Terkait Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018, Ini Himbauan Anies Baswedan Kepada Guru

Seperti diberitakan beberapa media masa, diperkirakan pada hari Rabu, tanggal 31 Januari 2018 akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) yang melintas di wilayah Indonesia. Peristiwa ini dapat dilihat secara kasat mata (tanpa bantuan alat) oleh seluruh masyarakat Indonesia selama cuaca dalam keadaan baik.

Peristiwa langka ini ternyata juga menyedot perhatian Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anies membuat surat edaran bagi warga Jakarta dalam menghadapi gerhana bulan tersebut. Surat tertanggal 23 Januari 2018 tersebut ditujukan kepada Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Budaya, dan Biro Pendidikan Mental DKI Jakarta agar mempersiapkan diri jelang fenomena alam tersebut. 


Masih dari surat yang sama, diketahui pula bahwa guru dihimbau untuk menjadikan fenomena tersebut sebagai media pembelajaran dan mendorong siswa lebih berminat mempelajari sains. Himbauan Anies tersebut agar diteruskan oleh Dinas Pendidikan dengan menyebarkan edaran ke sekolah - sekolah. 

Berikut isi lengkap surat eadaran Anies Baswedan terkait gerhana bulan total 31 Januari 2018.

Kepada Yth. 

1. Kepala Dinas Pendidikan
2. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya
3. Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual

Pada hari Rabu, 31 Januari 2018, akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) di wilayah Jakarta yang bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon. Awal GBT diperkirakan terjadi pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, dan berakhir pada pukul 21.07 WIB. Terkait dengan fenomena tersebut, harap lakukan hal-hal berikut: 


1. Kadisdik, harap menyebarkan edaran kepada sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai dengan himbauan kepada guru untuk menjadikan fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan. 



2. Kadisparbud, harap menyiapkan fasilitas dan dukungan di tempat-tempat wisata di bawah pengelolaan Pemprov yang dapat dljadlkan titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta 



3. Kabiro Dikmental, harap menyebarkan edaran kepada masjid-masjid berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan shalat gerhana secara syar'i.



Terima kasih



Anies Baswedan

No comments:

Post a Comment