Semut hewan mengagumkan yang dibutuhkan dunia

Semua pasti kenal semut karena dengan sangat mudah kita menjumpainya disekeliling kita.  Kebanyakan kita mengabaikan keberadaan mereka.  Tapi tahukah anda bahwa semut hewan mengagumkan yang sangat dibutuhkan oleh dunia.  Benarkah?? Mari kita lihat bagaimana semut bisa dikatakan sebagai mahluk yang mengagumkan.
1. Semut mampu mengangkat beban 50 kali berat badannya
Jika berat tubuh kita 60 kg,  maka 50 kali berat tubuh kita adalah 3000 kg.  Sanggupkah kita mengangkat beban seberat itu?  Atau bayangkan mengangkat sebuah mobil pikap. Pasti kita sepakat tidak akan sanggup mengangkatnya tanpa bantuan alat apa pun. Dan luarbiasanya, semut mampu mengangkat beban 50 kali dari berat tubuhnya.
2. Semut menempati hampir seluruh penjuru dunia
Dimana pun dipenjuru bumi ini, pasti kita akan menemukan semut. Semut mendiami hampir seluruh sudut dunia termasuk dipadang pasir.  Semut tidak bisa ditemukan hanya di Benua Antartika.
3. Jumlah semut sangat banyak
Pernah menghitung jumlah semut yang ada disekitar rumah kita?  Tak terhitung bukan?  Benar sekali, jumlah semut sangat banyak terdiri dari berbagai spesies.  Penelitian yang ada menyebutkan bahwa
diperkirakan lebih dari 1 kuadriliun (10.000.000.000.000.000) jumlah semut yang ada dibumi. 
4. Semut berjalan sangat cepat dan berjalan sepanjang hari
Semut berjalan dengan kecepatan   2 inci perdetik. Dalam perspektif kita, tampaknya itu sangat lambat.  Mari kita lihat lebih dalam.  Jika semut berjalan selama 12 jam, maka jarak yang sanggup ia tempuh 7200 kaki atau setara 1 1/3 mil.  Tampaknya tidak luar biasa. Tapi coba kita bandingkan jarak tersebut dengan panjang tubuh mereka.  Jarak tersebut 365.760 kali panjang tubuh mereka. Jika dibandingkan manusia, maka jarak tersebut sama dengan 415 mil yang harus ditempuh dalam 12 jam. Untuk menempuh jarak tersebut manusia harus berlari dengan kecepatan 34 km/jam tanpa henti selama 12 jam. Sanggup?
5. Semut dapat berbicara
Dalam Alquran surat An-Naml ayat 18 , disebutkan bahwa semut berbicara saat tentara Sulaiman akan melintas. Mungkin kita berpikir ini hanya bualan.  Tapi faktanya,  penelitian terbaru membuktikan kebenaran Alquran seperti yang dimuat Science Magazine tanggal 6 Februari 2009. Penelitian tersebut berhasil mengungkap bahwa teknologi audio yang canggih telah meneliti dan menemukan kesimpulan bahwa semut - semut secara rutin berbicara satu sama lain. Menggunakan microfon dan speaker mini yang canggih yang ditempatkan dalam sarang mereka, diketahui bahwa ratu semut memberi intruksi kepada pekerja mereka. Penjelasan lebih lengkap baca www.makintau.com.
Selain beberapa keajaiban di atas, masih banyak fakta lain yang begitu mengagumkan dari semut.  Silahkan baca 50 fakta tentang semut.
Mengapa dunia membutuhkan semut?
1. Semut adalah pengurai yang baik
Semut berperan penting dalam menjaga ekosistem terutama sebagai pengurai makanan.  Jutaan ribu ton sampah organik diurai oleh semut menjadi unsur hara yang bermanfaat bagi tumbuhan.  Semut merupkan pembersih alami.  Dengan adanya mereka, ekosistem berjalan dengan sempurna.
2. Semut membantu penyerbukan
Dalam perkembangbiakan tumbuhan, semut memegang banyak peran penting,  diantaranya adalah membantu penyerbukan karena aktifitas semut. Semut juga menyebarkan bebih - benih tumbuhan ke berbagai lokasi.
3. Semut menjadi contoh bagi manusia
Peran ini akan berarti bagi mereka yanh mau belajar dari semut.  Banyak hal yang bisa kita pelajari,  mulai dari bagaimana membangun sistem organisasi yang tangguh,  kerjasama yang baik,  kerja keras, dan juga untuk bisa saling menghargai satu sama lain.  Amatilah semut,  perhatikan apa yang mereka lakukan.  Luar biasa bukan?  Banyal hal yang dapat kita pelajari dari mereka.
Sebetulnya masih banyak alasan lain mengapa dunia membutuhkan semut.  Silahkan pikirkan sendiri.  Tulisan ini hanya untuk mengingatkan kita betapa tuhan menciptakan segala sesuatu tanpa kesia-siaan. Allahu'alam.

No comments:

Post a Comment