Yuk Memperingati Hari Bumi!


Buka facebook saat mata masih ngantuk, saya mendapatkan ucapan selamat Hari Bumi dari tim facebook.  Saya penasaran tentang Hari bumi, langsung googling, dan hasilnya sebagai berikut.
Ternyata setiap tanggal 22 April penduduk seluruh dunia memperingati Hari Bumi.  Peringatan ini pertama kali dirayakan pada tahun 1970, yaitu ketika pertama kali hari bumi dideklarasikan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson. 
Terdapat beberapa fakta menarik dari peringatan hari bumi, seperti yang dikutip dari situs loop.co.id antara lain :

- Peringatan hari bumi dilaksanakan setiap tanggal 22 April karena dibumi utara baru mengalami musim semi dan di bumi selatan baru mengalami musim gugur
- Hari bumi memiliki bendera sendiri yang bernama Earth Day Flag yang dibuat oleh John Mc Conell.  Bendera berwarna biru langit dengan gambar bumi ditengahnya. 
bendera hari bumi
- Hari bumi bermula dari protes warga Amerika terhadap polusi udara.  Mereka menginginkan udara dan air yang bersih. 
- Hari bumi adalah hari raya non keagamaan yang dirayakan oleh seluruh dunia.  Lebih dari 175 negara merayakan hari bumi.
- Banyak cara yang dilakukan dalam memeringati hari bumi.  Setiap negara memiliki agenda sendiri - sendiri dalam memperingatinya.

Nah, itu beberapa fakta tentang hari bumi.  Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk ikut serta merayakan hari bumi selain mengkampanyekan peringatan ini di media sosial dan sejenisnya.  Situs alamendah.org menyarankan beberapa tindakan nyata dalam memperingati hari bumi.  Apa sajakah itu? 

1. Hemat energi, terutama energi yang bersumber dari fosil karena akan berdampak pada efek rumah kaca.
2. Kurangi plastik, karena plastik sangat sulit terurai sehingga menjadi masalah lingkungan tersendiri.  Walau plastik bisa di daur ulang, pemakaian plastik ternyata lebih banyak dan tidak seluruhnya masuk siklus daur ulang.
3. Kurangi konsumsi listrik dengan mematikan peralatan yang tidak perlu dan mencabutnya dari stop kontak karena tanpa disadari peralatan yang terhubung masih mengkonsumsi listrik
4. Tanam pohon,  karena pohon begitu banyak memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga manusia.  Selain penghasil oksigen, pohon juga berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global.
5. Daur ulang limbah elektronik,  karena limbah elektronik mengandung banyak zat berbahaya bagi lingkungan seperti mercury,  timbal dan zat kimia lainnya.  Kumpulkan limbah elektronik tersebut pada penampungan khusus.
6. Dukung penggunaan energi terbarukan sehingga kita tidak bergantung kepada energi berbasis fosil yang tidak ramah terhadap lingkungan.

Itu beberapa saran dari situs alamendah.org sebagai wujud aksi nyata memperingati Hari Bumi.  Setujukah dengan saran di atas? Yang jelas, karena bumi merupakan tempat tinggal kita,  maka kita harus mampu menjaga nya dengan baik.  Jangan rusak lingkungan sekitar kita.

menanam pohon atau berkebun, aksi nyata menjaga bumi kita
Selain beberapa langkah di atas, yang terpenting dalam memperingati hari bumi ini adalah dengan merubah pola pikir kita agar lebih menghargai kelestarian lingkungan.  Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan seperti tidak membuang sampah sembarangan misalnya, membawa tempat khusus barang belanjaan ketika ke minimarket, menghemat penggunaan air, dan lain sebagainya.  Lakukan dari hal - hal kecil yang sanggup kita lakukan. Jika masih banyak ruang kosong dirumah kita, buatlah lebih hijau dengan menanam pohon,  bunga atau sayuran.

Yuk kita dukung peringatan hari bumi dengan tindakan nyata. Selamat Hari Bumi.

1 comment: