Iseng Koleksi Uang Kuno

Benarkah uang kuno bisa laku sangat mahal? Susah menjawab pertanyaan ini karena saya belum pernah mengalaminya. Namun beberapa fakta mengatakan, bahwa untuk uang kuno tertentu bisa saja laku sangat mahal. Seperti halnya uang kertas kuno seri wayang keluaran tahun 30-an yang bisa laku satu milyar rupiah (lihat beritanya di cnnindonesia.com). Atau seperti koin yang berusia 122 tahun yang disebut BarberDime yang laku Rp 27,2 milliar pada sebuah pelelangan yang dilangsungkan di Tampa, Florida, Amerika Serikat pada 2016 yang lalu. (lihat beritanya di bisnis.liputan6.com)

Lalu siapa yang berani begitu membayar mahal uang kuno seperti itu? Tentu mereka yang berani membayar mahal adalah para kolektor berduit. Bagi mereka uang jutaan rupiah tak seberapa untuk mendapatkan barang antik yang mereka inginkan.

Lalu mengapa para kolektor berani membayar mahal barang kuno yang ia inginkan? Untuk menjawab pertanyaan ini silahkan tanyakan sendiri kepada para kolektor barang antik. Saya sendiri cuma bisa menduga bahwa mereka berani membayar mahal selain urusan bisnis, adalah tentang kepuasan pribadi. Ukuran kepuasan seseorang tentu tidak ada batasnya. 

Bagi sebagian kita mungkin beranggapan bahwa mahalnya uang kuno terkait dengan umur uang tersebut. Semakin tua uang kuno yang ada, semakin mahal pula harga uang kuno tersebut. Ternyata anggapan ini salah. Harga uang kuno bisanya terkait dengan kelangkaan uang tersebut. Semakin langka uang kuno, semakin puas para kolektor mendapatkannya, dan tentu ia tak akan segan mengeluarkan uang cukup banyak untuk mendapatkan uang kuno yang ia inginkan.

Berdasarkan tulisan pada bali.tribunnews.com, di Indonesia terdapat beberapa uang kuno dengan nilai fantastis karena kelangkaannya. Jika diantara kita memiliki salah satu dari uang ini, siap - siaplah menjadi jutawan. Uang dengan nilai fantastis menurut tulisan itu antara lain:
1. Uang 100 Rupiah Tahun 1948
2. Uang 5000 Rupiah Tahun 1958
3. Uang 500 Gulden
4. Uang 1000 Gulden 

Biar seperti para kolektor yang banyak duitnya, iseng - iseng saya juga mengumpulkan beberapa uang kuno. Walau mungkin uang kuno yang saya kumpulkan tidak ada harganya saat ini, siapa tahu puluhan tahun yang akan datang dicari para kolektor berduit. Nanti saya jadikan warisan buat anak - anak saya hehe...

Berikut beberapa uang kuno yang saya punya :

Uang 25 rupiah tahun 1971

Uang 50 Sen tahun 1958 dan 1959

Uang 5 Rupiah tahun 1971

Uang 50 Rupiah Edisi Komodo

Uang 100 Rupiah Tahun 1973
Uang 1 Cent Netherlandsch Indie Tahun 1936

Uang 1/2 Cent Netherlandsch Indie Tahun 1934
Selain beberapa koleksi di atas, saya juga menyimpan beberapa lembar uang kertas 100 rupiah tahun 1992, uang kertas 500 rupiah tahun 1992, dan uang kertas 1000 rupiah tahun 1992. 

No comments:

Post a Comment