Daftar Stasiun Televisi Nasional Di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal televisi? Semua pasti tahu televisi, kecuali yang di peloksok nun jauh di sana, Tapi tahukah kapan televisi mulai ada di Indonesia? Ada berapa stasiun televisi yang ada saat ini? Langsung saja, nih dia daftar  stasiun televisi nasional yang ada di Indonesia hingga saat ini :

1. TVRI
Televisi Republik Indonesia (TVRI) adalah stasiun televisi yang pertama kali ada di Indonesia. Stasiun ini mulai mengudara pada tanggal 24 Agustus 1962. Siaran perdananya menayangkan Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan yang ke 17 di Istana Negara. Siarannya saat itu masih berupa hitam putih.

2. RCTI
Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) adalah stasiun trelevisi swasta pertama yang ada di Indonesia. RCTI menguadara pertama kali pada 13 Nopember 1988 dan diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. 1989 sampai 2003, RCTI dimiliki oleh perusahaan Bimantara Citra. Tapi sejak tahun 2003 sampai dengan saat ini, RCTI dimiliki oleh Media Nusantara Citra (MNC) Group. Slogan RCTI yang begitu familiar ditelinga kita adalah "RCTI Oke".

3. SCTV
Surya Citra Televisi (SCTV) adalah stasiun swasta nasional kedua setelah RCTI. Stasiun televisi ini berdiri pada 24 Agustus 1990 di Surabaya. Kemudian pada tanggal 1 Januari 1993, stasiun ini resmi diluncurkan di Jakarta. Pemilik stasiun ini awalnya adalah PT. Bimantara Citra yang kemudian sejak tahun 1999, beralih menjadi milik PT. Surya Citra Media. Logo yang paling terkenal dari SCTV adalah "Satu Untuk Semua". Saat ini, Kantor pusat SCTV berada di Tower Senayan City Jakarta.

4. MNCTV
Pada awal berdirinya, stasiun televisi ini bernama Televisi Pendidikan Indonesia (TPI). TPI merupakan televisi swasta ketiga setelah SCTV. TPI berdiri pada 23 Januari 1991. Saat itu TPI dimiliki oleh PT. Cipta Lamtoro Gung Persada. Setelah kepemilikian televisi ini beralih pada MNC Gruop, maka pada 20 Oktober 2010, stasiun ini berganti nama menjadi MNCTV.

5. ANTV
Andalas Televisi atau ANTV awalnya adalah sebuah stasiun televisi lokal yang berada di Lampung. Berdiri pada 1 Januari 1993, ANTV memiliki hak siar selama 5 jam setiap harinya dengan wilayah siar mencakup Kota Lampung dan sekitarnya. Berikutnya pada tanggal 18 Januari 1993, ANTV mendapat ijin untuk melakukan siaran nasional. ANTV dimiliki konglomerat muda Anindya Bakrie dan Erick Thohir sebagai Presiden Direktur sekaligus wakil Komisaris Utama VIVA.

6. INDOSIAR
Indosiar berdiri pada 11 Januari 1995. Indosiar didirikan dan dikuasi oleh Salim Group. Saat ini, Indonsiar beralih kepemilikan setelah sebagian besar sahamnya dibeli oleh Surya Citra Media.
Televisi yang bermarkas di Jl. Daan Mogot Jakarta Barat ini memiliki slogan "Memang Untuk Anda".

7. METRO TV
Metro TV adalah salah satu televisi swastsa nasional pertama yang berbasis berita. Siaran televisi ini hampir seluruhnya menayangkan berita - berita teraktual, baik dari dalam atau luar negeri. Metro TV diluncurkan pada 25 Nopember 2000. Metro TV berada di bawah naungan PT. Media Televisi Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Media Group yang dipimpin oleh Surya Paloh.

8. TRANS7
Pada awal berdirinya, Trans7 bernama TV7. Televisi ini mulai mengudara pada 25 Nopember 2001. Setelah saham nya beralih dari Kompas Gramedia menjadi milik PT. Trans Corporation, maka pada tanggal 15 Desember 2006, televisi ini berubah nama menjadi Trans7. Saat ini, Trans7 menjadi televisi yang paling sering memberikan tayangan-tayangan yang bernuansa edukasi dibanding televisi swasta yang lain.

9. TRANS TV
Trans TV adalah stasiun televisi swasta yang dimiliki oleh Chairul Tanjung. Seperti halnya Trans7, Trans TV juga meruapakan anak dari PT. Trans Corporation. Televisi ini mengudara secara resmi pada tanggal 15 Desember 2001. Direktur Utama Trans TV sama dengan Direktur Utama Trans7 yaitu Atiek Nur Wahyuni. Slogan dari Trans TV adalah "Milik Kita Bersama".

10. TV ONE
Setelah Metro TV sukses dengan siaran - siaran beritanya, menyusul kemudian TV One berdiri dengan konsep yang sama yaitu menyajikan berita sebagai siaran utamanya. Pada awal berdiri, TV One bernama Lativi, didirikan oleh Abdul Latif pada tanggal 7 Juli 2002. Pada tanggal 14 Februari 2008, lativi resmi berganti nama menjadi TV One dengan siaran 70 %  berisi berita. Direktur Utama TV One saat ini adalah Ardiansyah Bakrie.

11. GLOBAL TV
Global TV awalnya adalah televisi lokal di Jakarta. Berdiri pada tanggal 8 Oktober 2002, akhirnya Global TV menjadi salah satu televisi swasta nasional. Pada awal berdiri, Global TV menyiarkan atau merelay acara - acara dari MTV Asia. Saat ini Global TV dimiliki oleh MNC Group.

12. RTV
Rajawali Televisi (RTV) semula bernama B-Chanel. Berdiri pada 1 Nopember 2009, dan menjadi RTV pada 3 Mei 2014. Televisi yang berpusat di Jakarta ini di miliki oleh Rajawali Corporation.

Itu dia daftar stasiun televisi nasional yang ada di Indonesia hingga saat ini. Ada yang mau menambahkan?