Laman

Berdasarkan Waktunya, Bencana Alam Termasuk Perubahan Sosial Budaya Kategori ...(Sebuah Miskonsepi)



Bermula dari keisengan mencari topik populer di Google trend, pada topik perubahan budaya, saya menemukan salah satu queri yang paling banyak dicari yakni "bencana alam termasuk perubahan sosial budaya kategori..."

Saya kemudian coba telusuri di google, hasilnya banyak pencarian dilakukan untuk menentukan bencana alam termasuk perubahan sosial budaya kategori apa. 



Disitu juga dilampirkan sebuah pindai soal yang kemungkinan besar dibuat oleh guru seperti gambar di bawah ini. 

Untuk menjawab soal diatas, terutama nomor 5, sepertinya banyak yang memanfaatkan bantuan dari situs berbagi tugas sekolah brainly.co.id. 




Dan jawaban atas soal tersebut menyatakan bahwa bencana alam termasuk perubahan sosial budaya kategori CEPAT.

Jika anda guru IPS, apakah menurut anda ini merupakan jawaban yang tepat? Mungkin banyak dari kita akan menjawab "iya". 

Terkait jawaban ini, saya merasa tertarik untuk melakukan analisa lebih lanjut mengenai beberapa hal. 

Pertama, sebenarnya apakah perubahan sosial budaya itu? Kedua, apa saja unsur budaya? Ketiga, bentuk sosial budaya apa saja? Dan keempat, apakah bencana alam termasuk kategori perubahan sosial budaya?

Saya akan coba kutip pengertian perubahan sosial budaya yang terdapat pada buku paket IPS Kelas 9 yang disusun FKG IPS Nasional. 

Dibuku tersebut disajikan pendapat dari William Ogburn (hal 87) bahwa batasan ruang lingkup perubahan sosial budaya mencakup perubahan pada unsur-unsur kebudayaan baik yang bersifat materiil maupun yang bersifat nonmaterial. Penekannya bahwa perubahan sosial sebagai pengaruh yang besar dari unsur kebudayaan materiil terhadap terhadap unsur immaterial. 

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi pada unsur-unsur budaya. 

Antropolog Indonesia Koentjaraningrat memberi pengertian budaya sebagai sebuah sistem gagasan dan rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia yang di dalam kehidupannya yang bermasyarakat. 

Terdapat tujuh unsur budaya yang bersifat universal sebagai berikut : 
  • Sistem bahasa
  • Sistem pengetahuan.
  • Sistem organisasi kemasyarakatan.
  • Sistem teknologi.
  • Sistem ekonomi.
  • Sistem religi.
  • Sistem kesenian.

Dengan demikian, bisa disederhanakan bahwa bentuk perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi pada tujuh hal di atas. 

Jika anak kecil berubah jadi besar apakah itu termasuk perubahan sosial budaya? Untuk menjawabnya cukup identifikasi apakah terdapat perubahan pada unsur di atas? Jawabannya tidak ada, artinya itu bukan perubahan sosial budaya.

Bandingkan berubahnya agama seseorang atau cara beribadah seseorang misalnya. Itu bagian dari perubahan sosial budaya karena yang berubah unsur budaya yakni sistem religi. 

Bentuk perubahan sosial budaya bisa dilihat dari beberapa aspek. Pertama dari waktu berlangsungnya terdiri dari revolusi (cepat) dan evolusi (lambat). 

Kedua bisa dilihat dari pengaruhnya, ada perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar dan ada yang pengaruhnya kecil. 

Dan ketiga dilihat dari unsur kesengajaan, ada yang direncanakan dan ada yang tidak direncanakan. 

Beberapa bentuk perubahan sosial budaya di atas terjadi pasti ada penyebabnya. Beberapa penyebab perubahan sosial budaya antara lain :
  • bertambah dan berkurangnya penduduk, 
  • inovasi, 
  • konflik, 
  • pemberontakan, 
  • perubahan kondisi alam, 
  • peperangan dan pengaruh dari budaya lain.

Nah sekarang, apakah bencana alam termasuk perubahan sosial budaya? 

Kita coba identifikasi apakah yang dikategorikan bencana alam. Jenis bencana alam antara lain gempa bumi, erupsi gunung berapi, tsunami, tanah longsor, banjir, kekeringan, angin puting beliung, dan abrasi. 

Dari bencana alam di atas, mana yang buatan manusia? Semua terjadi karena Tuhan, bukan hasil yang diciptakan oleh manusia walau mungkin secara tidak langsung manusia ikut andil untuk bencana alam semisal banjir. 

Dalam hal ini bencana alam bukan termasuk bagian dari budaya apalagi bentuk perubahan sosial budaya. Tapi bencana alam merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya. 

Semisal, bencana tsunami Aceh pada tahun 2004, apakah tsunami ini buatan manusia? Jelas bukan. Tapi apa yang hancur oleh tsunami banyak diantaranya hasil dari cipta karsa manusia. 

Tsunami menyebabkan perubahan sosial budaya yang cepat (revolusi),  bukan kategori perubahan sosial budaya yang cepat. 

Jika terlalu rumit penjelasan saya di atas, saya coba sederhanakan seperti ini, budaya merupakan semua hasil cipta karsa manusia, bencana alam bukan bagian dari budaya karena ciptaan Tuhan. 

Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang terjadi pada hasil cipta karsa manusia. Jika terjadi perubahan pola pada bencana alam, itu bukan bagian dari perubahan sosial budaya karena bencana alam bukan bagian dari budaya.

Ini berarti telah terjadi miskonsepi dengan soal di atas dan banyak dari pengguna internet yang ikut tersesat dari kesalahan ini.

Semoga setelah membaca penjelasan ini tidak terjadi kesalahan pemahaman lagi, lebih utamanya bagi guru-guru yang mengampu materi terkait perubahan sosial budaya. 

Semoga bermanfaat...

#perubahanbudaya
#perubahansosialbudaya
#pengertianperubahansosialbudaya

6 comments:

  1. Mantap.. Semangat terua ya Pak...

    ReplyDelete
  2. Setujuuuu,,keren tulisannya,,,semua dijelaskan secara gamblang, kebetulan saya guru IPS

    ReplyDelete
  3. Mantul... Benar2 mantap tulisannya

    ReplyDelete
  4. Makasih pak, penjelasannya sangat rinci dan mudah di pahami.
    salam dari zahra.h murid mtsn.

    ReplyDelete