Laman

Apakah Yang Harus Dilakukan Agar Produk Disukai Oleh Pasar Atau Masyarakat?

Ilustrasi Pasar Internasional

Jagoan Banten. Jika kamu pelajar atau siswa yang sedang mengerjakan tugas IPS dan mencari jawaban atas pertanyaan :

  • Apakah Yang Harus Dilakukan Agar Produk Disukai Oleh Pasar Atau Masyarakat?
  • Bagaimana Peluang Masyarakat Dapat Menembus Pasar Internasional?
  • Apa Yang Harus Dilakukan Agar Produk Masyarakat Diterima Oleh Pasar Internasional?
Maka tulisan Jagoan Banten kali ini akan membantu mencari jawaban atas tugas tersebut yang nanti bisa digunakan untuk jawaban teman pelajar kepada guru.


Apakah Yang Harus Dilakukan Agar Produk Disukai Oleh Pasar Atau Masyarakat?

Sebagai produsen suatu produk, tentu harus memikirkan agar produk bisa disukai pasar. Mengapa? Karena ini akan berhubungan dengan penjualan barang yang nanti akan diproduksi. Semakin disukai masyarakat, maka akan meningkatkan penjualan produk tersebut yang berujung pada meningkatnya pendapatan produsen.

Berikut yang harus dilakukan agar produk disukai pasar atau masyarakat :

1. Memperhatikan permintaan pasar

Sebuah produk akan laku dan diminati pasar jika produk sesuai dengan permintaan pasar. Permintaan pasar biasanya terkait erat dengan kebutuhan. Seorang produsen harus bisa mengklasifikasikan produknya kebutuhan apa dijadikan target pemasaran. Sebagai contoh produk makanan, ini termasuk kebutuhan pokok berupa pangan, maka produk ini kemungkinan besar bisa diminati. Tapi dengan syarat memenuhi kriteria lain semisal sesuai selera konsumen, memuaskan dan sebagainya. 

Contoh lain semisal membuat produk jaring yang ditargetkan untuk para nelayan. Produk ini tentu akan disukai nelayan dengan catatan kualitas produk harus lebih dari produk sejenis. 

2. Produk harus berkualitas

Produk yang berkualitas pasti akan disukai pasar. Mereka akan puas dengan kualitas yang diberikan. Efeknya akan terjadi pemasaran dari mulut ke mulut yang meningkatkan brand atau merk produk. Jika sudah memiliki citra berkualitas, selain pasar menyukai produk tersebut, mereka juga tidak segan mengeluarkan uang berapapun untuk mendapatkan produk yang dimaksud.

3. Penentuan harga sesuai dengan kualitas

Tidak selamanya pasar menyukai produk dengan harga murah namun kualitas mengecewakan. Sesuaikan harga dengan kualitas produk yang ditawarkan. Semakin baik kualitas produk, semakin tinggi harga produk bukan menjadi suatu masalah. 

Namun demikian, pasar akan mencari produk dengan kualitas terbaik serta berharga murah. Jika sanggup menciptakan produk berkualitas dan harga murah, produk ini pasti akan disukai pasar atau masyarakat. 

4. Strategi promosi /pemasaran yang efektif

Sebaik apapun kualitas produk, jika tidak diketahui pasar, maka akan sia-sia. Pasar tidak bisa mengenali kualitas tersebut dan tidak menjadi pilihan dalam pemenuhan kebutuhan mereka. 

Maka untuk bisa mengenalkan produk dengan baik, sebuah strategi pemasaran sangat dibutuhkan. Semisal orang akan berpikir bahwa semua produk yang pernah diiklankan pada televisi merupakan produk berkualitas. Padahal belum tentu. Itulah pentingnya promosi atau pemasaran. 

5. Memberikan kebanggaan (prestisius) bagi pemakainya

Pernah mendengar atau mengetahui seseorang berani membayar mahal hanya untuk sebuah tas? Atau untuk sepasang sepatu rela membayar ratusan juta rupiah? 

Mengapa mereka mau membayar mahal atas produk tersebut? Jawabannya karena produk tersebut akan meningkatkan brand diri. Mereka bangga memakai produk tersebut. 

Untuk bisa membuat produk semacam ini, kualitas produk tidak bisa ditawar. Berikutnya strategi pemasaran dalam membangun brand produk sebagai sebuah produk prestisius juga harus intensif. 

6. Inovatif

Produk inovatif yang mampu memberikan solusi baru akan sangat disukai pasar. Dan produk tanpa inovasi akan mulai ditinggalkan. Semisal smartphone yang mampu menggusur warnet atau jasa fotografer. 

Inovasi merupakan hasil dari kreativitas. Maka untuk bisa menghasil inovasi, jiwa kreatif akan sangat diperlukan walau inovasi bersifat sederhana.

7. Kemudahan memperoleh atau mengaksesnya

Persyaratan lain suatu produk akan sangat disukai pasar atau masyarakat yakni kemudahan dalam memperoleh produk yang dimaksud. Atau dengan kata lain, konsumen tidak direpotkan dengan perjalanan jauh atau sistem yang berbelit. Semakin mudah produk diperoleh dipasaran, semakin populer produk dan akan semakin disukai pasar. 

8. Membangun brand atau citra produk

Apa yang diingat jika mendengar kata minimarket atau bahan bakar kendaraan? Atau makanan siap saji. Mungkin jawabannya akan sama semisal akan menjawab Alfamart atau Indomart untuk minimarket. Pertamina untuk bahan bakar dan beberapa merk makanan siap saji yang sudah tersebar luas.

Mengapa dengan mudah mengingat produk itu? Karena brand atau merk mereka sudah dibangun dengan baik melalui pemasaran menggunakan sistem franchise atau pemasaran lain yang efektif.

Maka agar produk disukai pasar atau masyarakat, brand produk harus dibangun. Promosi harus kuat disertai dengan menciptakan kepuasan pelanggan.

9. Perhatikan selera pasar

Dalam menciptakan produk, selera konsumen atau pasar harus menjadi prioritas. Selera konsumen hampir mirip dengan permintaan atau kebutuhan pasar. Namun ini lebih spesifik. 

Produk akan disukai pasar atau masyarakat jika mampu memenuhi selera konsumen semisal sesuai dengan kekhasan daerah atau budaya, mengikuti tren jaman dan lain sebagainya. 

10. Sediakan layanan purnajual

Untuk beberapa produk tertentu semisal elektronik atau otomotif, garansi menjadi sangat penting. Begitu juga layanan purna jual lain. 

Hal ini pun bisa diterapkan pada produk-produk lain dengan memberikan layanan purna jual untuk menjamin kepuasan pelanggan. 

Riset pada pelanggan bagian dari purnajual juga sangat penting untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Hasilnya digunakan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan. 

11. Perhatikan peta persaingan

Jika akan membuat produk baru, maka perhatikan apakah terdapat produsen kuat yang sudah menguasai pasar. Jika iya, maka harus disiapkan strategi jitu untuk bisa bersaing dengan produsen tersebut. Jika tak sanggup semisal kendala modal, akan lebih baik jika mengalihkan pada jenis produk yang lain. 

12. Produk harus up to date

Sebuah produk akan disukai masyarakat sesuai dengan kondisi jaman. Perubahan yang terus menerus memaksa untuk melakukan berbagai inovasi agar produk tetap up to date atau sesuai dengan kondisi kekinian. Jika tidak, produk akan ditinggalkan pelanggan.

13. Bangun sistem jaringan

Beberapa produk berhasil dirintis dengan sistem jaringan. Jika sudah memiliki jaringan yang kuat, maka produk pasti laku dipasaran karena target pasar sudah jelas dan spesifik.

Jaringan yang dibangun bisa berbentuk komunitas atau jaringan penjualan yang lain. Semua bermuara pada bagaimana agar produk bisa disukai oleh pasar atau masyarakat secara umum. 


Bagaimana Peluang Masyarakat Dapat Menembus Pasar Internasional?

Produk - produk Indonesia tidak kalah dari sisi kualitas dengan produk luar negeri. Oleh karenanya peluang menembus pasar internasional sangat terbuka lebar. 

Contoh produk Indonesia yang sudah menembus pasar internasional antara lain mie instan merk Indomie, Sepeda Polygon, Tolak Angin, Eiger, LaFonte, Batik, Kerajinan Ukir Kayu Jati dan sebagainya. 

Beberapa produk tersebut mampu diterima pasar internasional terutama karena kualitas dan kekhasan atas budaya Indonesia. 

Selain itu produk-produk tersebut juga sangat dibutuhkan oleh pasar internasional dengan tingkat persaingan yang bisa dimenangkan oleh produk Indonesia. 

Dengan modal kreativitas mulai dari menciptakan produk, memasarkan produk, membentuk brand produk, dan sebagainya, maka akan sangat mungkin produk-proruk Indonesia semakin banyak disukai pasar internasional. 

Terlebih dengan kemajuan teknologi informasi yang menghilangkan batas teritorial memudahkan siapa saja memasarkan produknya ke luar negeri. 


Apa Yang Harus Dilakukan Agar Produk Masyarakat Diterima Oleh Pasar Internasional?

Seperti halnya strategi untuk bisa disukai pasar atau masyarakat, ini juga berlaku pada saat produk ingin bisa diterima oleh pasar internasional. 

Namun hal terpenting agar produk diterima oleh pasar internasional mencakup :

1. Kualitas barang, produk harus benar - benar berkualitas dengan garansi yang pasti.

2. Penguasaan akan teknologi informasi, ini diperlukan dalam membangun brand image dan jaringan pemasaran pada pasar internasional

3. Bersinergi dengan pemerintah, terutama dalam hal regulasi (peraturan) yang bisa memudahkan pengusaha lokal memasarkan produknya diluar negeri

4. Diferensiasi produk, produk bukan hasil tiruan/imitasi dari produk luar negeri, produk benar-benar asli buatan dalam negeri dan menunjukan keunggulan Indonesia dibanding negara lain. Contoh produk semisal batik, ukir kayu jati, patung dan sebagainya. Untuk produk yang tidak bisa unggul dari bangsa lain semisal produk otomotif, ini tidak akan disukai oleh pasar internasional.

Demikian penjelasan sederhana sebagai jawaban dari tugas IPS Kelas 9 tentang Apakah yang harus dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat?Bagaimana peluang masyarakat dapat menembus pasar internasional? Dan apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional?


Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Silahkan sesuaikan dengan pendapat asli teman Jagoan Banten.

3 comments:

  1. thks info nya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. mulai belajar usaha, semoga dimudahkan

    ReplyDelete
  3. Jagoan Banten: Apakah Yang Harus Dilakukan Agar Produk Disukai Oleh Pasar Atau Masyarakat? >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Jagoan Banten: Apakah Yang Harus Dilakukan Agar Produk Disukai Oleh Pasar Atau Masyarakat? >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Jagoan Banten: Apakah Yang Harus Dilakukan Agar Produk Disukai Oleh Pasar Atau Masyarakat? >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete