Bangsat!!


Selain kata "anjing!" kata "bangsat" sering kali keluar saat melepaskan tekanan emosi baik terhadap seseorang atau untuk suatu masalah yang sangat menyebalkan. 

Keluarga saya sejak kecil melarang keras penggunaan kata - kata kasar seperti "bangsat" atau sejenisnya karena menurut mereka itu identik dengan orang yang tidak tahu sopan santun. Kata-kata tersebut terlarang untuk diucapkan. 

Lalu sebenarnya apa arti kata bangsat? Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata bangsat berarti 1. Kepinding, kutu busuk; 2. Orang bertabiat jahat (terutama yang suka mencuri, mencopet dan sebagainya).

Bangsat atau kutu busuk

Bangsat awalnya menunjukan nama hewan kepinding atau kutu busuk atau tumbila. Nah, kata ini kemudian mengalami pergeseran yakni disematkan pada manusia yang memiliki tabiat seperti kutu busuk. 

Kutu busuk atau bangsat merupakan jenis serangga parasit dari keluarga Cimicidae. Bangsat suka tinggal tinggal pada celah-celah / lipatan semisal tempat tidur, kursi, bantal dan sebagainya. 

Bangsat menyukai darah sebagai makanannya. Bangsat akan mengisap darah manusia pada saat tidur tanpa disadari oleh korbannya. Biasanya baru disadari korban dipagi hari dengan melihat kondisi ruam pada kulit, bentol dan terasa gatal.

Sifat kutu busuk atau bangsat seperti ini identik dengan sifat pencuri yang tanpa disadari korban mengambil barang miliknya. Maka kata bangsat disematkan pada para pencuri. 

Lebih lanjut bangsat mengalami perluasan makna tidak hanya sebutan kepada pencuri, tapi juga sebutan mereka yang bertabiat jahat. 

Bangsat kemudian berkembang menjadi kata makian saat seseorang dirundung masalah ngjlimet atau dihadapkan pada suatu yang sulit. 

Saya menduga asal kata bangsat yang berarti kutu busuk sudah jarang yang diketahui terutama generasi z. Mereka cenderung memaknai kata bangsat sebagai kata makian untuk sesuatu yang buruk.

Apa bahasa Inggris dari kata bangsat? 

Saya coba gunakan Google translate untuk menjawab ini. Dan hasilnya "bangsat" = "fuck". Padahal bahasa Inggris dari kutu busuk yakni rotten fleas.

Artinya kata bangsat yang berarti kutu busuk benar-benar sudah bergeser menjadi sebuah kata makian karena diterjemahkan dengan kata "fuck". 

Kata bangsat merupakan kata yang paling banyak dicari di Google trend dan trend kata bangsat cukup stabil tidak pernah menyentuh grafik dasar dalam pencarian. 


Mengapa banyak yang melakukan pencarian dengan topik bangsat? 

Jawaban sementara yakni mereka ingin mengungkapkan kekesalan dengan kata-kata "bangsat" atau mencari gambar bertuliskan bangsat untuk kemudian di upload pada media sosial. 

Hal ini bertujuan menunjukan perasaan kekecewaan atau kekesalan yang mendalam yang ditujukan pada seseorang atau pada suatu peristiwa sehingga orang lain tahu apa yang sedang ia rasa. 

Kata bangsat ternyata juga menginspirasi pembuat aplikasi untuk Android dengan memberi nama aplikasi mereka dengan bangsat atau bgst. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bertugas melakukan kloning suatu aplikasi lain yang dikehendaki. 

Silahkan lakukan pencarian google untuk menemukan aplikasi Bangsat.

Bagaimana reaksi kita jika ada seseorang berkata "bangsat" dengan nada tinggi pada kita?

Jika ini terjadi, saya yakin mereka yang mendengar kata bangsat tersebut akan terpancing emosinya karena kata bangsat identik dengan kata makian. 

Bangsat merupakan kata yang bersifat relatif. Tergantung konteks kata ini diucapkan. Bangsat bisa berarti netral bisa juga bersifat emosional seperti halnya kata anjing.

Jika di Indonesia yang mayoritas muslim, tidak akan senang disebut anjing karena identik dengan hewan yang najis dan kotor. 

Beda halnya dinegara barat, mereka tidak akan marah disebut anjing karena bagi mereka anjing merupakan hewan yang setia dan penurut.

Jika sedang mencari gambar berisi kata bangsat, berikut ini saya sisipkan beberapa gambar tersebut di bawah ini.









Jika tidak suka dengan tulisan ini, silahkan katakan bangsat. Saya tidak akan marah karena saya memaknai kata bangsat sebagai kata yang netral. 

Emang bangsat!

Warning :

Efek samping yang timbul dari tulisan ini diluar tanggungjawab penulis. 

#bangsat

No comments:

Post a Comment