Kondisi Geografis Benua Afrika

Secara astronomis Benua Afrika terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Dengan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa dan wilayah daratannya sebagian besar di belahan bumi utara. Benua Afrika dikelilingi oleh Samudera dan Laut serta Terusan.. Benua Afrika luasnya tiga kali Benua Eropa atau seperlima dari luas seluruh daratan bumi.

Gambar. Peta Benua Afrika

a. Letak dan Luas Wilayah
Benua Afrika terkenal dengan sebutan benua hitam karena sebagian besar penduduk Benua Afrika adalah keturunan negro yang berkulit hitam. Afrika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia Luas wilayah afrika mencapai ± 30.290.000 km. Secara astronomis benua ini terletak antara 37 º21’ LU -34º52’ LS dan 17º 32’ BB -51º26’BT

Batas-batas Benua Afrika
Sebelah Utara : Laut Tengah (Laut Mediterania)
Sebelah Timur : Samudra Hindia, Laut Merah
Sebelah Selatan : Samudra Atlantik
Sebelah Barat : Samudra Atlantik 

b. Kondisi Iklim
Benua Afrika dapat dibedakan menjadi empat wilayah iklim, yaitu sebagai berikut: 
  • Daerah iklim sedang (subtropis)Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan. 
  • Daerah iklim tropis. Daerah iklim tropis adalah daerah di sekitar akuator. Daerah ini mengalami curah hujan yang teratur. Namun, curah hujan semakin berkurang untuk daerah yang semakin jauh dari ekuator. Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda, serta bagian pantai di wilayah timur mengalami panas dan hujan sepanjang tahun. 
  • Daerah iklim gurun. Daerah iklim gurun terdapat di wilayah afrika bagian utara (wilayah gurun) dansebagian barat daya benua. Daerah beriklim gurun dapat mengalami kering sepanjang tahun. 
  • Daerah iklim mediterania. Daerah iklim mediterania terdapat di wilayah paling utara afrika sekitar laut tengah. 

c. Bentang Alam 

Benua Afrika dengan Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Tengah, dan Laut Merah. Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. 


Gambar. Terusan Suez

Benua Afrika dilalui oleh beberapa sungai besar. Sungai yang melewati Afrika antara lain Sungai Nil dengan panjang 6.400 km. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang melewati negara Sudan dan Mesir. Selain itu, Afrika juga dilewati Sungai Zambesi, Kongo, Niger, dan Orange. Danau yang terdapat di Afrika antara lain Danau Victoria, Tanganyika, Chad, dan Nasser. 
Gambar. Sungai Nil (Sungai terpanjang di dunia)
Daratan Afrika sangat luas meliputi hampir seperlima dari luas daratan di bumi. Daerahnya antara lain berupa gunung dan pegunungan.Pegunungan lipatan terdapat di ujung utara Benua Afrika, yaitu Pegunungan Atlas. 

Gambar. Pegunungan Atlas

Gunung-gunung yang ada di Afrika antara lain Gunung Kilimanjaro (5.890 m) di Tanzania, Gunung Kamerun (4.070 m) di Kamerun, Gunung Margherita (5.109 m) di Kongo, Gunung Kinyeti (3.187 m) di Sudan, Gunung Ras Dashen (4.629 m) di Ethiopia, dan Gunung Emi Koussi (3.415 m) di negara Chad. 
Gambar. Gunung Kilimanjaro
d. Flora dan Fauna
Kondisi iklim dan keadaan alam sangat memengaruhi persebaran tumbuhan dan hewan yang hidup di Afrika. Karena itu, tumbuhan yang hidup di Afrika merupakan gabungan antara tumbuhan hujan tropis seperti beberapa jenis lumut, tumbuhan paku, semak, dan tumbuhan berdaun lebat di kawasan Afrika Tengah dan Afrika Barat. Di kawasan utara, tumbuhan yang hidup umumnya merupakan jenis rumput, belukar dan tumbuhan berbatang lunak. Begitu pula di selatan, tumbuhan yang hidup umumnya jenis rumput, belukar, dan tumbuhan berbatang lunak.

Jenis satwa yang hidup di kawasan Afrika Utara merupakan perpaduan aneka jenis hewan khas Eurasia, sedang di wilayah tengah dan selatan, umumnya jenis hewan bertubuh besar dan kuat semacam singa, Jerapah, zebra, gajah, hyena, burung unta, gorila dan sebagainya.*

*Tulisan di atas diambil dari aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud dan dilakukan editing seperlunya


Baca Juga :

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. It is your colourful blog that brings me a lot of knowledge about living. kudapoker

    ReplyDelete