Racun Kalajengking Untuk Pengobatan Rematik

Dalam beranda browser yang saya gunakan, ada salah satu judul tulisan yang cukup menarik bagi saya. Disebutkan bahwa Jokowi membagikan tips untuk cepat kaya dengan cara menjual racun kalajengking. Pada isi tulisan disebutkan bahwa harga perliter racun kalajengking bisa mencapai harga Rp 145 milyar. Tentu nilai tersebut bukan angka yang kecil. Tapi bagaimana bisa racun kalajengking bisa mencapai harga yang fantastis? 


Ternyata harga fantastis tersebut terkait manfaat racun kalajengking bagi kesehatan. Para peneliti menemukan bahwa senyawa alami yang terdapat pada racun kalajengking berfungsi sebagai pengurang rasa sakit. 

Selanjutnya manfaat racun kalajengking bisa juga dimanfaatkan dalam memerangi penyakit kanker seperti hasil penelitian yang dilakukan pada Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson, Universitas Washington serta startup Blaze Bioscience yang memanfaatkan racun kalajengking sebagai pengobatan kanker. 

Selain kanker, ternyata racun kalajengking juga bisa bermanfaat untuk pengobatan penyakit tulang dan juga malaria. 

Karena penasaran, saya coba cari beberapa referensi lain dari situs internasional. Salah satu tulisan yang cukup menarik dari beberapa tulisan yang saya baca terkait racun kalajengking yaitu tentang kemampuan racun kalajengking dalam mengobati penyakit rhematoid arthritis yaitu peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak dan kaku pada persendian misalnya sendi kaki dan tangan - kebanyakan kita menyebutnya penyakit rematik - walau sebenarnya jenis rematik itu banyak macamnya.

Berikut kutipan tulisan tentang kemampuan racun kalajengking dalam memerangi penyakit rhematoid arthtitis :

"Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun - satu di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Dalam hal ini, itu mempengaruhi sendi," kata Beeton, profesor psikologi molekuler dan biofisika dan anggota Dan L Duncan Comprehensive Cancer Center di Baylor College of Medicine. "Sel-sel yang disebut fibroblast-like synoviocytes (FLS) memainkan peran utama dalam penyakit. Ketika mereka tumbuh dan bergerak dari sendi ke sendi, mereka mengeluarkan produk-produk yang merusak sendi dan menarik sel-sel kekebalan yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Ketika kerusakan berlanjut, sendi menjadi membesar dan tidak bisa bergerak. "

Perawatan saat ini menargetkan sel-sel kekebalan yang terlibat dalam penyakit dan tidak ada yang spesifik untuk FLS. Beeton dan rekan-rekannya mempelajari FLS mencari 'Achilles' tumit 'yang akan memungkinkan mereka untuk mencegah atau menghentikan mereka merusak sendi.

"Dalam pekerjaan sebelumnya, kami mengidentifikasi saluran kalium pada FLS pasien dengan rheumatoid arthritis dan menemukan bahwa saluran itu sangat penting untuk perkembangan penyakit," kata Beeton. "Kami ingin menemukan cara untuk memblokir saluran untuk menghentikan sel-sel yang merusak persendian."

Saluran potassium bekerja dengan membuka gerbang pada permukaan sel yang memungkinkan ion kalium - atom bermuatan kecil - mengalir masuk dan keluar dari sel. Aliran ion melalui saluran diperlukan bagi sel untuk melakukan banyak fungsi penting mereka. Hewan seperti kalajengking memiliki racun yang menghalangi kalium dan saluran ion lainnya. Mereka menggunakan racun untuk melumpuhkan dan membunuh mangsa. Dekade yang lalu, para ilmuwan menemukan ini dan menyadari bahwa, jika ditangani dengan benar, racun juga mungkin memiliki aplikasi obat.

"Racun kalajengking memiliki ratusan komponen yang berbeda. Salah satu komponen dalam racun kalajengking yang disebut Buthus tamulus secara khusus menghalangi saluran kalium FLS dan bukan saluran di sel lain seperti pada sistem saraf," kata penulis pertama Dr. Mark Tanner, seorang mahasiswa pascasarjana di laboratorium Beeton selama pengembangan proyek ini. "Di sini, kami menyelidiki apakah komponen racun ini, yang disebut iberiotoxin, akan mampu secara khusus memblokir saluran kalium FLS dan mengurangi keparahan rheumatoid arthritis pada tikus percobaan."

Ketika para peneliti memperlakukan model tikus dari penyakit dengan iberiotoxin, mereka menghentikan perkembangan penyakit. Dalam beberapa kasus mereka membalik tanda-tanda penyakit yang mapan, yang berarti bahwa hewan memiliki mobilitas sendi yang lebih baik dan lebih sedikit peradangan di persendian mereka. Selain itu, pengobatan dengan iberiotoxin tidak menimbulkan efek samping, seperti tremor dan inkontinensia, diamati ketika merawat dengan blocker saluran lain yang disebut paxilline.

"Sangat menarik untuk melihat bahwa iberiotoxin sangat spesifik untuk saluran kalium di FLS dan sepertinya tidak mempengaruhi saluran pada tipe sel lain, yang mungkin menjelaskan kurangnya tremor dan inkontinensia," kata Tanner.

"Meskipun hasil ini menjanjikan, masih banyak penelitian yang harus dilakukan sebelum kita dapat menggunakan komponen racun kalajengking untuk mengobati rheumatoid arthritis," kata Beeton. "Kami berpikir bahwa komponen racun ini, iberiotoxin, dapat menjadi dasar untuk mengembangkan pengobatan baru untuk rheumatoid arthritis di masa depan."

Dari tulisan tersebut diketahui bahwa senyawa racun kalajengking berupa buthus tamulus secara efektif mengurangi penyakit rhematoid arthritis walau penggunaannya masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Walau banyak istilah - istilah yang cukup asing saat membaca tulisan tersebut, setidaknya sekarang saya tahu bahwa racun kalajengking memiliki manfaat yang luar biasa dan wajar jika memiliki harga yang fantastis. 

Semoga bermanfaat...


Referensi :


No comments:

Post a Comment