Asyik, Fitur Hapus Pesan Jarak Jauh WhatsApp Sudah Bisa Digunakan Untuk Semua

Beberapa hari lalu setelah berita bahwa WhatsApp (WA) menyediakan fitur baru berupa hapus pesan terkirim, saya langsung menuju Playstore untuk update aplikasi WA di ponsel saya. Namun sayang, ternyata fitur yang saya harapkan tidak bisa digunakan di ponsel tersebut.

Saking penasarannya, saya coba berkali - kali mengirim pesan ke teman chat untuk kemudian di hapus dari jauh. Namun ternyata tak kunjung berhasil. Ketika saya ceritakan ke teman tentang fitur baru WA dan saya sedang berusaha mencoba, saya hanya mendapatkan tertawaan. Yasudahlah, mungkin berita di media itu hoax, pikir saya.

Namun hari ini (02/11/2017), ketika saya coba kembali mencoba fitur hapus pesan jarak jauh dari aplikasi WA,  alhamdulilah, ternyata fitur tersebut sudah tersedia di ponsel saya. Dan mungkin juga pada pengguna aplikasi WA yang lain. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, kita hanya perlu melakukan update / pembaruan aplikasi WA di Google Play Store.

Berikut langkah sederhana menggunakan fitur hapus pesan terkirim di WA :

1. Pesan terkirim yang akan dihapus dari jarak jauh tidak boleh lebih dari 7 menit.
2. Pilih pesan yang akan dihapus dengan cara "tekan kemudian tahan" sampai muncul ikon tong sampah.


3. Klik ikon tempat sampah yang ada di WA tersebut sampai muncul notifikasi seperti dibawah ini :

4. Jika akan menghapus pesan hanya untuk pribadi, tekan "HAPUS UNTUK SAYA", namun jika menghendaki agar pesan yang ada di aplikasi si penerima juga terhapus, maka pilih "HAPUS UNTUK SEMUA ORANG"
5. Jika sudah berhasil menghapus pesan, maka akan ada notifikasi seperti gambar di bawah ini yang berarti bahwa pesan kita baik di aplikasi ponsel kita atau aplikasi ponsel penerima sudah terhapus.


Fitur ini sebetulnya bukan fitur baru bagi aplikasi sejenis lainnya seperti fitur "Tarik Pesan" pada BBM. Namun bagi pengguna WA, fitur ini cukup dinantikan.

Walau ada fitur hapus pesan terkirim dari jarak jauh, WA sendiri tidak menjamin bahwa pesan yang sudah terkirim tidak dibaca oleh si penerima. Maksudnya, siapa tahu sebelum dihapus, pesan tersebut sudah dibaca terlebih dahulu oleh si penerima. WA juga tidak menjamin jika pesan yang berhasil dihapus sudah benar - benar terhapus di ponsel si penerima.

Untuk mencoba fitur ini, langsung aja berangkat menuju Play Store untuk melakukan update aplikasi WA yang dimiliki. Silahkan lakukan uji coba dengan teman terdekat untuk membuktikannya.

Semoga bermanfaat ....

Baca juga :

Jangan Jatuh Cinta Dengan 10 Wanita Cantik Ini, Takut Nyesel! Ini Penyebabnya







No comments:

Post a Comment