Laman

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2021 Untuk S1 dan S2

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi

Jagoan Banten. Berdasarkan informasi yang dimuat dalam laman kemenag.go.id, saat ini Kementrian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PSBB) 2021.

Program Beasiswa Santri Berprestasi yang selanjutnya disingkat PBSB adalah program beasiswa pendidikan bagi lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang memiliki potensi akademik baik akan tetapi memiliki keterbatasan secara ekonomi untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan tinggi.

Jenis beasiswa yang diberikan pada PBSB antara lain :

1. Beasiswa penuh untuk Program Sarjana (S1) paling lama 48 bulan;

2. Beasiswa penuh untuk Pendidikan Profesi paling lama 24 bulan; dan

3. Beasiswa penuh untuk Program Magister (S2) paling lama 24 bulan.

Ketiga beasiswa tersebut diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI yang dibebankan pada anggaran tahun 2021.

Selanjutnya yang menjadi sasaran dari Program Beasiswa Santri Berprestasi antara lain : 

1. Mahasantri PBSB yang sedang studi lanjut pada Perguruan Tinggi Mitra (on going);

2. Mahasantri PBSB yang sedang studi pendidikan profesi pada Perguruan Tinggi Mitra: dan

3. Santri yang dinyatakan lulus dalam seleksi calon peserta PBSB tahun 2021

Jadwal Pendaftaran


Jika berminat untuk mengikuti PBSB, berikut jadwal pendaftaran sampai dengan penyaluran dana bantuan beasiswa santri berpretasi tahun 2021 :

1. Persiapan dan Koordinasi : Februari 2021

2. Sosialisasi dan Pengumuman : Maret 2021

3. Periode Pendaftaran : 15 Maret – 15 April 2021

4. Verifikasi dan Validasi Data Dan Dokumen Oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi : 15 Maret – 19 April 2021

5. Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 1 - Tes Berbasis Elektronik : 20 April 2021

6. Pelaksanaan Seleksi Tahap 1 – Tes Berbasis Elektronik : 27 April 2021

7. Pengumuman Kelulusan Seleksi Tahap 1 : 7 Mei 2021

8. Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 – Tes Lisan Online : 18 – 21 Mei 2021 (menyesuaikan jumlah peserta)

9. Pengumuman Kelulusan Seleksi Tahap 2 : 31 Mei 2021

10. Legalisasi Administrasi Pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi : 1 – 8 Juni 2021

11. Pendaftaran Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB : Sesuai kalender akademik PTM masing-masing

12. Masa Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi Mitra PBSB: Sesuai kalender akademik PTM masing-masing

13 Pencairan dan Penyaluran Dana Bantuan Beasiswa Santri Berprestasi : Juli 2021


Persyaratan Peserta PBSB


Persyaratan yang harus dipenuhi calon penerima beasiswa terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus. 

Persyaratan umum berlaku untuk seluruh penerima program baik untuk S1 maupun S2. Sedangkan untuk persyaratan khusus tergantung jenjang dan program studi yang dipilih. 

Berikut persyaratan umum untuk bisa mengikuti PBSB :

1. Santri Warga Negara Indonesia.

2. Santri yang berasal dari Pesantren yang telah terdaftar di Kementerian Agama, yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Statistik Pesantren (NSP) yang terdaftar pada Kementerian Agama.

3. Santri mukim minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir).

4. Memiliki akhlaq terpuji dan direkomendasikan oleh Pimpinan Pesantren dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Pesantren Asal Santri.

5. Memiliki kemampuan berbahasa Arab.

6. Memiliki kemampuan membaca dan memahami Kitab Kuning.

7. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai keislaman yang rahmatan lil’alamin.

8. Memiliki wawasan dan komitmen implementasi nilai-nilai nasionalisme, patriotisme serta integritas.

9. Diutamakan santri yang memiliki prestasi akademik dan non akademik dengan melampirkan nilai raport 1 (satu) tahun terakhir, piagam atau sertifikat.

10. Diutamakan santri berprestasi berasal dari keluarga kurang mampu.

11. Pilihan Program Sarjana (S1):

a. Santri tingkat akhir atau santri lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 pada Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pendidikan Kesetaraan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), Madrasah Aliyah Swasta (MAS) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang terintegrasi dan/atau berada dan menjadi bagian dari Pondok Pesantren

b. Berusia maksimal (per 1 Juli 2021): 

1) 20 (dua puluh) tahun untuk santri tingkat akhir pada MAS/MAN yang terintegrasi dan/atau berada dan menjadi bagian dari Pondok Pesantren (lahir pada tanggal 1 Juli 2001, 2 Juli 2001, dan seterusnya);

2) 23 (dua puluh tiga) tahun untuk santri lulusan SPM/PDF/PKPPS (lahir pada tanggal 1 Juli 1998, 2 Juli 1998, dan seterusnya).

12. Pilihan Program Magister (S2):

a. Santri Sarjana yang berasal dari Satuan Pendidikan Muadalah (SPM), Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pendidikan Kesetaraan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS), Madrasah Aliyah Swasta (MAS) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang terintegrasi dan/atau berada dan menjadi bagian dari Pondok Pesantren.

b. Berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun per-tanggal 1 Juli 2021

Untuk persyaratan khusus, silahkan baca pada booklet tentang Program Beasiswa Santri Berpretasi pada bagian bawah.


Dokumen Yang Harus Disiapkan


Jika yakin untuk mengikuti program ini, ada baiknya segera menyiapkan dokumen yang dibutuhkan guna melengkapi saat melakukan pendaftaran. Dokumen tersebut antara lain : 

Untuk pilihan Program Sarjana (S1):

a. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;

b. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP);

c. Jika santri belum memiliki KTP maka bisa digantikan dengan Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

d. Scan Kartu Keluarga;

e. Scan Asli Surat Keterangan Mukim yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

f. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (sesuai format terlampir pada booklet);

g. Scan Asli Raport Halaman Identitas Santri dan Halaman Nilai 1 (satu) Tahun Terakhir;

h. Scan Asli Salinan Ijazah Yang Telah Dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus MAS/MAN/SPM/PDF/PKPPS bagi lulusan tahun 2019 dan 2020;

i. Scan Asli Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Dokumen yang bermaterai Rp.10.000,- dan bertanda tangan santri bersangkutan (format terlampir);

j. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada)

Sedangkan untuk Pilihan Program Magister (S2) sebagai berikut :

a. Scan Asli Pas Foto Berwarna ukuran 3x4;

b. Scan Asli Kartu Tanda Penduduk;

c. Scan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir;

d. Scan Kartu Keluarga;

e. Scan Asli Surat Rekomendasi dari Pesantren asal santri sarjana yang ditandatangani oleh pimpinan Pesantren (format terlampir);

f. Scan Asli Salinan Ijazah S1 dan sederajat yang telah dilegalisir;

g. Scan Asli Salinan Transkrip nilai jenjang S1 dan sederajat yang telah dilegalisir;

h. Proposal rencana penelitian untuk tesis;

i. Scan Asli Surat Izin dari pimpinan Pesantren atau guru besar atau dosen atau atasan langsung bagi yang sudah bekerja;

j. Daftar publikasi karya ilmiah yang telah diterbitkan (jika ada);

k. Scan Asli Sertifikat resmi bukti penguasaan bahasa Arab atau bahasa Inggris yang masih berlaku dengan skor sekurang-kurangnya TOAFL 500, TOEFL ITP 450, TOEFL iBT 45, IELTS 5, atau TOEIC 500 (untuk pilihan Program Magister Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Industri dan Bisnis Halal pada UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta);

l. Scan Asli Piagam atau Sertifikat Prestasi Akademik dan/atau Non Akademik (jika ada).

Jika dokumen sudah lengkap maka silahkan lakukan pendaftaran secara online pada laman: 



Untuk teknis pendaftaran dan informasi lain yang lebih lengkap, silahkan download booklet di tentang PBSB di bawah ini :


Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment