Laman

Gunung Tertinggi Di Dunia Bukan Mount Everest!


Jagoan Banten. Jika ada pertanyaan gunung mana yang paling tinggi di dunia, itu tergantung dari mana gunung tersebut diukur.

Ketinggian gunung secara umum biasanya diukur dari atas permukaan laut sehingga satuan ketinggian gunung adalah mdpl atau meter di atas permukaan laut.

Sebagai contoh Gunung Karang yang berada di Banten memiliki ketinggian 1.778 mdpl atau tinggi tersebut diukur dari permukaan laut dan bukan dari dasar gunung yang ada di Serang atau Pandeglang.

Jika mengacu pada ketentuan di atas, maka gunung paling tinggi di dunia adalah Mount Everest dengan puncak tertinggi 8.848 mdpl. Tapi jika kita menghitung ketinggian gunung dari dasar atau kaki gunung, ternyata Mount Everest bukanlah gunung tertinggi didunia. 

Rekor gunung tertinggi di dunia jika diukur dari dasar atau kaki gunung dipegang Gunung Mauna Kea. Gunung yang terletak di kepulauan Hawai ini sebagian wilayahnya tertutup air karena berada di kedalaman Samudera Pasifik. 

Jika diukur dari permukaan laut (yang terlihat di atas air), gunung Mauna Kea memiliki ketinggian hanya sekitar 4.205 meter. Dan tentu masih kalah dengan Puncak Jaya di Indonesia, apalagi jika dibandingkan dengan Mount Everest. 

Tapi jika diukur dari dasar, bagian yang terutup air ketinggian mencapai 6000 meter. Artinya jika kita gabungkan secara keseluruhan, maka Gunung Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 10.205 meter atau 33.500 kaki. Dan ini mengalahkan ketinggian Mount Everest.

Beberapa Fakta Tentang Mauna Kea


1. Mauna Kea dalam Bahasa Hawai berarti Gunung Putih. Hal ini karena puncak Mauna Kea sering diselimuti salju yang pada perkembangannya menjadi incaran para pemain ski dan snowboard
Permukaan gunung diselimuti salju

2. Mauna Kea merupakan salah satu gunung berapi yang sudah ada sejak jaman purba. Mauna Kea sudah mengalami beberapa kali erupsi sehingga kandungan magma sudah rendah dan kecil kemungkinan terjadi erupsi lagi.

3. Mauna Kea menjadi pusat pengamatan astronomi karena letaknya berada dekat equator dan cuacanya sangat mendukung. Saat ini terdapat 13 teleskop termasuk teleskop milik NASA.
Langit cerah Mauna Kea di malam hari

Observatorium

4. Lereng gunung menjadi tempat yang baik untuk kegiatan berburu dan rekreasi.
Wisatawan mengunjungi Mauna Kea

Demikian informasi tentang gunung tertinggi di dunia selain Mount Everest. Semoga artikel ini menambah pengetahuan teman Jagoan Banten.

#gunungtertinggi #mounteverst #maunakea

Sumber foto : shutterstock.com

No comments:

Post a Comment