Basa Basi Busuk


Busuk identik dengan sesuatu yang sudah lama, hancur dan berbau. Busuk berarti juga sudah tidak bermanfaat. 

Basi basi busuk yakni basa basi yang tidak bermanfaat. Berupa ungkapan atau kata yang tak sepenuh hati diucapkan. Tidak tulus. 

Basa basi mungkin berguna untuk membuka percakapan atau mencairkan suasana yang tegang. Ya jika basa basi itu dilakukan sepenuh hati dan tulus. 

Beda halnya jika basa basi terpaksa, entah dalam bahasa lisan maupun tulisan. Datar.  Tidak ada energi atau ekspresi sebuah atensi.

Pernah memberikan sebuah basa basi busuk? Atau jadi korban basa basi busuk? Pujian hambar termasuk ini. 

Keren, bagus, mantap, kata-kata pujian yang jika tulus diberikan akan memberi energi motivasi. Tapi saat diucapkan dengan hambar, hanya jadi sampah yang tak berarti.

Lebih parah, basa basi seperti ini hanya akan memicu ketidaknyamanan. Pujian tidak tulus yang terbaca akan terlihat sebagai sebuah penghinaan.

Pelaku basa basi busuk termasuk diantaranya para penjilat. Kata-kata jadi pemanis untuk sebuah tujuan. Bahkan tujuan mendapat keuntungan finansial.

Kadang ada niat buruk dibalik basa basi busuk. Hati busuk akan melahirkan kata - kata manis namun berbisa.

Berhati - hatilah. ..

Siapa tahu tulisan ini juga isinya cuma basa basi busuk. Yang bukan basa basi cuma ada di iklan rokok. 

3 comments:

  1. Saya gak gitu loh...

    Hehehhe.

    ReplyDelete
  2. Lebih baik berbaik sangka. Semoga komentar ini tidak berbau busuk ya. Ketulusan tidak bisa diketahui. Hidup di dunia ini bagaimana sikap dan raut muka terhadap kita. Waspada? Tetap.

    ReplyDelete