan PTK yang lengkap silahkan download link di bawah ini :

BAGIAN AWAL LAPORAN PTK

BAGIAN ISI LAPORAN PTK

BAGIAN AKHIR LAPORAN PTK


Mangga di lihat laporan PTK di atas, semoga bisa dijadikan acuan. 
Semoga bermanfaat

Daftar Contoh Judul PTK

Berikut ini adalah contoh judul PTK yang mungkin bisa menginspirasi proses menyusun laporan PTK yang akan anda buat. Judul - judul ini saya ambil dari e-jurnal.com. Inilah contoh judul PTK :

  1. Peningkatan Pembelajaran IPA Dengan Aplikasi Model Research Based Learning Melalui Lesson Study Di Sekolah Dasar 
  2. Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Sosial Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Kelompok
  3. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Solving Pada Siswa Sekolah Dasar
  4. Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Kaki Bagian Dalam
  5. Peningkatan Pemahaman Konsep Ibadah Ghairu Magdah Dengan Menerapkan Model Experiental Learning
  6. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Take And Give
  7. Peningkatan Kemandirian dan Hasil Bel;ajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Di Kelas V SD Swasta Setiabudi Abadi Perbaungan
  8. Pengaruh Pendsekatan Saintifik Dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar IPA
  9. Penerapan Siklus Belajar Berbasis Tri Pramana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD
  10. Penerapan Model Pembelajaran Iquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktifitas  Dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD
  11. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Kelistrikan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahan Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun 2014 / 2015
  12. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Modul
  13. Penerapan Model Pemebalajaran Koperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Lembar Kerja Siswa   Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
  14. Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD
  15. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Quantum Teaching Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan
  16. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Metode Brainstorming
  17. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Tema Cita - citaku Melalui Metode Discovery
  18. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Group Resume
  19. Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Praktek Pemasangan Instalasi Listrik Penerangan Bangunan Sederhana Kelas X TITLDi SMK Negeri Singaraja Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
  20. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa VII-5 SMP Lab UndikhsaSingaraja Melalui Model Talking Stick
Masih banyak ratusan contoh judul PTK lainnya yang mungkin bisa menginspirasi ketika menyusun PTK. Silahkan klik sendiri e-jurnal.com

Semoga bermanfaat 

Merumuskan Latar Belakang Dalam Menyusun Laporan PTK

Undang - undang Guru dan Dosen menuntut agar guru menjadi profesional. Bentuk profesionalisme ditandai dengan adanya sertifikat pendidik. Sebagai tenaga profesional, tugas guru pun bertambah, salah satunya adalah melaksanakan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah menjadi kewajiban bagi guru karena akan berimplikasi kepada kenaikan pangkat guru yang bersangkutan. Terdapat beberapa jenis publikasi ilmiah yang bisa dibuat guru dan mendapat angka kredit (Lihat Jenis Publikasi Ilmiah dan Angka Kreditnya) . Dari berbagai karya ilmiah yang bisa dibuat guru, yang menjadi primadona saat ini adalah penelitian ilmiah berupa Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Kenapa PTK? Karena karya ilmiah ini berhubungan langsung dengan tugas keseharian guru dalam meningkatkan kualitas atau mutu pembelajaran di sekolahnya.
Terkait dengan penyusunan PTK, faktanya tidak semua guru mampu menyusun PTK dengan baik. Alhasil, beberapa oknum guru melakukan tindakan tidak terpuji dengan memanfaatkan joki pembuatan PTK dalam melengkapi syarat kenaikan pangkat. Ini nyata, tapi mudah - mudahan itu hanya sebagian kecil oknum guru. Saya yakin, mayoritas guru Indonesia adalah guru yang profesional dan pantang melakukan hal yang tidak terpuji seperti itu.
Mengapa sebagian guru sulit untuk membuat karya ilmiah? Jawabannya sederhana, karena mereka belum terbiasa. Pasalnya, budaya menulis dikalangan guru masih sangat rendah. Hal ini terjadi karena dimasa lalu, guru tidak dituntut untuk melakukan peningkatan kualitas diri dengan cara menulis karya ilmiah. Berbeda dengan sekarang yang mewajibkan guru untuk terus meningkatkan kompetensi dirinya termasuk dalam hal menulis.
Selanjutnya pada saat tersadar untuk memulai menulis, biasanya mereka kebingungan harus memulai dari mana. Kebingungan terjadi karena tidak arahan yang jelas misal dari para pengawasnya. Standar baku seperti apa dalam menyusun PTK yang terkadang guru tidak mengetahuinya. Jika menggunakan kriteria pada saat kuliah dulu, ada pertanyaan dalam benak guru, apa mungkin sama seperti yang dikehendaki dalam penyusunan PTK sekarang. Seharusnya, dinas terkait pro aktif memberikan bimbingan yang jelas tentang penyusunan karya ilmiah, bukan hanya dalam tataran teoritis atau sosialisasi yuridis, tapi lebih kepada bimbingan teknis. Kalau perlu dibuatkan buku pedoman bagi guru tentang tata cara penulisan karya ilmiah yang benar. Tujuannya adalah agar terjadi keseragaman dari sisi sistematika dan teknis penulisan meskipun kontennya pasti sangat beragam. Dinas juga bisa mengarahkan tema penelitian yang bisa dipilih oleh guru. Berikutnya, bimbingan teknis atau lebih kepada tutorial penyusunan karya ilmiah bagi guru perlu digalakan. Sekali lagi bukan pada tataran teoritis, tapi lebih kepada tataran praktis seperti workshop dan sejenisnya.
Tulisan ini bukan bermaksud menghakimi siapa pun. Saya hanya ingin mengajak rekan guru untuk memulai menulis, terutama menulis karya ilmiah berupa PTK. Pada tulisan terdahulu saya sudah memberikan gambaran atau panduan praktis dalam menyusun laporan PTK. Sekarang kita fokuskan untuk belajar bagaimana menyusun latar belakang masalah karena dari sini lah kita akan memulai penelitian kita.

Ingat Kembali

Langkah pertama dalam menyusun latar belakang masalah adalah mengingat kembali segala sesuatu yang sudah dilakukan selama pembelajaran di sekolah. Apakah ada yang salah? Apakah tidak sesuai dengan harapan anda? Mungkin terkait dengan pengelolaan kelas, media yang digunakan saat pembelajaran, metode yang dipakai, atau hal - hal yang bersifat intruksional lainnya. Jika iya, inilah yang disebut dengan masalah. Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan. Jika anda sudah menemukan masalah anda, selamat, anda siap untuk melakukan penelitian. Penelitian seperti apa? Penelitian dalam rangka menjawab dan memecahkan masalah yang anda miliki.

Tuliskan Masalah Yang Ada

Berapa banyak masalah yang anda hadapi? Sedikit, sedang atau justru sangat banyak?. Nah, sekarang tuliskan dalam selembar kertas masalah - masalah yang muncul dalam perenungan tadi. Tuliskan sebanyak - banyaknya. Semakin banyak semakin baik. Jangan katakan bahwa anda tidak memiliki masalah, saya yakin semua pasti memiliki masalah di kelas atau sekolah. Tapi, tidak sedikit guru yang tidak menyadarinya. Sekarang saatnya kita pikirkan dan langsung tuliskan masalah - masalah yang kita hadapi. Ambil pulpen, segera tulis sebelum lupa. Bingung bagaimana menulis masalah yang dihadapi? Coba tulis apa yang kita inginkan, dilanjutkan dengan apa yang terjadi. Kita lihat contoh :
- Hasil belajar siswa harusnya tinggi atau minimalnya di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), tapi kenyataannya hasil belajar siswa masih rendah
- Seharusnya ketika pembelajaran siswa berpartisipasi aktif di kelas, tapi kenyataannya siswa yang di ajar begitu pasif
- Siswa diharapkan bisa membuat karangan dengan baik, tapi kebanyakan siswa begitu kesulitan dalam menulis sebuah karangan
- Dalam materi tertentu siswa dengan mudah menguasainya, tapi dalam materi yang lain mereka mengalami kesulitan dll.
Saya yakin masih banyak masalah yang dihadapi guru di kelas atau sekolah. Tulis semua jangan sampai ada yang terlewat. Minimal anda menuliskan sepuluh masalah dalam langkah ini.

Fokuskan Masalah

Dari daftar masalah yang sudah ditulis, manakah masalah yang harus segera diselesaikan? Pilih salah satunya. Misal kita pilih tentang rendahnya hasil belajar siswa. Setelah kita fokus pada satu masalah, sekarang pikirkan berbagai alternatif pemecahan masalah. Misal, jika hasil belajar rendah, berarti kita ingin meningkatkan hasil belajar tersebut. Hasil belajar tersebut dapat meningkat dengan berbagai pendekatan, apakah dengan mengganti metode pembelajaran, apakah memanfaatkan media atau strategi lainnya. Buatlah daftar alternatif pemecahan masalah. Pilih alternatif yang terbaik.
Setelah menemukan alternatif pemecahan masalah, selamat, anda sekarang sudah memiliki judul PTK. Perhatikan contoh berikut :
Masalah yang dihadapi adalah masih rendahnya hasil / prestasi belajar IPS pada materi tertentu yang terbukti dengan skor ulangan harian yang masih banyak dibawah KKM. Alternatif masalah yang dipilih misalnya adalah dengan memanfaatkan situs blogspot sebagai media pembelajaran. Maka sekarang kita dapat merumuskan Judul PTK sebagai berikut : "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Negara Maju dan Berkembang Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Berupa Situs Blogspot Pada Siswa Kelas 9A SMPN 1 Cikeusal".

Mulailah Menulis Latar Belakang Masalah

Setelah memfokuskan pada satu masalah dan alternatif pemecahannya, saatnya kita menulis paragraf latar belakang penelitian.  Disini biasanya guru bingung mengawali tulisannya. Tentang kata atau kalimat apa yang akan dijadikan pembuka pada tulisan tersebut. Ini wajar, hal ini sering dialami oleh mereka yang tidak terbiasa menulis sebuah karangan. Lalu bagaimana solusinya? Ambil pulpen atau siapkan komputer/laptop, tulis kata yang ada dipikiran anda. Tuliskan saja dengan sesuka hati. Biarkan kalimatnya berantakan. Biarkan tulisannya kacau. Tulis saja. Ayo tuliskan satu atau dua buah kalimat sebagai pembuka. Lihat keajaibannya, ide akan muncul seiring anda mulai menulis. Langsung tuliskan ide tersebut.  Terus tulis tentang banyak hal yang ingin anda tulis. Jangan takut akan ada yang menghakimi, biarkan anda menulis secara lepas tentang yang ingin anda tulis.
Sekarang lihat, sudah berapa kalimat yang anda tulis. Lihat luar biasanya kemampuan anda menulis. ternyata anda mampu menulis bukan? Berikutnya kita coba perbaiki tulisan kita tersebut. Mulai dengan menceritakan harapan - harapan yang diamanatkan perundangan misalnya, harapan - harapan secara teoritis dan lain sebagainya. Satu paragraf sudah selesai, lanjut paragraf berikutnya. Tuliskan kenyataan atau fakta - fakta baik dari media masa, dari penelitian terdahulu, atau bahkan,dari keseharian yang kita hadapi. Rangkailah kalimat untuk menceritakan hal tersebut. Yes, paragraf dua sudah selesai. 
Lanjut paragraf berikutnya. Tuliskan bagaimana seharusnya atau bagaimana menyelesaikan masalah yang ada diparagraf sebelumnya. Ide untuk menulis dari alternatif memecahan masalah yang sudah diidentifikasikan sebelumnya. Paparkan dalam rangkaian kalimat alternatif - alternatif tersebut hingga pada kesimpulan untuk memilih satu alternatif.
Tulisan dilanjutkan dengan mengungkapkan berbagai teori yang mendukung pemilihan alternatif pemecahan masalah yang kita pilih. Kutip berbagai pendapat, fakta atau hasil penelitian yang mendukung alternatif tersebut. Kutiplah sebanyak yang anda tahu atau setidaknya satu landasan teoritis anda ungkapkan.
Lihat, beberapa paragraf sudah dibuat. Lanjtukan dengan mengambil kesimpulan pada suatu hipotesis bahwa alternatif tersebut dapat memecahkan masalah yang kita hadapi. Akhiri tulisan latar belakang dengan kalimat bahwa anda tertarik melakukan penelitian tentang suatu hal berikut penyelesaian masalahnya. Dan, latar belakang penelitian pun akhirnya sudah jadi.

Review Kembali

Setelah rangkaian paragraf tersaji dalam sebuah tulisan latar belakang masalah, saatnya melakukan finishing. Baca kembali rangkaian kata, kalimat dan paragraf yang sudah anda tulis secara perlahan. Lihat kejanggalan - kejanggalan dalam penulisan. Lihat urutan logis antar kalimat. Perbaiki apa yang masih kurang. Tambahkan kalimat atau kata jika perlu. Perbaiki teknis penulisannya sesuai aturan yang berlaku. Setelah melakukan editing di atas, baca lagi untuk kedua kalinya. Akhirnya Latar Belakang Masalah sudah jadi. Selamat. Kita lanjutkan pada Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan lain sebagainya dalam Bab I Pendahuluan. Ini akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Demikian tulisan dalam merumuskan latar belakang dalam menyusun PTK. Semoga bermanfaat.

Catatan : 
Tulisan ini bukan bermaksud menggurui atau seolah saya lebih tahu, tapi ini lebih bersifat sharing. Mohon masukannya untuk yang lebih ahli dalam penyusunan PTK. Hatur nuhun.