Amazing, Harga Tokek Ekor Cabang Dua Ratusan Juta Rupiah

Tulisan ini bermula dari tayangan iklan dalam aplikasi olx.co.id. Iseng - iseng mencari harga tokek melalui situs tersebut. Ternyata harga tokek yang dianggap unik harganya bisa mencapai ratusan juta. Salah satu yang unik dari tokek yaitu memiliki ekor bercabang dua. Berikut iklan yang saya lihat di olx.


Melihat iklan tersebut, saya pun terinspirasi. Pasalnya dirumah saya, terdapat seekor tokek yang juga memiliki ekor cabang dua. Saya temukan tokek ini berkeliaran di sekitar rumah saya beberapa bulan yang lalu. Sampai saat ini pun masih ada. Dan terkadang suka turun ke dinding rumah atau belakang lemari. Gambar di bawah ini saat tokek tersebut turun ke dinding rumah saya.
Tokek turun ke bawah

Bersembunyi di balik gorden
Namun ada hal yang menurut saya tidak masuk akal. Mana mungkin seekor hewan seperti tokek memiliki harga bisa jutaan rupiah bahkan ratusan juta. Setelah coba seraching di google, konon terdapat beberapa keistimewaan tokek. Tokek yang berukuran besar lebih dari 3 ons dipercaya organ tertentu seperti lidah, empedu dan organ lainnya dapat dijadikan obat alternatif untuk penyembuhan penyakit HIV AIDS yang mematikan. Maka tidak mustahil jika seseorang mau membayar tinggi obat yang dianggap bisa menyelamatkan jiwanya. Maka tokek yang berukuran 3 ons ke atas memiliki harga yang fantasis. 

Lalu apa istimewanya tokek berekor cabang dua? Dalam sebuah blog (tokekbatu.wordpress.com) disebutkan bahwa tokek ekor cabang bagi sebagian orang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan kemenangan. Namun untuk menemukan tokek jenis ini agak jarang atau bahkan sulit ditemukan, maka harganya sangat mahal. 

Tokek ekor cabang  sendiri banyak macam atau jenisnya mulai dari cabang dua sampai cabang empat. Untuk tokek ekor cabang dua juga memiliki berbagai variasi, ada cabang dua sama besar, cabang dua besar sebelah, cabang dua yang satu menghadap ke atas (cagak langit), cabang dua  yang satu menghadap ke bawah dan lain  - lain.

Dari beberapa macam variasi tersebut, masing - masing memiliki sebutan sendiri - sendiri, ada yang disebut ekor duyung, ekor cagak langit, ekor tusuk bumi, ekor belah dan lain - lain. Masing - masing variasi memiliki khasiat tersendiri. Ada yang dipercaya sebagai pembawa ketenangan, pembawa keberuntungan, pembawa kemenangan dan lain - lain.


Untuk tokek yang ada di rumah saya sendiri, kira - kira itu termasuk ke dalam tokek ekor cabang cagak langit. Tokek jenis ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan secara finansial juga membawa kemenangan. Benar atau tidak anggapan ini, saya sendiri belum dapat memastikan. Hanya saja, melihat begitu tingginya harga tokek jenis ini, sepintas saya ingin menjualnya. Tapi saya ragu jika ada yang mau membeli dengan harga yang tinggi. Setahu saya, bisnis seperti ini bisnis abal - abal dan penuh mafia. Jadi saya ambil kesimpulan untuk membiarkan tokek tersebut berkeliaran bebas di rumah saya. Jangankan ratusan juta, puluhan juta aja belum tentu ada yang berani beli.

Menurut saya, bisnis jual beli tokek dan hal - hal mistis lainnya itu hanya bisnis harapan. Menjual harapan untuk mendapat sejumlah uang yang besar, namun jauh dari kenyataan. Selebihnya para mafia memanfaatkan celah dalam proses, mereka mendapatkan keuntungan. Secara pasti ada yang berhasil mendapatkan keuntungan berlimpah dari bisnis seperti itu, saya belum pernah dengar atau melihat. Tapi mereka yang tertipu, sudah sering saya dengar. 

Jadi apa yang ingin saya bagi dalam tulisan ini, yaitu kita harus berpikir lebih kritis terhadap fenomena seperti ini. Jangan sampai banyak yang terjebak dengan bisnis hal - hal gaib. Mungkin saja saya akan berubah pikiran jika tokek di rumah saya laku Rp 200 juta. Tapi apa mungkin? Rasa - rasanya jauh panggang dari api haha...

Allahualam .... :-)





8 comments: