6 Api Abadi Di Dunia (Termasuk Indonesia)

Ilustrasi api abadi (gambar Pixabay.com)


Jagoan Banten - 6 Api Abadi di Dunia. Api abadi adalah api yang menyala dan tidak pernah padam sekalipun terkena air atau hujan. Api tersebut menyala sepanjang waktu.

Api abadi yang paling terkenal adalah api abadi yang berada di Turkemenistan yang banyak orang menyebutnya sebagai gerbang neraka.

Dan ternyata, api abadi tidak hanya di negara tersebut, di Indonesia pun terdapat api abadi.

Berikut beberapa tempat yang memiliki api abadi di dunia :

1. Door To Hell, Gurun Karakum, Turkemenistan


Lobang membara yang diibaratkan gerbang neraka

Diameter lobang ini 69 m dengan kedalaman 30 m

Door to Hell atau gerbang neraka adalah api abadi yang berada pada kawah berdiameter 69 meter dengan kedalaman 30 meter di wilayah Gurun Karakum, Turkemenistan. 

Api abadi ini muncul pada tahun 1971. Berdasarkan catatan yang ada, api abadi tersebut adalah akibat kegagalan para insinyur Uni Soviet dalam melakukan pencarian tambang minyak bumi. 

Pada tahap survei, mereka melakukan pengeboran di wilayah tersebut untuk menilai kuantitas minyak bumi yang ada. Namun bor masuk ke dalam gua bawah tanah sehingga tanah di atasnya runtuh membentuk kawah besar. 

Kawah tersebut mengeluarkan gas beracun sehingga dikhawatirkan akan meracuni penduduk kota di sekitar. Untuk menghindari bahaya keracunan, mereka sepakat untuk membakar gas tersebut dengan pertimbangan bahwa dalam beberapa waktu api akan padam seiring habisnya gas yang keluar. 

Namun setelah lebih 40 tahun, ternyata api tak kunjung padam, sehingga mendapat julukan api abadi. 

Karena api abadinya, masyarakat menjulukinya sebagai Door To Hell atau gerbang neraka, dan menjadikannya objek wisata. Tidak kurang dari 50000 wisatawan sudah mengunjungi tempat ini dalam lima tahun terakhir.


2. Api Abadi Kuil Baku, Ajerbaijan




Api abadi ini berada di sebuah kuil api (Atesgah) Baku di wilayah Ajerbaijan. Kuil api ini sendiri adalah kuil tempat pengorbanan yang didirikan diatas ventilasi gas alam.

Kuil api ini dibangun sekitar abad 17 atau 18. Terletak tempat ventilasi gas alam sehingga mampu menyiptakan api abadi besar di tengah kuil dan empat api kecil di setiap sudut atap kuil. Kuil ini ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia.


3. Cagar Alam Shale Creek, Amerika Serikat


Api abadi yang berada di air terjun
Walau terus terkena air, api tetap menyala


Api abadi ini berada pada air terjun di Cagar Alam Shale Creek di Taman Nasional Chestnut Ridge, Amerika Serikat. 

Sekali pun berada tepat di air terjun, api ini tidak pernah padam. Api ini menyala karena ada semburan gas alam pada celah batuan air terjun tersebut.

Menurut legenda, api ini dinyalakan oleh suku Indian. Namun para peneliti menduga bahwa api berasal dari batuan yang cukup panas sehingga memicu api abadi tersebut. Namun faktanya, tidak ada batu cukup panas yang mampu mengeluarkan gas.


4. Kota Murchison, Selandia Baru


Memanfaatkan api abadi untuk memasak

Seorang yang sedang berkemah memanfaatkan api abadi untuk memasak pan cake

Api abadi di Kota Murchison, Selandia Baru ini masih jarang diketahui oleh banyak wiasatawan. 

Api ini mulai muncul pada tahun 1920 ketika para pemburu duduk untuk beristirahat sambil merokok. 

Seorang pemburu melempar rokok dan membuang puntung rokok tepat pada sumber gas alam sehingga menyalakan gas tersebut. Cerita lain mengatakan bahwa gas sengaja di bakar oleh pemburu.

Api abadi yang di sebut "blow gas" oleh penduduk setempat akan padam saat terkena air hujan. Namun pada saat hujan reda, api akan kembali menyala.


5. Desa Larangan, Madura, Indonesia


Api abadi di Indonesia
Api abadi ini konon terkait dengan legenda Ki Moko

Api abadi ini berada di Desa Larangan Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura. 

Api ini akan terus menyala sekali pun di siram dengan api. Api tersebut kini menjadi objek wisata di Madura.

Tidak ada yang tahu asal muasal api ini. Namun terdapat legenda yang dipercaya warga tentang asal usul api tersebut. Yaitu legenda Kiai Moko, seorang sakti dan ternama di Madura. 

Penelitian pernah dilakukan untuk menemukan gas alam atau minyak, namun tidak pernah menemukan apa - apa.


6. Kayangan Api, Bojonegoro, Indonesia


Api abadi Bojonegoro

Api abadi yang ada sejak zaman Majapahit


Api abadi ini merupakan fenomena geologi alam berupa api yang tak kunjung padam sejak zaman Majapahit. 

Api ini berlokasi di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro. Api tersebut akan terlihat besar ketika sore atau malam hari.

Secara ilmiah, api tersebut muncul terkait dengan banyaknya sumber gas alam pada daerah tersebut. Namun berdasarkan juru kunci, Mbah Djuli, api tersebut muncul terkait legenda pembuat pusaka Kerajaan Majapahit yang bernama Mbah Kriyo Kusumo. 

Setelah bertahun - tahun membuat benda pusaka, Mbah Kriyo Kusumo yang kemudian dikenal sebagai Mpu Supo melakukan pertapaan ditengah hutan. 

Dia membawa api dan menyalakannya dibebatuan tempat ia bersemedi. Api itulah yang menyala hingga saat ini yang dikenal sebagai Kayangan Api.

Demikian informasi tentang beberapa api abadi di dunia termasuk di Indonesia. 

Tulisan tentang 6 api abadi di dunia ini dikumpulkan dari beberapa sumber referensi. Silahkan kunjungi referensi dibawah ini untuk membaca sumber asli.


Referensi :

  • http://travel.detik.com/read/2015/08/03/175500/2976562/1025/4/misteri-api-yang-tak-pernah-padam-dari-zaman-majapahit#menu_stop
  • https://travel.detik.com/read/2017/01/12/164656/3394432/1520/6/api-api-abadi-di-dunia-salah-satunya-ada-di-indonesia#menu_stop
  • http://news.liputan6.com/read/174489/api-abadi-dari-pulau-madura
  • http://bbc.co.uk

No comments:

Post a Comment