7 Makanan Yang Mempercepat Penuaan

Pernahkah melihat seseorang terlihat lebih tua dari umur yang seharusnya? Hal tersebut menunjukan bahwa telah terjadi penuaan dini pada orang tersebut. Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharunya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah diusia 20-an. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, banyak hal yang memicu terjadinya penuaan tersebut. Diantaranya adalah dari pola konsumsi yang dimiliki.

Berdasarkan beberapa tulisan yang ada, diketahui bahwa makanan yang kita konsumsi juga ikut memberikan andil pada proses penuuan kulit manusia. Dilansir dari detik.com, terdapat beberapa jenis makanan yang memicu penuaan lebih cepat jika dikonsumsi terlalu sering. Berikut beberapa jenis makanan tersebut :


1. Karbohidrat Tinggi Glikemik



Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Kenaikan gula darah akan mempercepat proses penuaan.
Indeks Glikemik tinggi dapat dijumpai pada makanan manis seperti kue, cup cake, dan dessert yang enak - enak. Indeks Glikemik tinggi jika nilai IG sama atau lebih dari 70.

2. Minuman Beralkohol



Alkohol bagi muslim adalah minuman yang diharamkan atau dilarang untuk dikonsumsi. Faktanya, dari sisi kesehatan, alkohol yang dikonsumsi berlebih akan membawa dampak buruk bagi kesahatan. Demikian pula terhadap proses penuaan.
Dr. Oz menyatakan bahwa meminum alkohol akan menyebabkan keriput dini, kehilangan kolagen, elastisitas tubuh, kemerahan, dehidrasi dan bengkak. Vitamin A sebagai antioksidan penting dalam tubuh juga akan berkurang saat mengkonsumsi alkohol.

3. Makanan Cepat Saji



Lemak tak jenuh yang tinggi pada makanan cepat saji akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan arteri. Penyumbatan tersebut akan membuat kulit keruiput dan kendor. Lemak tak jenuh paling tinggi biasanya ditemui pada burger, pizza, kentang goreng, dan ayam goreng.

4. Daging Olahan



Yang berbahaya dari daging olahan bukanlah dari daging nya itu sendiri, tetapi bahan pengawet yang berasal dari asam sulfat atau pengawet lainnya. Senyawa ini akan memicu peradangan pada kulit. Kandungan garam yang tinggi pada daging olahan juga akan menyebabkan kulit wajah terlihat tidak sehat. Jadi kurangi konsumsi daging olahan seperti kornet, sosis, sarden dan sejenisnya jika ingin menghindari penuaan secara cepat.

5. Minuman Soda



Bukan rahasia umum lagi kalau soda dapat berbahaya untuk kesehatan. Kandungan gula yang tinggi dan bahan aditif berbahaya bagi tubuh. Peneliti menyebutkan bahwa meminum satu kaleng soda setiap hari dapat memotong usia 5 tahun.

6. Makanan Asin



Para peneliti menemukan bahwa asupan garam berlebih dapat mempercepat penuaan sel, serta resiko terkena penyakit jantung. Mengurangi asupan garam merupakan hal yang baik agar terlihat lebih muda. Namun demikian, buka berarti kita tidak boleh sama sekali mengkonsumsi garam, karena garam juga diperlukan untuk tubuh. Kekurangan yodium pada asupan garam juga akan memicu penyakit. Selain itu, kandungan sodium garam juga membuat kulit menjadi merah dan bengkak.

7. Kopi




Bagi penggemar kopi, mulai sekarang harus lebih waspada. Ternyata jika kopi dikonsumsi terlalu sering, kopi juga dapat mempercepat penuaan. Penuaan tersebut akibat kandungan kafein dalam kopi. Kopi juga mengandung senyawa diuretik dalam tubuh, sehingga menyebabkan dehidrasi dalam tubuh yang akan mempengaruhi kulit. dan memicu tumbuhnya keriput serta bintik - bintik di wajah. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, dapat dicegah dengan memperbanyak minum air putih.

Demikian beberapa jenis makanan yang sepatutnya agak dikurangi jika tidak ingin mempercepat penuaan. Terlihat lebih muda adalah dambaan semua orang. Namun proses untuk mendapatkan itu tentu dibutuhkan pengorbanan. salah satu nya dengan menjaga asupan makan yang kita konsumsi.

Sumber : http://food.detik.com/read/2016/10/22/101739/3326876/900/7/jika-tak-ingin-cepat-tua-jangan-sering-sering-konsumsi-7-makanan-ini#bigpic

No comments:

Post a Comment