Daftar Negara, Bahasa, Agama dan Contoh Karya Seni Di Benua Asia


Ilustrasi tarian di Asia

Sebagai benua terbesar di dunia, Asia merupakan benua dengan kebudayaan yang beragam. Setiap negara memiliki ciri khas masing - masing semisal terkait dengan agama mayoritas, bahasa, atau karya seni yang di hasilkan. 

Berikut akan disajikan daftar nama - nama negara di Asia dilengkapi dengan bahasa resmi, agama mayoritas dan contoh karya seni yang dihasilkan. 

Agama yang di tulis daftar di bawah adalah agama mayoritas dan tidak menuliskan semua agama yang terdapat di negara bersangkutan. 

Demikian juga dengan contoh karya seni hanya menyajikan beberàpa contoh saja.

Daftar nama negara, bahasa, agama dan contoh karya seni negara - negara di Asia ini dikumpulkan dari berbagai sumber dari berbagai situs internet untuk digunakan bagi siapapun yang membutuhkannya terutama para pelajar terkait dalam penyelesaian tugas di sekolah. 

Silahkann amati tabel di bawah ini untuk melihat secara lengkap: 

Tabel Daftar Negara, Bahasa, Agama dan Contoh Karya Seni di Benua Asia  
Negara Bahasa Agama Contoh Karya Seni
Afghanistan Dari, Pashtun Islam Buzhkasi (Olahraga menunggang kuda khas Afganistan)
Armenia Bahasa Armenia dan Bahasa Nagorno Karabakh Kristen Tarian Yarkhushta (tarian bela diri)
Ajerbaijan Ajerbaijani /Bahasa Azeri Islam Syiah Opera
Bahrain Arab Islam Kaligrafi
Bangladesh Bengali Islam Seni Musik : Tradisi Baul Gombhira, Bathiali & Bhawaiya;

Alat musik : ektara (instrumen satu dawai), dotara, dhol, suling, dabla
Bhutan Dzongka Budha Thagzo (Pakaian khas wanita Buthan),
Gho dan Kira (Pakaian Nasional Buthan),
Kuil, dan banyak bangunan tua khas lain seperti 108 stupa di Dochulla Pass,
bangunan Punakha Dzong dan bangunan Simtokha Dzong
Brunei Darusalam Melayu Islam SeniKaligrafi, 
Tari Adai Adai,
Tari Aduk-aduk,
Tari Jipin, pakaian adat baju kurung,

Alat musik : gulintangan, canang, tawak-tawak, dong
China Mandarin Konghucu,
Tao dan
Budha
Guci, Batu Giok, Kesenian Han, Cloissone, Lukisan Kuno, Sutra
Cyprus Yunani dan Turki Kristen Ortodoks Tarian Tsifteteli, Festival Karnaval Limassol, Rendra Refkara,
Seni Arsitektur Cypriot
Georgia Bahasa Georgia Kristen Ortodok Lukisan Hyper Realistic
India Hindi Hindu Pakaian Sari
(untuk wanita) dan Dothi (untuk pria);
budaya Sati, Ritual Kepiting, Festival Thaipusam
Indonesia Indonesia Islam,
Kristen
Tari Jaipong, Tari Gambyong, Tari Pendet, Tari Saman, Wayang Golek, Wayang Kulit
Iran Persia Islam Karya Sastra Sufi,
Tazhib (kaligrafi), Mohabatt (kaligrafi pada kayu)
Irak Arab dan Kurdi Islam Alat musik Oud dan Rebab
Israel Ibrani Yahudi Puisi dan Prosa Ibrani, tari Teimaniada, tari Mayim-Mayim
Jepang Bahasa Jepang Shinto Pakaian tradisional Kimono; Geisha (penghibur tradisional Jepang); Ikebana (seni merangkai bunga), Kabuki(seni teater); Origami (seni melipat kertas); Anime; Cosplay
Jordan / Yordania Arab Islam Dabkah (tari kelompok dengan tanda ketukan kaki),Tari Sahjah, Tari Pedang, Tari Kossack; seni kaligrafi, permadani
Kamboja Khmer Budha Tarian : Robam Apsara, Buong Suong dan Robam Troddi;

Alat musik : Pinpeat, Mohori, Phleng Kar dan Phleng Arak
Kazakhstan Kazakh dan Rusia Islam,
Kristen Ortodok
Karpet atau Gobelen, alat musik Dombra, tarian Kyz Joly
Korea Selatan Bahasa Korea Kristen,
Budha   
Pakaian tradisional Hanbok;

Musik Jongak dan Minsogak;

Alat musik : piri, taepyeongso, daegeum, danso, saenghwang, hun, gayageum, geomungo, ajaeng, haegeumu, gwaenggwari, jing, buk, janggu, bak, pyeongjong, dsb.
Korea Utara Bahasa Korea Budha,
Atheis
Festival Arirang, Permainan Massal,
Seni bela diri Taekwondo
Kuwait Arab Islam lagu Fidjeri, musik dan tarian Liwa, teater,
opera sabun, musik Swat
Kyrgyzstan Kyrgyz dan Rusia Islam Alat musik: Komuz, Oz komuz, Choo Choor dan Kuiak; olahraga Kok Boru
Laos Bahasa Budha
Theravada
alat musik Khaen, jenis musik Lam Saravane
Lebanon Arab Islam, Kristen Puisi, Syair, Tarian
Malaysia Melayu dan Inggris Islam Alat musik : gendang, seruling, terompet dan rebana
Myanmar Bahasa Budha seni bangunan Pagoda; tarian Mahkota, tarian Byaw, tarian Tiga Era Myanmar
Maldives / Maladewa Divehi Islam Ukiran kayu, ukiran batu, Dhoni
Mongolia Mongol Budhisme Tarian Tsam, Kaligrafi, Alat Musik Morin Khuur, Pakaian tradisional Deel atau Kaftan, tarian Waltz, permainan tradisional Muushig
Nepal Nepali Hindu Seni lukis, patung Budha, bangunan Candi
Oman Arab Islam Khanjar (pisau belati khas Oman), baju khas Dishdasha, penutup kepala Kuma, ornamen pintu khas, ratusan tarian tradisional
Pakistan Urdu Islam karya seni kayu Bangle, kaligrafi, seni arsitektur Islam, lukisan
Philippines (Filipina) Tagalog Kristen Tarian Lawiswis Kawayan, Tari Tinikling, Tari Karinosa,

pakaian resmi : Tagalog Barong
Qatar Arab Islam arsitektur Islam, keramik, perhiasan, kerajinan kayu, tekstil
Saudi Arabia Arab Islam Kaligrafi, Henna,

Alat musik : gambus, qanun, nay, rebana, bujuq,

seni arsitektur : masjid, permadani
Singapura Inggris, Melayu, Mandarin, Tamil Budha Drama, Ballet
Sri Lanka Sinhala dan Tamil Budha Neravadha Kesenian gading, seni rupa Budha, kerajinan ukir kayu, kuningan dan perak, Batik
Syria /Suriah Arab Islam Lukisan, seni patung
Tajikistan Tajik dan Rusia Islam opera, ballet, buzkhasi, syair, kaos kaki Pamiri
Thailand Bahasa Thailand Budha Kuil, tari topeng Khon, tari Fon Poothai, tarian Pong Laang
Timor Leste Tetun dan Portugis Kristen Seni Tari : tari Lorosae, tari Simu Surik, tari Boot, tari Likurai, tari Tebe-tebe, tari Folkroe;

Seni Musik Maloo dan Karo Metan
Turki Bahasa Turki Islam Tarian Sema (Tarian Sufi)
Turkmenistan Turkmen Islam Karpet Turkmen
Uni Emirat Arab Arab Islam pakaian tradisional Kandura, arsitektur Islam Barjeel, syair satire
Vietnam Bahasa Vietnam Budha Seni lukis sutera, seni suara Quan ho, teater musikal Cheo, musik rakyat Cha tru
Yaman Arab Islam Senjata tradisional Janbiyyah, pakaian tradisional Thawb, pakaian Futah
Palestina Arab Islam Gaun Thobe, tarian Dabke


Demikian informasi tentang Daftar Negara, Bahasa, Agama dan Contoh Karya Seni Di Benua Asia. 

Semoga bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan informasi ini. Selamat belajar ya!

21 comments:

  1. Terima kasih sangat bermanfaat tulisan tentang nama negara dan bahasa, agama, dan contoh karya seni ini. Dari pada nyari satu2 rued hehe

    ReplyDelete
  2. Anonymous23 July, 2020

    Nyari contoh karya seni dari Yaman, dapat dari sini, thx

    ReplyDelete
  3. Ini untuk tugas IPS kelas 9 pas banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awokwokwokwokwok, betul sekali itu. Mantab Jawa emang.

      Delete
  4. Bnyak jg yh yg pke bahasa arab

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya karya seninya Indonesia masih banyak lagi ya Kak. Dan itu bagus-bagus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judul tabel : contoh karya seni, jadi tidak semua di masukan, kalau di masukan semua terlalu banyak

      Delete
  6. Sebenarnya masing masing negara ada banyak karya seni,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, daftar di atas hanya contoh saja.. begitu juga agama yg ada pada daftar merupakan agama mayoritas

      Delete
  7. Sangat membantu sekali kak,buat pengetahuan ,mkasih infonya kak ,sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Maaf ralat, armenia, azerbaijan dan georgia masuknya benua eropa. Bukan asia.. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terdapat banyak pendapat mengenai hal ini sprti halnya Rusia yg masuk Asia dan juga Eropa. Daftar di atas mengacu pada data PBB yg di rilis worldometers.info

      Delete
    2. Maaf, menurut sya sumber rujukan itu bukan hanya satu. Tpi bsa jadi banyak. So alangkah baiknya cari informasi lain dri sumber yg lain, biar tambah akurat..

      Dri dulu jga ketiga negara yg sya maksud, masuknya negara eropa. Bahkan di organisasi/badan olahraga dunia pun, negera2 ini masuknya europe. Not asian..

      Delete
    3. Check this out https://en.m.wikipedia.org/wiki/United_Nations_geoscheme_for_Asia

      Delete
    4. Mohon berikan saya rujukan / referensi yg menyebut tiga negara tsb ke benua eropa

      Delete
  9. Wah..lengkap sekali infonya gan..👍

    ReplyDelete
  10. Kita harus menghormati agama dan adat istiadat bangsa kita

    ReplyDelete
  11. Karya seni harus di pertahankan jangan biarkan karya seni negri ini di ambil alih oleh suatu negara

    ReplyDelete
  12. Lengkap menarik untuk di baca makasih gan

    ReplyDelete
  13. Indonesia pokoknya paling cultural dan berkarakter

    ReplyDelete
  14. indonesia pastilah banyak sekali

    ReplyDelete