Petunjuk Teknis Aplikasi Pra Kondisi / Pembekalan Awal PLPG Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2017

Untuk kegiatan PLPG tahun 2017 kali ini mungkin berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya karena harus melewati suatu proses yang bernama Prakondisi atau Pembekalan Awal PLPG . Kegiatan ini berupa belajar online melalui aplikasi atau situs yang disediakan oleh kemdikbud. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama 3 bulan terhitung dari aktivasi akun oleh peserta PLPG yang dijadwalkan pada 20 Juni 2017.

Berdasarkan situs resmi sertifikasi guru yaitu kemdiknas.swin.net.id, dapat diketahui alur Prakondisi atau Tahap Awal Kegiatan Pembekalan PLPG sebagai berikut :




Berdasarkan alur tersebut diketahui bahwa peserta PLPG wajib mengikuti Tahap Awal Kegiatan PLPG dengan langkah pertama harus mendaftarkan diri (aktivasi) dengan akun dan password yang telah diterima dari LPMP melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Peserta Pra kondisi melakukan aktifasi pada alamat situs : ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan. 

Peserta pra kondisi wajb segera mengaktivasi akun pembekalan paling lambat seminggu setelah dibuka yaitu sejak 20 Juni 2017. Jika dalam waktu seminggu belum melakukan aktivasi, maka LPTK melaporkannya ke Dinas Pendidikan Propinsi / Kabupaten/ Kota. Jika selama 2 minggu peserta tidak mengaktivkan akun, maka selanjutnya akan dianggap mengundurkan diri.

Saya adalah salah satu peserta PLPG 2017 yang wajib mengikuti kegiatan pembekalan atau pra kondisi. Saya tentu tidak mau dianggap mengundurkan diri karena belum mengaktifkan akun. Setelah saya mendapatkan password dari dinas pendidikan dan kebudayaan, saya memantau apakah saya bisa segera login pada situs ksg.kemdikbud.go.id. Namun nyatanya, sampai hari ini tanggal 20 Juni 2017 yang seharusnya sudah bisa melakukan aktivasi, dari pagi sampai malam hari ternyata situs tersebut masih belum bisa dibuka. Saya coba share ke rekan yang lain, dan ternyata mengalami hal yang sama.

Dari hasil sharing yang saya lakukan di group WA, saya mendapatkan informasi yang menurut saya cukup berharga bagi saya yang masih mencari - cari informasi tentang kegiatan pembekalan awal atau pra kondisi ini. Informasi tersebut saya bagikan melalui tulisan ini agar rekan lain yang masih kebingungan dapat sedikit tercerahkan.

Informasi yang saya terima adalah tentang petunjuk Teknis Aplikasi Pra Kondisi yang insyaallah valid (menurut sumbernya). Petunjuk Teknis tersebut terdiri dari 33 halaman yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Petunjuk teknis tersebut ditujukan bagi para mentoring dan guru peserta pra kondisi atau pembekalan awal. 

Tampilan awal petunjuk teknis pembekalan awal PLPG 2017

Beberapa hal yang bisa saya simpulkan dari petunjuk teknis tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Pembekalan awal PLPG ditujukan agar guru lebih siap melaksanakan PLPG
  2. Pembekalan awal PLPG dilakukan selama 3 bulan dengan kewajiban membuat laporan kemajuan sebanyak 4 kali
  3. Nilai akhir pembekalan awal terdiri dari nilai proses 30%, laporan 30%, dan untuk presentasi laporan 40%.
  4. Untuk bahan ajar guru wajib mengunduh di http://sertifikasiguru.id
  5. Pembekalan awal dilakukan secara daring di http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan
  6. Untuk mentor, menu pada situs tersebut terdiri dari Dashboard, Forum dan Laporan Kemajuan. (untuk mentor tidak di bahas lebih lanjut karena tulisan ini ditujukan untuk rekan guru peserta pemebakalan awal)
  7. Untuk guru atau peserta PLPG rinciannya sebagai berikut :

  • Setiap guru sudah memiliki username dan password yang telah ditentukan sebelumnya (digenerate) dan di bagi ke setiap guru melalui dinas pendidikan
  • Pada menu Dashboard menampilkan data / profile peserta / guru dan daftar peserta setiap kelas. Daftar nama rombel dan daftar peserta telah diploting (ditentukan) sebelumnya oleh admin LPTK
  • Proses mentoring di awali dengan guru mengklik masuk ke dalam kelas. Di dalam kelas terdapat dua menu yaitu Forum dan Laporan Kemajuan
  • Untuk laporan kemajuan, setiap peserta wajib mengumpulkan (mengunggah) 4 laporan dari hasil studi mandiri yang dilaksanakan yaitu 1 laporan untuk materi paedagogik dan 3 laporan untuk materi bidang studi. Batas pengumpulan laporan ditentukan oleh mentor. 

Untuk lebih jelas tentang Petunjuk Teknis Aplikasi Pra Kondisi / Pembekalan Awal PLPG Sertifikasi Guru Dalam Jabatan 2017 silahkan download link di bawah ini untuk di pelajari lebih lanjut. 


Demikian informasi yang bisa saya bagikan tentang petunjuk teknis aplikasi / situs pembekalan awal PLPG. Jika ada yang lebih paham atau memiliki informasi lainnya, silahkan tambahkan pada kolom komentar. 

Semoga bermanfaat ...


No comments:

Post a Comment