Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR



Jagoan Banten - Berikut ini merupakan buku petunjuk aplikasi Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) yang diterbitkan oleh Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Buku petunjuk tersebut merupakan dokumen petunjuk penggunaan aplikasi (user manual) ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan panduan bagi user dalam menjalankan Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise secara maksimal kepada user. Dengan dapat dioperasikanya aplikasi ini, diharapkan informasi dapat lebih cepat sampai kepada tujuan.

SIPINTAR merupakan aplikasi berupa Dashboard Monitoring untuk menampilkan data penerima bantuan PIP, yang digunakan oleh Sekolah.

Selanjutnya dalam buku petunjuk penggunaan Aplikasi SIPINTAR tersebut terdapat informasi sebagai berikut:

1. Pendahuluan

Berisi informasi umum yang meliputi tujuan pembuatan dokumen, deskripsi umum sistem, dan deskripsi dokumen.

2. Kebutuhan Sumber Daya

Berisikan informasi perangkat yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Sistem Informasi Indonesia Pintar (SIPINTAR) Enterprise, meliputi perangkat lunak dan perangkat keras.

3. Mengoperasikan Aplikasi

Berisikan informasi yang menjelaskan langkah-langkah pengoperasian aplikasi oleh user sesuai batasan akses yang diperoleh. 

Kebutuhan Sumber Daya


Berdasarkan buku petunjuk penggunaan Aplikasi SIPINTAR, terdapat tiga kebutuhan sumber daya fisik untuk bisa mengoperasikan aplikasi SIPINTAR, yaitu :

1. Perangkat Lunak Pendukung (Software Requirement)

Kebutuhan perangkat lunak (software) yang digunakan untuk dapat mengakses Aplikasi
SIPINTAR adalah:
  • Sistem Operasi (Operating System (OS)): OS yang disarankan minimum Windows 7
  • Komponen : Web Browser (Google Chrome, Opera, Microsoft Edge, dsb.)

2. Perangkat Keras Pendukung (Hardware Requirement)

Kebutuhan perangkat keras (hardware) minimum yang digunakan untuk dapat mengakses Aplikasi SIPINTAR adalah:

1) Procesor : Dual Core
2) Kapasitas RAM : 2 GB, minimum 1 GB free
3) Harddisk : HDD 40GB
4) Monitor : VGA 64 Mb

3. Jaringan Internet (Internet Network)

Diperlukan jaringan internet untuk mengakses aplikasi ini, dan perlu diperhatikan kebutuhan akses jaringan internet sebagai berikut ;

1) Bandwidth Minimum : 256 Kbps
2) Akses internet : Modem USB, LAN (Local Area Networking), WiFi, atau dial-up modem.
3) Akan lebih baik jika kecepatan bandwidth di atas 256 Kbps dan sinyal menunjukan HSDPA atau jaringan 3G.

Selanjutnya untuk mengoperasikan aplikasi SIPINTAR dibutuhkan sumber daya manusia yang dengan kompetensi sebagai berikut:

1) Terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer,
2) Terbiasa menggunakan aplikasi berbasis Website,
3) Memahami cara menggunakan dan mengoperasikan aplikasi komputer.


Memulai Aplikasi


Login Aplikasi


Berikut adalah prosedur untuk memulai akses terhadap aplikasi SIPINTAR ENTERPRISE, diantara lain:

1. Buka sistem aplikasi SIPINTAR ENTERPRISE melalui web browser (Google Chrome, Firefox, Opera atau lainnya) dengan alamat url sebagai berikut: https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/

2. Kemudian tekan Enter pada tombol keyboard atau klik tombol Go pada browser, maka akan tampil halaman login seperti berikut:



3. Masukan Username dan Password lalu pilih role sebagai Sekolah

4. Klik tombol apabila ingin login pada halaman SIPINTAR Enterprise, klik tombol apabila ingin login pada halaman Dapodik, maka tampil halaman awal seperti berikut:



Untuk petunjuk lebih lengkap silahkan baca pada file drive dibawah ini :



Demikian tulisan Buku Petunjuk Penggunaan Aplikasi SIPINTAR semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

3 comments:

  1. Baagus aplikasi ini untuk bapak ibu guru

    ReplyDelete
  2. Ini tu semacam aplikasi yang bisa ngasih tahu siapa siswa yang nerima bantuan apa nggak gitu ya. Terus monitoring apakah bantuannya sudah tersampaikan ataukah belum. Bagus dong.

    ReplyDelete
  3. Bagus ini aplikasinya

    ReplyDelete