Bahaya Tersembunyi (Lain) Dari Handphone


Handphone adalah salah satu gadget yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Barang kecil berteknologi tinggi ini selalu dibawa kemanapun anda pergi karena beragam fitur dan kemudahan yang bisa anda dapat. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari benda satu ini, terutama dalam mempermudah komunikasi. Selain dari itu, masih banyak fungsi handphone lain yang dapat dinikmati pemiliknya.


Dari sekian banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari benda ini, tampaknya kita tidak sadar kalau HP juga menyimpan begitu banyak bahaya bagi hidup kita. Berikut bahaya dari Handphone yang anda miliki versi jagoanbanten.blogspot.com :

1. Handphone berbahaya bagi kesehatan
Untuk yang satu ini, tampaknya tidak perlu diulas lebih lanjut. Anda bisa mencari sendiri di google tentang bahaya handphone bagi kesehatan. Pasti akan banyak referensi yang akan diperoleh. Semisal radiasi handphone berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, penurunan jumlah sperma, merningkatkan resiko terkena kanker otak bagi anak-anak, mengurangi daya ingat dan lain sebagainya. Walau pun penelitian secara ilmiah belum banyak dilakukan tentang bahaya Handphone bagi kesehatan manusia, tampaknya kita tetap perlu berhati - hati terhadap segala kemungkinan resiko yang kita hadapi terkait dengan penggunaan handphone.

2. Handphone bisa membuat seseorang masuk penjara
Dalam fungsinya sebagai alat komunikasi, kadang kita tidak sadar berbicara atau mengirim pesan yang menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain. Nah, ketika kita terlanjur berkata kasar terhadap orang lain, dan orang tersebut tidak terima dengan perlakukan anda, maka siap-siap anda berurusan dengan hukum yang berujung pada penjara.
Fasilitas yang ada di Handphoe berupa media sosialpun tidak jarang membawa seseorang masuk ke dalam jeruji besi. Anda mungkin masih ingat kasus Prita, kasus terkait penghinaan terhadap Walikota Bandung, dan lain sebagainya. Jadi lebih bijaklah dalam menggunakan hanphone ketika anda berkomunikasi dengan orang lain.

3. Handphone bisa membunuhmu!
Jika melihat begitu bahayanya handphone bagi kesehatan, bukan tidak mungkin hanphone dapat membunuh anda. Tapi dalam hal ini, handphone juga bisa membunuh manusia dalam konteks yang lain. Semisal, saat seseorang menggunakan handphone saat ia berkendara, konsentrasi hilang, dan berujung pada kecelakaan yang merenggut nyawa. Dan hal seperti ini sudah sering terhadi sekalipun mereka banyak yang tahu bahwa mennggunakan handphone saat berkendara itu berbahaya.

4. Handphone bisa mempermalukanmu!
Fenomena yang marak saat ini dari penggunaan handphone salah satunya adalah selfie. Dalam banyak kasus, selfie banyak juga disalahgunakan antara lain dengan banyaknya kaum muda yang berselfie ria tanpa busana. Biasanya, hasil selfie tersebut bersifat rahasia dan diberikan untuk orang tertentu saja seperti pasangannya. Lalu beranggapan bahwa pasangan kita akan menjaganya dengan baik. Tapi pada kenyataannya, sudah berapa banyak kasus foto bugil hasil selfie beredar didunia maya. Lalui bayangkan, jika seandainya foto selfi bugil kita berada didunia maya?

5. Handphone membuat lebih banyak berbohong
Untuk yang satu ini, pasti banyak orang pernah merasakannya. Pernahkah ketika kita ditanya lewat handphone sedang dimana anda berada, kemudian anda menjawab bohong. Mungkin anda bilang anda sebentar lagi sampai tujuan, padahal posisi anda jauh. Atau kebohongan-kebohongan lainnya. Silahkan tanyakan pada diri sendiri, seberapa sering anda berbohong dengan memanfaatkan HP yang anda miliki.

6. Handphone membuat hidup lebih konsumtif
Untuk memanfaatkan handphone secara maksimal, tentu kita harus memiliki pulsa yang cukup. Pulsa tentu dibeli dengan uang. Bayangkan jika semisal seorang anak menghabiskan pulsa Rp 5000 setiap harinya. Ini berarti bahwa ia akan menghabiskan Rp 150.000 setiap bulannya. Untuk mereka yang tgermasuk kategori kelas menengah ke atas, nilai sebesar itu mungkin tidaklah cukup berarti. Tapi beda halnya dengan kelas menengah ke bawah. Tapi faktanya, penggunaan handphone sekarang sudah tidak lagi mengenal kelas sosial. hampir semua memiliki handphone. Pertanyaannya, jika seseorang sejak muda belajar begitu konsumtif dengan handphone yang ia miliki, bagaimana kelak ia dewasa? Jika sebagian besar penghasilannya dibelanjakan untuk benda yang satu ini, bagaimana ia bisa menabung untuk hidup yang lebih baik?

Nah, itu dia beberapa bahaya tersembunyi yang kadang tidak kita sadari dari handphone yang kita miliki. Selebihnya, tinggal bagaimana kita menyikapinya. Semoga anda lebih bijak lagi dalam penggunaan handphone. Semoga bermanfaat.