Panjat Pinang dan Hari Kemerdekaan RI?

Ayo siapa yang tahu berapa usia kemerdekaan Bangsa Indonesia tahun ini? Hitung yang bener yah! hehe.. Yang pasti, Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.
Nah, untuk merayakan hari kemerdekaan itu, maka setiap tahunnya, setiap tanggal 17 Agustus pasti digelar upacara bendera. Tujuannya adalah mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan tersebut sehingga kita bisa menghargai perjuangan mereka dan mampu mengisi kemerdekaan ini.
panjat pinang
Selain upacara bendera, ada hal lain yang unik dan dilakukan setiap tahunnya dalam menyambut hari kemerdekaan kita yaitu diadakanmya berbagai perlombaan. Perlombaan - perlombaan yang menggambarkan bagaimana perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Beberapa jenis lomba yang sering dilaksanakan antara lain makan kerupuk, gigit koin, lari kelereng, tarik tambang dan  yang paling populer adalah panjat pinang. Yups, panjat pinang terkenal sampai penjuru dunia. Bahkan dalam situs frommers.com, berkat panjat pinang, perayaan kemerdekaan di Indonesia termasuk dalam list 11 perayaan kemerdekaan terbaik di dunia selain India, Ghana, Meksiko dan beberapa negara lainnya. Kereen kan? Selain situs di atas, dalam situs www.toptensworld.com juga menempatkan perayaan kemerdekaan indonesia sebagai salah satu perayaan yang paling meriah setelah Kanada dan Norwegia. Sederhananya, di dunia internasional, bangsa kita terkenal sebagai salah satu bangsa yang melakukan perayaan kemerdekaan yang begitu meriah di banding negara - negara lain. Dan kita harus berbangga terhadap hal itu. Ini berarti kita mampu menghargai jasa para pahlawan.
Biar lebih lengkap pengetahuannya, nih disajikan 10 perayaan kemerdekaan terbaik didunia selain Indonesia menurut situs frommers.com ;
layang - layang di India
1. India, merdeka tanggal 15 Agustus 1947.  Selain upacara bendera, dalam memperingati kemerdekaannya, bangsa India menerbangkan layang - layang yang tak terhitung jumlahnya. Layang - layang tersebut melambangkan kebebasan india dari Inggris.

2.Ghana, merdeka pada tanggal 6 maret 1957. Merayakan kemerdekaannya dengan menggelar pesta pantai yang besar dan perlombaan perahu layar

3. Meksiko, merayakan kemerdekaan setiap tanggal 16 September . biasanya, sehari sebelum kemerdekaan, jutaan rakyat akan berkumpul di Mexico City untuk mengenang semangat patriotisme. Berikutnya akan ada pesta kembang api yang begitu meriah pada acara tersebut.
4. Kosovo, merayakan kemerdekaan setiap tanggal 17 Februari. Dalam merayakan kemerdekaannya, diseluruh penjuru negeri akan dimainkan musik tradisional.
5. Filipina, merayakan kemerdekaan setiap tanggal 2 Juni. Mereka merayakan kemerdekaan dengan mengadakan pawai hari kemerdekaan. Pawai dilakukan diberbagai tempat. Tidak hanya itu, setiap warga akan memasak berbagai makanan lezat untuk menyambut hari kemerdekaannya.
6. Perancis, merayakan kemerdekaan setiap tanggal 16 Juli. dalam merayakan kemerdekaan, biasa nya mereka akan menampilkan aksi dari pemadam kebakaran.
7. Ukraina, setiap tanggal 24 Agustus, rakyat Ukraina akan berkumpul dengan menggunakan pakaian tradisional untuk merayakan hari kemerdekaannya.
perlombaan perahu di Australia
8. Israel, merayakan kemerdekaan berdasarkan kalender Ibrani  dengan cara berkumpul untuk melakukan perayaan, pesta dan juga berdoa.
9. Peru, merayakan kemerdekaan selama dua hari yaitu tanggal 28 - 29 juli. Perayaan begitu meriah dengan berbagai pawai.
10. Australia, merayakan kemerdekaan setiap tanggal 26 januari.Dalam melakukan perayaan, setiap negara bagian memiliki tradisi uniknya masing - masing seperti balap perahu di Sydney, pertunjukan kembang api yang begitu besar di Perth, juga pawai besar-besaran di Melbourne.

No comments:

Post a Comment