Bus Anti Macet Ala China

Macet adalah horor yang begitu menakutkan bagi masyarakat perkotaan. Duduk berjam - jam dalam pengapnya mobil dan dibawah teriknya sinar matahari membuat tak seorang pun betah berlama - lama dalam kemacetan. Namun bagi kota besar seperti Jakarta, macet tampaknya tidak dapat dihindarkan. Setiap hari, warga Jakarta selalu di suguhi kemacetan kecuali mungkin pada hari libur atau musim mudik lebaran.

Untuk mengatasi kemacetan Jakarta, pemerintah tentu tidak tinggal diam. Beberapa kebijakan digelontorkan untuk mengatasi masalah ini. Jalan layang, jalur 3 in 1, menyediakan angkutan masal berupa bus Trans Jakarta, atau proyek MRT adalah beberapa langkah yang diambil untuk mengatasi kemacetan tersebut. Yang terbaru adalah pembangunan kereta bawah tanah dan penerapan sistem ganjil genap. Namun demikian, faktanya Jakarta belum bisa melepaskan diri dari kemacetan.

Tidak jauh beda dengan Jakarta, macet pun menjadi masalah serius bagi kota - kota di China. Namun tampaknya masalah ini akan segera teratasi dengan munculnya inovasi berupa jenis bus  baru yang anti macet. Bagaimana bisa? 

Bus terbaru ini di desain sedemikian rupa sehingga ia bisa melewati mobil - mobil yang terjebak kemacetan. Sederhananya, bus tersebut dibuat sangat tinggi sehingga bisa melangkahi mobil dan berjalan tanpa hambatan. Bus anti macet China ini disebut Transit Elevated Bus. Berikut penampakannya :


Bus anti macet ini memiliki badan yang lebar dan kaki yang tinggi. Saking lebarnya bus ini, bus ini bisa berjalan di area jalan terluar. Bus ini memiliki panjang 21 meter dengan lebar 8 meter. Bus anti macet raksasa ini sekali jalan mampu mengangkut penumpang 300 orang. Dan menurut perusahaan yang memproduksi bus tersebut, satu bus tersebut mampu menggantikan 40 bus biasa.

Untuk sementara ini, bus raksasa tersebut baru dioperasikan di daerah Qinhuangdao pada saat dilakukan uji coba. Seperti halnya Trans Jakarta, bus ini memiliki jalur khusus. Saat ini jalurnya baru sepanjang 300 meter. 

Namun demikian, pada tahun - tahun berikutnya, dikabarkan jalur bus ini akan semakin panjang di China dan tentu saja akan memecahkan masalah kemacetan di negara tersebut. Namun demikian belum ada kepastian akan rencana tersebut.

Berminat mencoba menaiki bus raksasa anti macet ini? Silahkan datang ke China untuk merasakannya. :)

Semoga bermanfaat ...



No comments:

Post a Comment