Perlawanan Rakyat Terhadap Pendudukan / PenjajahanJepang

Jika kamu sedang mencari jawaban tugas mengenai contoh perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, maka tulisan ini bisa dijadikan referensi. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Jepang mendaratkan kaki di Pulau Jawa sejak 1 Maret 1942 dibawah pimpinan Jenderal Immamura dan mereka melakukan penjajahan di Indonesia sampai akhirnya Jepang menyerah kepada Sekutu. Selama penjajahan Jepang, rakyat Indonesia begitu menderita sehingga timbullah berbagai perlawanan rakyat terhadap Jepang di berbagai daerah. Bisa jadi perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia banyak jumlahnya. Namun demikian banyak dari perlawanan rakyat tersebut tidak tercatat dalam buku sejarah karena bukti pendukung yang tidak lengkap.

Perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang karena tindakan Jepang yang semena-mena terhadap rakyat Indonesia terutama akibat adanya kebijakan romusha. Romuhsa adalah para pekerja yang bertugas untuk membangun benteng-benteng pertahanan Jepang di wilayah Asia Pasifik dalam menghadapi pasukan Sekutu termasuk di wilayah Indonesia. Dengan berbagaj propaganda seperti menyebut para romusha sebagai pahlawan pekerja, rakyat Indonesia berbondong-bondong menjadi tenaga romusha. Namun dalam perjalanannya, yang semula bersifat sukarela berubah menjadi paksa dengan berbagai ancaman dan perlakukan yang sewenang-wenang. Dari sekitar 300.000 orang yang menjadi tenaga romusha dikirim ke berbagai wilayah semisal Malaysia, Filipina dan sekitarnya, yang kembali ke Indonesia dalam keadaan hidup hanya 70.000 orang. Itu pun dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Maka akibat kebijakan ini timbul berbagai perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang.

Selain romusha, perlawanan terhadap Jepang juga terkait sentimen agama seperti yang dilakukan KH. Zainal Mustafa yang dipaksa melakukan seikeirei atau upacara penyembahan kepada kaisar Jepang yang dianggap dewa dengan cara membungkukan badan ke arah timur laut setiap paginya. Akibatnya, KH. Zainal Mustafa beserta santrinya melakukan perlawanan terhadap Jepang karena perbuatan itu menurutnya sebuah kemusyrikan. 

Terkait tugas kamu yang di minta mencari contoh perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang, silahkan amati tabel di bawah ini!

Tabel Perlawanan Rakyat Terhadap Pendudukan Jepang
Nama PerlawananTokoh PerlawananLatar Belakang Proses dan Akhir
Perlawanan PETA di BlitarSupriyadiPerlawanan ini disebabkan karena persoalan pengumpulan padi, Romusa maupun Heiho yang dilakukan secara paksa dan di luar batas perikemanusiaan. Sebagai putera rakyat para pejuang tidak tega melihat penderitaan rakyat.  Membunuh sejumlah tentara Jepang dan membawa kabur persenjataan milik Jepang.
Akhir : Pemberontak berhasil di tangkap dan di adili, 8 orang di hukum mati, 2 di bebaskan, Supriyadi berhasil meloloskan diri
Perlawanan Rakyat Cot Plieng Tengku Abdul Djalil Tidak mau melakukam seikeirei Karena Tengku Abdul Djalil tidak mau dibujuk Jepang, maka Jepang menyerang rakyat yang sedang sholat subuh dan Tengku Abdul Djalil tewas dalam pertempuran tersebut. Akibatnya perlawanan semakin meluas.
Akhir : Jepang berhasil memadamkan perlawanan yang terjadi
Perlawanan Rakyat Singaparna KH. Zainal Mustafa Tidak mau melakukan seikeirei dan tidak tahan melihat penderitaan rakyat akibat kerja paksa membekali santrinya dengan ilmu bela diri dan melakukan pengepungan dan pengeroyokan terhadap pasukan Jepang sehingga Jepang terpaksa mundur ke wilayah Tasikamalaya. Selanjutnya 25 Februari 1944 selepas sholat Jumat terjadi pertempuran sengit antara Jepang dengan rakyat Singaparna.
Akhir : KH. Zainal Mustafa dan 72 lainnya tertangkap dan dijatuhi hukuman mati
Perlawanan Rakyat Indramayu Haji Madriyan Adanya kewajiban menyetorkan hasil padi kepada Jepang dan adanya kerja paksa (romusha) Pada April 1944 terjadi perlawanan dipimpin Haji Madriyan di Desa Kamplongan Karang Ampel, Sindang, Indramayu. Disusul dengan perlawanan di daerah Lohbener.
Akhir : Jepang menumpas perlawanan dengan keji agar daerah lain takut dan tidak memberontak
Perlawanan Rakyat Aceh Tengku Hamid Akibat adanya romusha

Teuku Hamid bersama dengan satu pleton pasukannya melarikan diri ke hutan untuk melakukan perlawanan. Ini terjadi pada bulan November 1944.

Akhir : pasukan Tengku Hamid menyerah karena ancaman Jepang yangbakan membunuh anggota keluarganya, sehingga akhirnya dapat ditumpas.

Perlawanan Rakyat Kalimantan Pang Suma Penindasan yang terasa sangat berat Melakukan perang gerilya melawan tentara Jepang
Akhir : banyak mata-mata dari orang dalam menggagalkan perlawanan
Perlawanan Rakyat Irian Barat L. Rumkorem Penganiayaan diluar batas kemanusian yang dilakukan tentara Jepang Melakukan perlawanan Gerakan Koreri dengan siasat perang gerilya, berhasil mengusir Jepang dari Biak. Perlawanan rakyat Irian Barat juga di bantu Sekutu
Akhir : Jepang mengalami kekalahan
Demikian tulisan tentang perlawanan rakyat terhadap penjajahan Jepang. Daftar di atas hanya beberapa contoh perlawanan yang dilakukan rakyat terhadap Jepang.

Selamat mengerjakan tugas yah...

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini...

No comments:

Post a Comment