Laman

Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Pada Setiap Jenjang Pendidikan (Bagian 1)



Jagoan Banten. Bagi yang ingin mengetahui perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013, maka tulisan ini bisa dijadikan jawaban atas rasa penasaran yang ada.

Secara umum perbedaan antara Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 terletak pada Kerangka Dasar, Kompetensi Yang Dituju, Struktur Kurikulum, Pembelajaran, Penilaian, Perangkat Ajar Yang Disediakan Pemerintah, dan Perangkat Kurikulum.

Silahkan cermati beberapa perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013 untuk setiap jenjang dibawah ini.

Beberapa perbedaan yang disajikan dibawah ini diambil dari laman Sistem Informasi Kurikulum Nasional Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. 

Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Pada PAUD


1. Perbedaan Kerangka Dasar


Kurikulum Merdeka :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum Merdeka adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.
  • Mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik.

Kurikulum 2013 :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan


2. Perbedaan Kompetensi Yang Dituju


Kurikulum Merdeka :

  • Capaian Pembelajaran (CP) untuk satu fase perkembangan anak usia dini, disebut sebagai Fase Fondasi
  • CP dinyatakan dalam paragraf yang merangkaikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mencapai, menguatkan, dan meningkatkan kompetensi anak usia dini dalam nilai agama dan moral, perkembangan dan identitas diri, serta kompetensi literasi, numerasi, sains, teknologi, rekayasa, dan seni.
  • CP diharapkan dapat dicapai di akhir layanan PAUD (usia 5-6 tahun)

Kurikulum 2013 :

  • Kompetensi Dasar (KD) yang berupa lingkup dan urutan (scope and sequence) yang dikelompokkan pada empat Kompetensi Inti (KI) yaitu: Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan
  • KD disusun dari 6 aspek perkembangan, dinyatakan dalam bentuk point-point dan diurutkan, merupakan gambaran pencapaian STPPA di akhir layanan PAUD usia 6 tahun

3. Perbedaan Struktur Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan. Untuk TK B ada penambahan menjadi 35700 menit/tahun. Perkiraan per minggu 1050 menit, penambahan 150 menit dari K13
  • Pembelajaran dengan projek tidak terpisah jamnya dengan intrakurikuler

Kurikulum 2013 :

  • Jam Pelajaran (JP) diatur 900 menit per minggu.
  • Satuan PAUD untuk kelompok usia 4-6 tahun yang tidak dapat melakukan pembelajaran 900 menit per minggu wajib melaksanakan pembelajaran 540 menit dan ditambah 360 menit pengasuhan terprogram

4. Perbedaan Pembelajaran


Kurikulum Merdeka :

  • Bermain-belajar. Pembelajaran anak usia dini berpusat pada anak.
  • Kegiatan berbasis buku bacaan anak untuk menguatkan kompetensi literasi
  • Orientasi pembelajaran untuk mencapai well-being anak, dengan Capaian Pembelajaran sebagai acuan dan memperhatikan aspek perkembangan
  • Penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
  • Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran.
  • Tidak ada alur untuk tujuan pembelajaran

Kurikulum 2013 :

  • Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik.
  • Menggunakan prinsip pembelajaran anak usia dini:
    • Belajar melalui bermain Anak di bawah usia 6 tahun berada pada masa bermain.
    • Berorientasi pada perkembangan anak.
    • Berorientasi pada kebutuhan anak
    • Berpusat pada anak.
    • Pembelajaran aktif
    • Berorientasi pada pengembangan nilai-nilai karakter
    • Berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup
    • Didukung oleh lingkungan yang kondusif
    • Berorientasi pada pembelajaran yang demokratis
    • Pemanfaatan media belajar, sumber belajar, dan narasumber

5. Perbedaan Penilaian


Kurikulum Merdeka :

  • Tidak ada pemisahan antara penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Teknik dan waktu pelaksanaan asesmen ditentukan oleh guru.
  • Teknik asesmen dan instrumen diantaranya:
    • Observasi
    • Catatan anekdot
    • Foto berseri
    • Checklist
    • Portofolio
    • Teknik dan instrumen lain yang dapat dimodifikasi sekolah
  • Pelaporan tertulis ke orang tua minimal 6 bulan sekali, yang berisi deskripsi kemajuan Capaian Pembelajaran anak, dan laporan atau komunikasi lisan dengan orang tua dapat dilakukan kapan saja

Kurikulum 2013 :

  • Teknik dan instrumen penilaian:
    • Pengamatan atau observasi 
    • Percakapan 
    • Penugasan 
    • Unjuk kerja 
    • Penilaian hasil karya 
    • Pencatatan anekdot
    •  Portofolio
  • Catatan penilaian proses dan hasil belajar perkembangan anak dimasukkan ke dalam format rangkuman penilaian mingguan atau bulanan untuk dibuat kesimpulan sebagai dasar laporan perkembangan anak kepada orang tua.
  • Pelaporan adalah kegiatan mengomunikasikan hasil penilaian tentang tingkat pencapaian perkembangan anak 
  • Bentuk pelaporan berupa deskripsi pertumbuhan fisik dan perkembangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak yang dilaporkan kepada orang tua dilengkapi dengan lampiran hasil portofolio.
  • Teknik pelaporan dilakukan dengan cara bertatap mukaPelaporan secara tertulis diberikan kepada orang tua minimal sekali untuk setiap 6 bulan, sedangkan pelaporan secara lisan dapat diberikan sesuai kebutuhan.

6. Perbedaan Perangkat Ajar Yang Disediakan Pemerintah


Kurikulum Merdeka:

  • Buku panduan pendidik PAUD:
    • Panduan Pengembangan Pembelajaran
    • Panduan Pengembangan Pembelajaran elemen CP Nilai Agama dan Budi Pekerti
    • Panduan Pengembangan Pembelajaran elemen CP Jati Diri
    • Panduan Pengembangan Pembelajaran elemen CP Dasar-dasar Literasi dan STEAM
    • Panduan Bermain Berbasis Buku
    • Panduan Contoh Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
    • Panduan Penyusunan Laporan Capaian Pembelajaran
  • Contoh-contoh Tujuan Pembelajaran ada di tiap buku panduan pendidik
  • Modul ajar: https://drive.google.com/drive/folders/1hZp_jS80rKtn3bb1hr0wrEIVAUBDMxa-

Kurikulum 2013 :

  • Buku Panduan Pendidik PAUD untuk anak usia 4-5 Tahun
  • Buku Panduan Pendidik PAUD untuk anak usia 5-6 tahun model buku PAUD

7. Perbedaan Perangkat Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Panduan pengembangan kurikulum operasional sekolah
  • Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • Panduan pendidikan khusus

Kurikulum 2013 :

  • Buku kerangka dasar PAUD
  • Buku pedoman pengelolaan kelas
  • Buku pedoman pengembangan tema pembelajaran
  • Buku pedoman penilaian pembelajaran
  • Buku pedoman penyusunan SOP
  • Buku Pedoman apa mengapa kurikulum 2013
  • Buku pedoman penanaman sikap
  • Buku pedoman pengelolaan pembelajaran
  • Buku pedoman penyusunan kurukulum KTSP PAUD


Perbedaan Kurikulum Merdeka Dengan Kurikulum 2013 Jenjang SD/SDLB/MI


1. Perbedaan Kerangka Dasar


Kurikulum Merdeka :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum Merdeka adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.
  • Mengembangkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik

Kurikulum 2013 :

  • Rancangan landasan utama Kurikulum 2013 adalah tujuan Sistem Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan

2. Perbedaan Kompetensi Yang Dituju


Kurikulum Merdeka :

  • Capaian pembelajaran yang disusun per fase
  • Capaian Pembelajaran dinyatakan dalam paragraf yang merangkaikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mencapai, menguatkan, dan meningkatkan kompetensi SD/sederajat terdiri dari:
    • Fase A (umumnya setara dengan kelas I dan II SD)
    • Fase B (umumnya setara dengan kelas III dan IV SD), dan 
    • Fase C (umumnya setara dengan kelas V dan VI SD)

Kurikulum 2013 :

  • Kompetensi Dasar (KD) yang berupa lingkup dan urutan (scope and sequence) yang dikelompokkan pada empat Kompetensi Inti (KI) yaitu: Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan, dan Keterampilan
  • KD dinyatakan dalam bentuk point-point dan diurutkan untuk mencapai KI yang diorganisasikan pertahun
  • KD pada KI 1 dan KI 2 hanya terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan


3. Perbedaan Struktur Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Struktur kurikulum dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan pembelajaran utama, yaitu:
    • pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler; dan
    • projek penguatan profil pelajar Pancasila.
  • Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan
  • Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi
  • Mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) merupakan paduan dari IPA dan IPS
  • Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran pilihan, tergantung kesiapan satuan pendidikan
  • Satuan pendidikan atau peserta didik dapat memilih sekurang-kurangnya satu dari empat mata pelajaran Seni dan Budaya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari

Kurikulum 2013 :

  • Jam Pelajaran (JP) diatur per minggu. Satuan mengatur alokasi waktu pembelajaran secara rutin setiap minggu dalam setiap semester, sehingga pada setiap semester peserta didik akan mendapatkan nilai hasil belajar setiap mata pelajaran.
  • Satuan pendidikan diarahkan menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis tematik integratif.


4.  Perbedaan Pembelajaran


Kurikulum Merdeka :

  • Menguatkan pembelajaran terdiferensiasi sesuai tahap capaian peserta didik
  • Paduan antara pembelajaran intrakurikuler (sekitar 70-80% dari jam pelajaran) dan kokurikuler melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila (sekitar 20-30% jam pelajaran)

Kurikulum 2013 :

  • Pendekatan pembelajaran menggunakan satu pendekatan yaitu pendekatan saintifik untuk semua mata pelajaran
  • Pada umumnya, pembelajaran terfokus hanya pada intrakurikuler (tatap muka), untuk kokurikuler dialokasikan beban belajar maksimum 50% diluar jam tatap muka, tetapi tidak diwajibkan dalam bentuk kegiatan yang direncanakan secara khusus, sehingga pada umumnya diserahkan kepada kreativitas guru pengampu


5. Perbedaan Penilaian


Kurikulum Merdeka :

  • Penguatan pada asesmen formatif dan penggunaan hasil asesmen untuk merancang pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik
  • Menguatkan pelaksanaan penilaian autentik terutama dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila
  • Tidak ada pemisahan antara penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Kurikulum 2013 :

  • Penilaian formatif dan sumatif oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan
  • Menguatkan pelaksanaan penilaian autentik pada setiap mata pelajaran
  • Penilaian dibagi menjadi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan

6. Perbedaan Perangkat Ajar Yang Disediakan Pemerintah


Kurikulum Merdeka:

  • Buku teks dan buku non-teks
  • Contoh-contoh modul ajar, alur tujuan pembelajaran, contoh projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh kurikulum operasional satuan pendidikan

Kurikulum 2013 :

  • Buku teks dan buku non-teks

7. Perbedaan Perangkat Kurikulum


Kurikulum Merdeka :

  • Panduan Pembelajaran dan Asesmen, panduan pengembangan kurikulum operasional sekolah, panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila, panduan pelaksanaan pendidikan inklusif, panduan penyusunan program pembelajaran individual, modul layanan bimbingan konseling

Kurikulum 2013 :

Pedoman implementasi kurikulum, Panduan Penilaian, dan Panduan Pembelajaran setiap jenjang


Untuk membaca perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013 untuk Jenjang SMP dan SMA silahkan klik link dibawah ini :

1 comment:

  1. Salam kenal pak. Dari Banten juga. Teruss berkarya pak guru

    ReplyDelete