Cara Menyembelih / Membunuh Lele Dengan Cepat Tanpa Menganiaya Terlebih Dahulu

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang cukup banyak di mintai oleh masyarakat Indonesia sebagai ikan konsumsi, tidak terkecuali di daerah Banten. Ikan ini di masak dengan berbagai olahan, mulai di bakar, di goreng atau di masak dengan bumbu rempah lainnya. Namun yang paling sering kita jumpai pastilah olahan ikan lele dengan cara di goreng. Olahan ini sangat mudah kita jumpai di berbagai warung tenda yang menyediakan menu pecel lele.

Terkait dengan olahan lele, ada satu video menarik yang saya lihat di laman facebook. Setelah saya telusuri, ternyata video ini juga sudah tersebar di chanel youtube. Video itu memperlihatkan tentang bagaimana kita bisa membunuh atau menyembelih lele dengan cepat, mudah  dan yang paling penting tidak menyakiti terlalu lama (menganiaya) lele yang akan kita sembelih.


Sebelum melihat tayangan video tersebut, jujur saja, cara yang biasa saya dan keluarga saya lakukan untuk membunuh lele saat akan diolah yaitu dengan cara memukul kepalanya hingga mati. Dengan cara ini efektif membunuh lele dengan cepat. 

Atau cara lain yang saya lakukan adalah dengan memanfaatkan garam. Caranya yaitu dengan membuat larutan garam dengan perbandingan satu liter air dan satu ons garam. Masukan larutan tersebut ke dalam wadah, kemudian masukan lele yang akan di masak. Tutup wadah yang berisi larutan garam dan lele tersebut beberapa saat sehingga semua lele mati. Setelah lele mati, kita dengan memudah membersihkan lele untuk di masak.

Kedua cara di atas saya pikir cukup efektif. Namun ternyata setelah menyaksikan video yang tadi saya sebutkan, anggapan saya tersebut terbantahkan. Masih ada cara yang lebih efektif membunuh atau menyembelih lele. Cara tersebut diyakini tidak akan mendzalimi atau menganiaya lele yang akan dimasak. 

Berikut cara menyembelih / membunuh ikan lele dengan cepat tanpa menganiayanya terlebih dahulu.

Pertama, pegang kepala lele menggunakan tangan kiri dengan cara digenggam, hati - hati dengan patilnya. 
Kedua, letakan lele pada tatakan terbuat dari kayu dengan tetap dipegang kepalanya oleh tangan kiri, sementara tangan kanan memegang pisau untuk menyembelih

Ketiga, buat sayatan horizontal pada punggung atas lele (pada tempat yang biasanya berbentuk segi tiga) agar tulang punggung belakang lele terlihat

Keempat, masukan ujung pisau pada sayatan tersebut untuk mematahkan tulang belakang lele (sambungan antara tulang kepala dengan badan). Dengan patahnya tulang belakang tersebut, lele akan dengan cepat mati dan tidak akan berontak lagi.

Untuk melihat secara detail cara menyembelih lele tersebut, silahkan lihat pada tayangan di bawah ini:

Demikian postingan Cara Menyembelih / Membunuh Lele Dengan Cepat Tanpa Menganiaya Terlebih Dahulu ini dibuat agar bisa di manfaatkan bagi ibu - ibu rumah tangga yang suka kesulitan ketika akan menyembelih lele.

Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment