Kapan Belanda Mengakui Tanggal Proklamasi Indonesia?


Jagoan Banten - Kapan Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Jika kita belajar Sejarah, Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya yakni pada tanggal 17 Agustus 1945. Tapi tanggal kemerdekaan ini tidak diakui oleh Belanda. 

Tindakan Belanda yakni mengirimkan militer untuk mengagresi Indonesia yang mereka sebut sebagai aksi polisionil. 

Belanda tidak menganggap agresi tersebut sebagai sebuah tindakan ilegal yang melibatkan dua negara. Aksi polisionil yang mereka lakukan bertujuan untuk memulihkan keamanan di negara sendiri. 

Barulah setelah perjuangan yang gigih dari bangsa Indonesia baik secara fisik maupun diplomasi akhirnya Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia pada 27 Desember 1949 pada peristiwa soevereiniteitsoverdracht (penyerahan kedaulatan) di Istana Dam, Amsterdam Belanda.

Lalu apakah pada penyerahan kedaulatan tersebut Belanda mengakui proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945? 

Jawabannya tidak. Mereka beranggapan bahwa proklamasi itu tidak sah. Pada tanggal tersebut sampai ditandatanganinya penyerahan kedaulatan, tidak ada negara Indonesia. Wilayah Indonesia sepenuhnya milik Belanda. 

Indonesia baru ada setelah tanggal 27 Desember 1949. Perang yang terjadi pada 1945 - 1949 yang menewaskan lebih dari 300.000 rakyat Indonesia dan 2000 tentara Belanda bukan sebuah peperangan, tapi hanya pemulihan kondisi keamanan menurut versi Belanda.

Apakah sampai saat ini Belanda tidak pernah mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945?

Setelah hampir 60 tahun Belanda tidak pernah mengakui kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, akhirnya Belanda melalui Menteri Luar Negeri Bernard Rudolf Bot melalui pidato resminya di Gedung Kementrian Luar Negeri tepatnya tanggal 16 Agustus 2005 mengakui bahwa Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. 

Peristiwa bersejarah ini merupakan pertama kalinya Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia sesuai versi bangsa Indonesia. 

Setelah pengakuan ini, pada 4 September 2008 pertama kalinya Perdana Menteri Belanda, Jan Peter Balkenende menghadiri peringatan HUT Kemerdekaan RI yang digelar oleh KBRI Belanda di Wisma Duta, Denhaag. 

Kesimpulan

Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949 dan tidak mengakui tanggal proklamasi kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. 

Belanda baru mengakui tanggal kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 pertama kalinya yakni pada tanggal 16 Agustus 2005 atau satu hari menjelang perayaan 60 tahun Indonesia merdeka. Pengakuan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Belanda Bernard Rudolf Bot. 

Referensi : 
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pengakuan_tanggal_kemerdekaan_Indonesia_oleh_Belanda

10 comments:

  1. Wah aku baru tahu loh Belanda baru mengakui kemerdekaan kita tahun 2005 hehe. Fakta sejarah yang penting nih. Thnks kak

    ReplyDelete
  2. Bisa nih buat pelajaran sejarah

    ReplyDelete
  3. Terngiang-ngiang pelajaran sejarah

    ReplyDelete
  4. Setahu saya sih tangga 27 itu penyerahan kedaulatan di KMB konfrensi meja bundar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, tpi saat itu Belanda TDK mengakui kemerdekaan yg tgl 17 Agustus 1945

      Delete