Contoh Flora Dan Fauna Yang Dibatasi Garis Weber dan Garis Wallace

Garis Wallace dan Garis Weber


Jagoan Banten. Garis Wallace adalah garis khayal yang memisahkan persebaran flora dan fauna di Indonesia menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Oriental dan wilayah Australis. Garis Wallace ditarik dari Selat Lombok di bagian barat hingga Selat Banda di bagian timur.

Penemu garis Wallace adalah Alfred Russel Wallace. Wallace adalah seorang naturalis, penjelajah, dan ahli geografi berkebangsaan Inggris. Wallace pertama kali memperkenalkan garis Wallace pada tahun 1859. 

Garis Wallace merupakan sebuah hipotesis yang diajukan oleh Wallace untuk menetapkan garis pemisah antara fauna Asia dan Australia.

Berikut adalah beberapa contoh flora dan fauna yang dibatasi oleh garis Wallace:

  • Wilayah Oriental: gajah, badak, harimau, orangutan, monyet, burung elang, burung merak, dan pohon kelapa.
  • Wilayah Australis: kanguru, koala, walabi, kasuari, burung cendrawasih, dan pohon eukaliptus.

Garis Weber adalah garis khayal yang memisahkan persebaran flora dan fauna di Indonesia menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah Oriental, wilayah Australis, dan wilayah peralihan. 

Garis Weber ditarik dari Selat Lombok di bagian barat hingga Kepulauan Tanimbar di bagian timur.

Penemu garis Weber adalah Max Wilhelm Carl Weber, seorang zoologis berkebangsaan Jerman. Weber pertama kali memperkenalkan garis Weber pada tahun 1902. 

Garis Weber merupakan sebuah garis khayal yang membagi persebaran fauna di Indonesia menjadi tiga wilayah, yaitu wilayah Oriental, wilayah Australis, dan wilayah peralihan.

Berikut adalah beberapa contoh flora dan fauna yang dibatasi oleh garis Weber:

  • Wilayah Oriental: gajah, badak, harimau, orangutan, monyet, burung elang, burung merak, dan pohon kelapa.
  • Wilayah Australis: kanguru, koala, walabi, kasuari, burung cendrawasih, dan pohon eukaliptus.
  • Wilayah peralihan: babi rusa, anoa, komodo, burung kakatua, burung maleo, dan pohon durian.

Garis Wallace dan garis Weber merupakan garis khayal yang dibuat berdasarkan perbedaan jenis flora dan fauna di Indonesia. Perbedaan jenis flora dan fauna ini disebabkan oleh perbedaan sejarah geologis dan iklim di Indonesia.


Mana Yang Lebih Baik, Garis Weber atau Garis Wallace?


Garis Weber lebih baik dalam memisahkan wilayah persebaran fauna di Indonesia daripada garis Wallace. Hal ini karena garis Weber memperhitungkan faktor sejarah geologis dan iklim, sedangkan garis Wallace hanya memperhitungkan faktor sejarah geologis.

Karena memperhitungkan faktor sejarah geologis dan iklim, garis Weber lebih akurat dalam menggambarkan perbedaan jenis fauna di Indonesia dibanding garis Wallace.


Sumber : 
Tulisan ini merupakan hasil percakapan dengan program AI Google mengenai Garis Wallace dan Weber. Silahkan gunakan untuk memenuhi tugas yang diberikan guru di sekolah.

2 comments:

  1. Terima kasih atas informasi lengkap tentang flora dan fauna yang dibatasi ini! Sangat membantu untuk meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya pelestarian alam.https://telkomuniversity.ac.id/i-roasterbik-integrasikan-mesin-pembuat-kopi-dengan-smartphone/

    ReplyDelete