Tips Aman Menggunakan Facebook

Tulisan ini adalah tentang tips aman menggunakan facebook.

Saat ini facebook merupakan situs dengan pertumbuhan yang begitu cepat dengan pertambahan pengguna baru sekitar 250.000 setiap harinya. Selanjutnya berdasarkan rangking yang dirilis oleh situs ebizmba.com, tentang situs paling banyak diakses didunia, facebook  menempati urutan ketiga dengan 900 juta pengunjung setiap bulannya.

Dalam banyak hal mungkin facebook dapat membantu kita terhubung dengan banyak orang tanpa batas. Tapi tanpa kita sadari, ternyata facebook pun mengandung banyak resiko yang dapat membahayakan kehidupan kita. Informasi pribadi dan foto - foto yang kita upload, bisa menjadi bumerang jika hal itu disalahgunakan oleh orang - orang yang tidak bertanggungjawab. Bayangkan jika informasi pribadi anda disalahgunakan untuk kejahatan? Bisa jadi kita akan berurusan dengan pihak berwajib. Begitu juga saat akun kita terkena hack (bajak). Jika saja digunakan masih dalam koridor yang benar, mungkin tidak menjadi masalah yang berarti, tapi bagaimana jika akun kita dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang merugikan orang lain?. Tentu kita tidak mau itu semua terjadi pada akun facebook anda. Dalam hal ini kita harus tahu Tips Aman Menggunakan Facebook.

Berikut beberapa tips aman menggunakan facebook versi jagoanbanten.blogspot.com :

1. Buatlah Password Yang Kuat (Rumit)
Dalam banyak kasus, password facebook diambil dari  tanggal lahir atau nama pengguna. Hal ini tentu sangat berbahaya karena password tersebut sangat mudah ditebak. Apalagi jika dalam profil facebook kita mencantumkan tanggal lahir kita. Hal ini berbahaya karena akun facebook yang kita miliki akan mudah terbajak oleh orang lain. Maka, akan lebih baik jika password tidak diambil dari tanggal lahir. Buatlah pasword yang rumit berupa kombinasi huruf dan angka.

2. Berhati-hati Dalam Menulis Status Facebook
Jangan pernah sekali - kali kita menulis status yang dapat menyinggung orang lain, kata - kata kotor dan lain sebagainya. Salah - salah hanya karena masalah sepele kita berurusan dengan pihak berwajib jika orang yang membaca status kita tidak terima karena merasa dilecehkan di facebook. Maka sesama pengguna facebook kita harus selalu menghargai privasi masing - masing.

3. Atur Pengaturan Privasi Hanya Untuk "Teman/Friends"
Dengan melakukan ini, kita dapat memiliki kontrol terhadap akses informasi dan gambar yang kita update. Kita juga dapat memperketat privasi dengan  hanya memberikan informasi pada orang - orang tertentu saja yang kita inginkan.

4. Jangan Asal Klik Link Aktif
Mungkin saat kita membuka facebook, banyak link bertebaran dari berbagai pihak ketiga. Hati - hati saat kita akan mengklik link tersebut. Bisa jadi link tersebut adalah jebakan yang pada akhirnya merugikan para pengguna facebook.

5. Jangan Terhubung Dengan Orang-orang Yang Tidak Kita Kenal
Sebuah akun facebook akan lebih aman jika dia hanya terhubung dengan orang -orang yang hanya kita kenal. Resiko terhadap hal -hal yang tidak kita inginkan menjadi lebih kecil.

6. Jangan Mengupload Foto Yang Bisa Membahayakan Kehidupan Kita
Jangan sekali - kali kita mengupload foto yang bersifat sangat privasi. Salah - salah foto tersebut jadi bumerang bagi kita. Hati - hati juga jika kita sering upload foto secara berlebihan. Mungkin saja  foto - foto tersebut diambil tanpa sepengetahuan kita yang kemudian digunakan untuk menduplikat akun yang kita miliki dan dimanfaatkan untuk kejahatan.

7. Jangan Menuliskan Nomor Telepon, Alamat Rumah, Atau Hal Penting Lain Pada Profil
Hati - hati saat mencantumkan alamat rumah, nomor telepon atau informasi lain pada profil kita. Informasi tersebut sangat berharga dan dapat dimanfaatkan untuk kejahatan. Jika pun harus menuliskan informasi penting pada akun yang kita miliki, atur privasinya secara ketat.

8. Jangan Pernah Mengirim Informasi tentang Yang Akan Anda Lakukan
Janga pernah menuliskan tentang rencana kegiatan yang akan kita lakukan ke depan. Hal ini adalah untuk menghindari ancaman kejahatan pada diri kita pada hari yang sudah kita rencanakan karena jika mereka (penjahat) tahu tentang rencana kita, mungkin ia akan segera menyusun siasat atau rencana atas niat jahatnya pada hari itu.

9. Pastikan selalu login pada situs www.facebook.com
Hati - hati jika ada situs yang menyerupai situs resmi facebook, seperti www.facebook02.com, www.facebook111.com dan sejenisnya. Jika login pada situs - situs tersebut, bersiaplah akun yang kita miliki tidak dapat digunakan lagi. Pastikan selalu kita login pada situs resmi facebook.

10. Segera Keluarkan Akun Kita Setelah Selesai Menggunakannya
Jika kita membuka akun facebook kita pada fasilitas publik seperti warnet, janga pernah sekali - kali kita meninggalkan akun tersebut dalam keadaan login. Salah - salah, akun kita akan menjadi korban orang iseng atau bahkan dimanfaatkan untuk kejahatan. Jadi, jangan pernah lupa untuk segera logout akun setelah selesai digunakan.

Demikian beberapa tips aman menggunakan facebook. Semoga bermanfaat!..

Baca juga tulisan lain di jagoanbanten.blogspot.com di bawah ini :