Laman

Apa yang harus di miliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

Ilustrasi pengusaha (sumber : habibhidayat.com)


Untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat dapat dilihat dari dua faktor utama yakni faktor intern dan faktor ekstern.

Yang dimaksud faktor intern yakni segala sesuatu yang ada di dalam diri seorang pengusaha semisal kreativitas, motivasi, kemampuan manajerial dan sebagainya. 

Sedangkan faktor ekstern merupakan faktor pendukung diluar yang ada dalam diri seorang pengusaha.

Berikut akan coba kita uraikan alternatif jawaban mengenai hal apa saja yang harus di miliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat.

Uraian dibawah ini merupakan jawaban sementara yang bisa dikembangkan lebih lanjut utamanya ditujukan bagi pelajar yang sedang mempelajari materi ini.

1. Faktor Intern


a. Kreatifitas dalam melakukan inovasi


Terlepas produk yang dihasilkan barang atau jasa, kreativitas dalam melakukan inovasi produk merupakan faktor utama yang harus dimiliki seorang pengusaha.

Dengan bekal kreativitas, ia mampu menciptakan produk berkualitas yang memberikan kebanggaan bagi pemiliknya. Selain berkualitas produk juga up to date seiring perkembangan zaman.

Dengan modal kreativitas, seorang pengusaha juga akan jeli dalam melihat selera konsumen. Begitu juga dalam melakukan pemasaran produk.

Jika produk sudah berkualitas, sesuai selera pasar, inovasi produk dilakukan terus menerus dan mampu memberikan kebanggaan bagi pemiliknya, dapat dipastikan produk tersebut akan disukai masyarakat.

b. Motivasi yang kuat (pantang menyerah)


Hal berikutnya yang harus miliki seorang pengusaha adalah tekad yang kuat dan pantang menyerah. Bukan hal mudah untuk bisa menjadikan produk disukai dan diterima masyarakat. 

Banyak tantangan dan hambatan yang mungkin nanti dihadapi. Namun sebagai seorang pengusaha, ia akan terus bangkit saat mengalami kegagalan dan melihat tantangan atau hambatan tersebut sebagai peluang.

c. Kemampuan membaca pasar


Bayangkan sebuah produk AC dijual pada masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan. Sekalipun produk tersebut berkualitas sangat baik, namun target pasar tidak tepat. Tentu saja produk menjadi tidak laku dan tidak disukai. Beda halnya jika produk AC dijual pada masyarakat yang tinggal di daerah tandus dan kering misalnya.

Dalam hal ini, seorang pengusaha harus memiliki kepekaan dalam melihat potensi pasar yang menjadi target produknya.

d. Keterampilan manajerial


Fokus utama dalam keterampilan manajerial yakni keterampilan melakukan perencanaan (planning), mengorganisasikan sumber daya (organizing), melaksanakan produksi (actuating), dan melakukan pengawasan (controlling) atas produksi yang dilakukan.

Keempat hal tersebut harus dijalankan sehingga produk yang hasilkan efektif dan efisien.

Selain keterampilan utama tersebut, masih banyak keterampilan manejerial lain yang harus dimiliki semisal keterampilan dalam melakukan analisis SWOT yakni keterampilan membaca kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada.

Keterampilan manjerial bisa dimiliki seseorang melalui pendidikan formal atau bisa juga dipelajari secara otodidak.

e. Keterampilan melakukan pemasaran


Keterampilan ini mutlak dimiliki seorang pengusaha jika ingin produknya disukai masyarakat. Keterampilan tersebut mulai dari bagaimana mengemas produk, mengenalkan produk (iklan), membuat paket promosi, hingga memberikan layanan purna jual.

Produk berkualitas dengan pemasaran yang buruk tidak akan laku dipasaran. Sebaliknya, produk buruk sekalipun dengan pemasaran yang baik, pasti laku dipasaran.

f. Penguasaan teknologi informasi


Penguasaan teknologi informasi ini dibutuhkan baik dalam proses produksi dan juga aktivitas pemasaran produk. Dengan berbekal teknologi informasi, banyak informasi yang bisa dimanfaatkan sebagai dasar dalam menentukan produk yang akan dihasilkan. Begitu juga dengan keberadaan media sosial atau platform situs/aplikasi lain bisa dimanfaatkan dalam melakukan pemasaran.

g. Keberanian melakukan spekulasi


Seorang pengusaha dalam merintis usahanya pasti tidak terlepas dari kegagalan. Namun, ini tidak boleh jadi hambatan dalam menciptakan sebuah produk. Gagal maka coba lagi.

Resiko kegagalan ini harus diambil jika ingin produknya bisa menembus pasar. Seorang pengusaha tidak boleh takut berspekulasi terkait produk yang nanti dihasilkan.


2. Faktor Ekstern


a. Modal pendukung


Modal disini diartikan sebagai sumber daya fisik semisal dukungan keuangan, tempat, dan berbagai faktor produksi lain. Modal yang cukup akan memudahkan dalam menghasilan produk yang diinginkan.

b. Lokasi strategis


Lokasi strategis memudahkan masyarakat dalam mengakses produk. Kemudahan ini akan berdampak juga pada biaya produksi sehingga harga produk bisa lebih terjangkau. Dengan kualitas baik dan harga terjangkau, maka dipastikan produk disukai masyarakat.

c. Relasi yang kuat


Seorang pengusaha tanpa modal sekalipun bisa menghasilkan produk jika memiliki relasi yang kuat. Dengan relasi yang kuat, akan memudahkan produk menembus pasar dengan biaya yang lebih rendah.

Contoh sederhana mengapa biaya pemasaran jadi lebih rendah yakni adanya pemasaran dari mulut ke mulut. Dan tentu saja ini bersifat gratis dibanding harus memasang iklan pada platform tertentu.

d. Jaringan pemasaran


Seperti halnya relasi yang kuat, jaringan pemasaran juga sangat diperlukan dalam memasarkan produk. Bedanya, jika relasi terbentuk secara alami, maka jaringan pemasaran bisa dibentuk sesuai tujuan pemasaran.

e. Fasilitas teknologi informasi


Selain keterampilan menggunakan teknologi informasi, dukungan secara fisik teknologi ini juga diperlukan. Promosi produk bisa dilakukan dengan memanfaatkan dukungan fasilitas teknologi informasi tersebut.

f. Faktor produksi yang berkualitas


Produk yang dihasilkan erat kaitannya dengan faktor produksi semisal bahan mentah yang baik dan tenaga kerja profesional. Kepemilikan faktor produksi berkualitas tentu sangat dibutuhkan untuk menghasilan produk yang nanti akan disukai masyarakat.


Demikian beberapa hal yang harus dimiliki seorang pengusaha agar produk yang dihasilkan disukai masyarakat.

Jawaban ini bersifat alternatif yang sengaja ditujukan untuk pelajar dalam menjawab pertanyaan apa yang harus di miliki seorang pengusaha agar produksi yang dihasilkan disukai masyarakat?

Silahkan lakukan penelusuran lebih lanjut pada mesin pencari untuk menemukan jawaban lain terkait pertanyaan tersebut.

Silahkan baca juga tulisan lain pada blog Jagoan Banten dibawah ini :


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment