Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Tunai PIP SD - SMA Di pip.kemdikbud.go.id

Cara cek penerima PIP

Jagoan Banten. Berikut cara untuk mengecek data siswa penerima bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP). 

Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah pemberian bantuan tunai kepada anak usia sekolah (6 - 21 tahun)  yang menjadi sasaran utama program PIP.

Sasaran utama yang dimaksud yaitu :

  1. Peserta didik pemegang KIP
  2. Peserta didik dari keluarga miskin / rentan miskin dengan pertimbangan khusus
  3. Peserta didik SMK yang menempuh studi keahlian kelompok bidang : Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Pelayaran dan Kemaritiman

Untuk bisa menggunakan KIP, siswa harus terdaftar secara formal pada sekolah dan KIP terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

Besaran bantuan yang diberikan pemerintah untuk setiap jenjang adalah sebagai berikut :

1. Peserta didik SD/MI/ Paket A mendapatkan Rp 450.000,00 per tahun;

2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp 750.000,00 per tahun;

3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp 1.000.000,00 per tahun.

Untuk memastikan sebagai penerima PIP atau mengetahui apakah dana PIP sudah ditransfer bisa di cek secara online dengan mengunjungi laman pip.kemdikbud.go.id .

Secara lengkap berikut langkah cek siswa penerima PIP dari pemerintah :

  • Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id. 
  • Pilih menu 'Cek Penerima PIP'. 
  • Kemudian isi NISN, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu Kandung dalam kolom yang tersedia. 
  • Selanjutnya, klik 'Cek Data'. 
Isi formulir dengan benar

Bank penyalur yang mencairkan dana PIP di antaranya ada Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Nasional Indonesia (BNI). 

Pemegang KIP dengan jenjang SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus dapat mencairkan dana PIP di bank BRI. 

Sedangkan pemegang KIP dengan jenjang SMA/Paket C dapat mencairkannya melalui bank BNI.

Segera cek data siswa penerima PIP dengan menggunakan cara di atas. 

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment