Laman

14 Prinsip Pembelajaran Kurikulum 2013

Berdasarkan permendikbud no 22 tahun 2016 tentang Standar Proses, terdapat 14 prinsip pembelajaran yang harus diterapkan pada kurikulum 2013 antara lain :
  1. dari peserta didik di beri tahu menuju peserta didik mencari tahu
  2. dari guru sebagai satu - satunya sumber belajar menjadi berbasis aneka sumber belajar
  3. dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah
  4. dari pembelajaran berbasis konten menuju pembelajaran berbasis kompetensi
  5. dari pembelajaran parsial menuju pembelajaran terpadu
  6. dari pembelajaran yang menekankan jawaban tunggal menuju pembelajaran dengan jawaban yang kebenarannya multi dimensi
  7. dari pembelajaran verbalisme menuju keterampilan aplikatif
  8. peningkatan dan keseimbangan antara keterampilan fisikal (hardskill) dan keterampilan mental (softskills)
  9. pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat
  10. pembelajaran yang menerapkan nilai - nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani)
  11. pembelajaran yang berlangsung di rumah di sekolah, dan di masyarakat
  12. pembelajaran yang menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah guru, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas
  13. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran
  14. Pengakuan atas perbedaan individual dan latar budaya peserta didik
Demikian prinsip yang harus diperhatikan dalam merencanakan pembelajaran terkait pelaksanaan kurikulum 2013.

Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment