Cara Mengecek Nomor BPOM Asli Suatu Produk

Saat ini banyak sekali produk yang beredar dimasyakat baik berupa makanan, minuman atau pun obat-obatan. Pertanyaan sederhana mungkin muncul dibenak kita, seperti "Amankah produk yang kita konsumsi?" "Apakah terdapat zat berbahaya didalam produk tersebut?" "Apa yang terjadi jika kita mengkonsumsinya?" dan lain sebagainya.
sumber : forum.kompas.com
Maka, untuk meyakinkan bahwa produk yang kita konsumsi aman dari berbagai zat berbahaya, kita biasanya melihat kode atau izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Jika dalam sebuah produk tertera kode POM, maka kita berkesimpulan bahwa produk tersebut sudah melalui proses pengawasan yang ketat dari BPOM yang berarti bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Namun sangat disayangkan, akhir-akhir ini banyak kode POM tersebut ternyata palsu dan tidak sedikit pula yang percaya begitu saja dengan kode palsu tersebut. Padahal, produk tersebut mungkin saja sangat berbahaya dan mengancam jiwa pengkonsumsinya.
Lalu bagaimanakah untuk membedakan nomor POM yang asli dengan yang palsu? Untuk mengecek nomor POM asli atau tidak sebetulnya relatiof mudah. Sekarang kita bisa mengecek keaslian nomor POM dari situs yang dilansir BPOM. Ini  dia langkah-langkahnya :

  • Masuk ke situs BPOM (www.pom.go.id)
  • Klik Laman PRODUK TEREGISTRASI dan akan tampak tampilan seperti dibawah ini :



  • Pada kolom Kata Kunci, Ketikan nomor suatu produk. Sebagai contoh kita ketikan nomor dari Nestle Koko Krunch yaitu 830513003097, lalu klik Cari dan hasilnya sebagai berikut :



  • Jika nomor suatu produk palsu. maka tidak akan muncul hasil seperti di atas. Dan jika terbukti nomor tersebut palsu, akan lebih baik kita tidak membeli produk tersebut karena mungkin termasuk kategori berbahaya. Apalagi berkaitan dengan obat-obatan. 

Untuk mengecek kode ini, selain dengan fasilitas komputer, kita juga bisa mengeceknya dengan smartphone yang kita miliki. Jadi, jika kita meragukan suatu produk, langsung saja cek di situs BPOM di atas kapan saja dan dimana saja. Ini dia linknya Cek Database Registrasi BPOM

Semoga bermannfaat.