Daftar Gunung Tertinggi Di Tiap Benua

Jika ada pertanyaan "Apakah nama gunung tertinggi di setiap benua?" atau "Sebutkan nama gunung tertinggi di setiap benua!", maka tulisan tentang Daftar Gunung tertinggi Di Tiap Benua ini mungkin bisa membantu. Berikut akan disajikan daftar gunung - gunung yang menduduki peringkat pertama dalam hal ketinggian di masing - masing benua.

1. Benua Asia - Mount Everest (8.850 mdpl)
Sumber : toughtco.com
Mount Everest adalah gunung tertinggi dan paling terkenal di dunia dengan ketinggian 29.035 kaki (8.850 meter). Gunung ini terletak di perbatasan Nepal dan Tibet / Cina. Pendakian pertama yang sukses dilakukan oleh Sir Edmund Hillary dari Selandia Baru dan Tenzing Norgay dari Nepal pada 29 Mei 1953.


Mount Everest yang disebut Puncak XV setelah survei yang dilakukan oleh Great Trigonometric Survey of India, dari Inggris pada tahun 1856. Gunung ini disebut juga Chomolungma yang berarti "Dewi Bunda Salju" atau secara harfiah "Bunda Suci" dalam bahasa Tibet. Orang Nepal menyebut gunung ini dengan "Sagarmatha" yang berarti "Bunda Alam Semesta". Bagi penduduk asli Tibet dan Nepal, Mount Everest dianggap suci. 

Mount Everest dinyatakan sebagai gunung tertinggi di dunia yaitu pada tahun 1856 setelah peneliti Inggris Andrew Waugh menghitung ketinggian gunung selama beberapa tahun  data dari Great Trigonometric Survey. 

2. Benua Afrika - Kilimanjaro (5.895 mdpl)
Sumber : Djafa.org
Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di Afrika dan tertinggi keempat dibanding gunung tertinggi di benua lainnya. Kilimanjaro berada di negara Tanzania, Afrika Timur. Pendakian pertama yang sukses dilakukan oleh Hans Meyer (Jerman), Yoanas Kinyala Lauwo (Tanzania), dan Ludwig Purtscheller (Austria) pada 5 Oktober 1889. 

Arti dan asal nama Kilimanjaro sendiri tidak diketahui. Nama ini dianggap sebagai kombinasi dari kata Swahili Kilima , yang berarti "gunung," dan kata KiChagga Njaro , yang diterjemahkan secara bebas sebagai "putih". Dengan demikian Kilimanjaro diartikan sebagai Gunung Putih. 


3. Benua Amerika Utara - Denali AKA Mount McKinley (6168 mdpl)
Sumber : Encyclopedia Britannica
Denali, sebelumnya dikenal sebagai Gunung McKinley, merupakan gunung tertinggi di Amerika Utara, Amerika Serikat, dan Alaska. Denali dengan ketinggian 20.237 kaki (6.144 meter). Gunung ini juga menjadi gunung paling  tinggi ketiga di dunia setelah Mount Everst dan Aconcagua. 

Gunung yang belokasi di Alaska Range, Alaska, Amerika Serikat ini pertama kali didaki dari puncak selatan oleh Harry Karstens, Walter Harper dan Robert Tatum, 7 Juni 1913. Sedangkanm pendakian pertama dari arah utara dilakukan oleh sekelompok penambang Sourdough, 3 April 1910.

Denali yang berarti "The High One," memiliki nama asli Athabascan. Kemudian berganti nama menjadi Mount McKinley untuk menghargai jasa calon presiden William McKinley karena memperjuangkan standar emas daripada perak. Kemudian pada tahun 1975 oleh negara bagian Alaska  nama Gunung McKinley diubah menjadi Denali. 

4. Benua Amerika Selatan - Aconcagua (6962 mdpl)
Sumber : Andes Vertical
Aconcagua merupakan gunung tertinggi ke dua di dunia setelah Mount Everest. Gunung ini berlokasi di Andes, Argentina. Pertama kali di daki oleh pendaki Swiss Matthias Zurbriggen secara solo pada 1897.

Asal usul nama Aconcagua tidak diketahui. Nama ini mungkin berasal dari kata Aconca Hue, kata Arauca yang berarti "Datang dari Sisi Lain" dan mengacu pada Sungai Aconcagua atau dari Ackon Cahuak , kata-kata Quechuan yangberarti "Batu Sentinel." Frasa Quechuan serupa adalah Ancho Cahuac atau "White Sentinel."


5. Benua Antartika - Vinson Massif (4.892 mdpl)
Sumber : Riverview Science - PBworks
Gunung Vinson adalah gunung tertinggi di benua Antartika dan keenam tertinggi dibandingkan gunung tertinggi di benua lainnya. Gunung yang memiliki ketinggian 16.050 kaki (4.892 meter) ini terletak di Sentinel Range, Ellsworth Mountains, Antartika. Pendakian pertama Gunung Vinson oleh Barry Corbet, John Evans, Bill Long, dan Pete Schoening, bagian dari ekspedisi Amerika sebanyak 10 orang, pada 17 Desember 1966.

6. Benua Eropa - Elbrus (5.642 mdpl)
Sumber : Russia Beyond
Gunung Elbrus merupakan gunung tertinggi di Rusia, juga merupakan gunung tertinggi di Pegunungan Kaukasus di Rusia selatan dekat perbatasan dengan Georgia. 

Gunung Elbrus terletak di garis pemisah geografis antara Eropa dan Asia, tetapi kebanyakan ahli geografi menganggapnya sebagai gunung tertinggi di Eropa. Gunung Elbrus dan Pegunungan Kaukasus juga membagi Rusia dari Timur Tengah ke selatan.

Pendakian Pertama Elbrus dilakukan pada 1874 oleh Florence Crauford Grove, Frederick Gardner, Horace Walker, Peter Knubel, dan Ahiya Sottaiev (pemandu)

7. Benua Australia - Kosciusko (2.228 mdpl)
Sumber : Mountain Forcast
Koscisuko terletak di Jajaran Utama New South Wales tepatnya  di Taman Nasional Kosciuszko, yang merupakan bagian dari Taman Nasional dan Cagar Alam Alpen Australia. Ini adalah gunung tertinggi di benua Australia, tetapi itu bukan gunung tertinggi di wilayah Australia. Terdapat gunung lain yang lebih tinggi milik Australia walau letaknya bukan di daratan benua Australia. Adalah Mawson Peak di Heard Island — sebuah wilayah Australia di Samudera Hindia dekat Antartika. Terletak di antara Australia dan Afrika, Mawson Peak yang tertutup salju adalah gunung tertinggi di negara bagian dan teritori manapun di Australia. Mawson Peak adalah gunung berapi dengan ketinggian 9.006 kaki (2.745 meter) atau lebih tinggi dari Kosciusko.*

*Tulisan diatas diintisarikan dari situs thoughtco.com, untuk melihat tulisan asli silahkan kunjungi https://www.thoughtco.com/the-seven-summits-755900 (diakses pada 19/07/2018)
*Gambar diambil dari pencarian google.com



No comments:

Post a Comment