Laman

Bentuk Penilaian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan

Bentuk penilaian

Jagoan Banten. Terdapat berbagai bentuk penilaian yang dapat dipilih satuan pendidikan. Bentuk penilaian ini dapat digunakan untuk Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah (US). Bentuk penilaian tersebut antara lain :

1. Portofolio


Adalah penilaian berkelanjutan berdasarkan kumpulan informasi yang bersifat reflektif-integratif yang menunjukan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Penilaian portofolio mengumpulkan informasi hasil belajar melalui :

  • observasi sampel atau produk
  • analisis dan refleksi isi portofolio secara teratur 
  • penyimpulan serta penilaian kemajuan siswa

Jenis penilaian portofolio yaitu :

  • portofolio kerja, koleksi dari hasil kerja suatu mata pelajaran selama periode tertentu
  • portofolio dokumentasi, koleksi hasil kerja (produk) siswa pada suatu mata pelajaran selama periode waktu tertentu, yang berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai
  • portofolio pilihan, digunakan untuk menunjukan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.

Kompetensi yang diukur melalui penilaian portofolio mencakup aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor).

2. Tugas Proyek


Penilaian tugas proyek memiliki karakteristik yang mengukur kemampuan siswa untuk menyelesaikan suatu tugas dalam periode atau waktu tertentu dengan tahapan tertentu. 

Jenis tugas proyek :
  • Ujian bentuk tugas proyek membutuhkan durasi waktu yang jelas
  • Tugas proyek bisa dilakukan secara individu maupun secara kelompok
  • Tugas proyek bisa mencakup beberapa KD yang sesuai dengan SKL, dapat dalam satu mata pelajaran atau lebih. 
Kompetensi yang diukur melalui penilaian tugas proyek mencakup aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor).

3. Tugas Produk


Ujian bentuk tugas produk adalah penilaian terhadap keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki kedalam wujud produk dalam waktu yang ditentukan. Tugas ini menitikberatkan pada kualitas produk yang dihasilkan. 

Jenis tugas produk :

  • Bisa dilakukan secara individu maupun kelompok. Jika dalam kelompok guru harus bisa memastikan peran setiap individu dalam kelompok. 
  • Tugas produk bisa mencakup satu atau beberapa KD yang dipandang sesuai dengan SKL, bisa juga diterapkan untuk satu atau beberapa pelajaran. 

Kompetensi yang diukur melalui penilaian tugas produk mencakup aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor). Contoh sikap yang diukur semisal ketekunan. Sedangkan pengetahuan dan keterampilan dilihat dari kualitas produk.

4. Tes Praktik


Merupakan penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas sesuai dengan tuntutan kompetensi. Tes praktik menilai kualitas proses mengerjakan / melakukan suatu tugas.

Kompetensi yang diukur melalui penilaian tes praktik utamanya adalah keterampilan. Namun demikian beberapa sikap semisal kesungguhan, kedisiplinan, dan kepatuhan pada kesehatan dan keselamatan kerja juga bisa dinilai melalui tes praktik. 

5. Tes Kinerja


Tes Kinerja berupa :

  • Perintah kepada siswa untuk melakukan suatu tugas atau menyelesaikan masalah yang nyata atau konstektual yang dapat diselesaikan dengan material / bahan yang terdapat disekitar siswa
  • Format untuk menampilkan temuan atau hasil siswa
  • Kriteria penilaian atau rubrik

Fokus tes Kinerja yakni menilai praktik dan produk secara bersama. 

Kompetensi yang diukur melalui penilaian tugas proyek mencakup aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor).

6. Tes Tertulis


Adalah soal dan jawabannya dibuat dalam bentuk tulisan. 

Kompetensi yang diukur melalui tes tertulis difokuskan pada pengetahuan atau aspek kognitif. 

Tes tertulis dibedakan menjadi tiga level yaitu :

  • Level 1 untuk mengukur pemahaman (C1 dan C2), 
  • Level 2 untuk mengukur penerapan (C3),
  • Level 3 untuk mengukur penalaran (C4, C5 dan C6)

Variasi dari tes tertulis antara lain :

  • Soal pilihan yang jawabannya tersedia terdiri dari pilihan ganda, soal benar salah, dan menjodohkan.
  • Soal yang pilihan jawaban tidak tersedia terdiri dari soal jawaban singkat atau isian dan soal uraian.
  • Soal campuran memiliki ciri terdapat pilihan jawaban dan ada tambahan isian jawaban. 

Tulisan ini merupakan rangkuman dari Buku Inspirasi Contoh Soal Ujian Yang Diselenggarakan Oleh Satuan Pendidikan Tingkat SMP Mata Pelajaran IPS, Direktorat SMP, Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud, tahun 2020. 

Untuk mempelajari secara detail atau lengkap dengan langkah dan berbagai contoh silahkan baca buku tersebut. 


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment