Standar Kelulusan Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs

1. Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
2. Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia
3. Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan
5. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa
6. Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan
7. Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
8. Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya
9. Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang
10. Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
11. Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam memenuhi kebutuhannya
12. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

Puisi Untuk Para Guru & Orang Tua

Judul :ANAK-ANAKMU
(By. GIBRAN)

Anak-anakmu bukanlah anak-anakmu
Mereka adalah anak-anak kehidupan yg rindu akan dirinya sendiri
Mereka terlahir melalui engkau tapi bukan darimu
Meskipun mereka ada bersamamu, tapi mereka bukan milikmu
Pada mereka engkau dapat memberikan cintamu, tapi bukan pikiranmu
Karena mereka memiliki pikiran mereka sendiri
Engkau bisa merumahkan tubuh-tubuh, tapi bukan jiwa mereka
Karena jiwa-jiwa itu tinggal di rumah hari esuk, yang tidak pernah dapat engkau kunjungi meskipun dalam mimpi
Engkau bisa menjadi seperti mereka,
tapi jangan coba menjadikan mereka sepertimu
Karena hidup tidak berjalan mundur dan tidak pula berada di masa lalu
Engkau adalah busur-busur tempat anak-anakmu menjadi anak-anak panah yang hidup diluncurkan
Sang pemanah telah membidik arah keabadian.
Dan ia merenggangkanmu dengan kekuatannya sehingga
anak-anak panah itu meluncur dengan cepat dan jauh
Jadikanlah tarikan tangan sang pemanah itu sebagai kegembiraan
Sebab ketika ia mencintai anak-anak panah yang terbang, maka ia juga mencintai busur yang telah meluncurkannya dengan penuh kekuatan

Sponge bob dan UN

sponge bob adalah salah satu tokoh kartun yang sering kita lihat dislh satu stasiun tv. anak mana yg ga kenal sponge bob. tingkahnya kocak abis shngga semua anak yg menontonnya bahkan orang dewasa pada asik ketawa sndr didepan tv. nah sy sendiri adlh fans beratnya spongebob. dipikir2, emang apa yg menarik dr tokoh ini ya? stlh melalui pemikiran mndlam (sok serius!!),ternyt yg buat seru adlh sifat lebay (berlbhn) dr si spongebob ini. bnyk hal2 spele dianggap bgt srius olehnya. jdnya, seru!!
nah lho, hub.nya ma UN apa?
sprt halnya sponge bob yg lebay, UN juga kyk gt! bnyk org melihat scr berlbhn pd UN. seolah2 UN itu momok yg menakutkan. pdhl kan tdk! dr dulu pun ujian sprt ini sdh ada. tp knp skrg ini begitu didramatisir y! i don't know! yg jls melalui tulisan ini, bg mrk yg ketakutan ma UN, please deh jgn lebay mlht UN! OK!