Meredam Emosi Dengan Teknik Genggam Jari

Setiap orang pasti pernah merasakan emosi yang meledak - ledak. Namun tidak semua orang mampu menahan atau mengendalikan emosi tersebut. Faktanya, banyak  emosi berakibat pada hal negatif dan berujung penyesalan.

Dalam sebuah tulisan pada kolom detik health, diketahui bahwa kita dapat meredam atau meminimalisir emosi dengan cara yang sederhana, yaitu cukup dengan teknik menggenggam jari (finger hold technique). Teknik ini disampaikan oleh Watie Eshuis dalam kegiatan "Yoga Tertawa Untuk Atasi Stress".  Teknik ini sendiri aslinya berasal dari seni penyembuhan Jepang yang disebut teknik Jin Shin Jyutsu.

Berikut langkah meredakan emosi dengan teknik genggam jari :

1. Memegang Jempol
Langkahnya yaitu dengan menggenggam jempol dengan menggunakan tangan lainnya selama 2 - 5 menit. Lakukan ini sambil menarik nafas hingga dada terasa penuh, dan buang nafas pelan - pelan sampai perut terasa kempis. Biarkan mata terpejam. Pada saat melakukan ini, jempol akan terasa seperti berdenyut. Lakukan ini sampai denyut tersebut reda yang menandakan emosi sudah mulai terkendali.

2. Telunjuk
Menggenggam jari telunjuk akan mengurangi rasa cemas atau takut. Hal ini juga dipercaya dapat memberikan energi positif untuk melakukan sesuatu hal yang baik. 

3. Jari Tengah
Ketika marah, beberapa orang mengacungkan jari tengah sebagai bentuk protes. Dengan menggenggam jari tengah, maka seseorang bisa mengendalikan marah, benci maupun kecewa. Genggamlah jari tengah dengan menarik nafas pelan - pelan sembari katakan padanya hal - hal positif.

4. Jari Manis
Jari manis dalam beberapa hal mirip dengan ibu jari, terkait pengendalian emosi. Jika merasa sedih atau ada hal yang melemahkan cobalah genggam jari manis dengan tangan lainnya. Genggam secara lembut, rasakan denyutannya, genggam hingga denyutan tersebut mereda.

5. Jari Kelingking
Genggam jari kelingking berfungsi untuk mengatasi rasa percaya diri sedang turun, tidak berdaya atau justru ego yang berlebihan Menggenggam jari kelingking juga dipercaya dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir dan berkonsentrasi.

Tidak ada salahnya untuk mempraktikan teknik di atas saat emosi meluap atau dalam keadaan jenis emosi lainnya. Teknik sederhana tanpa biaya dan siapa pun dapat melakukannya. Selamat mencoba.

Sumber :

  • http://health.detik.com/read/2016/10/31/081052/3333043/763/6/mengendalikan-emosi-bisa-dilakukan-sambil-menggenggam-jari-begini-caranya
  • gambar di ambil dari jendelasarjana.com


No comments:

Post a Comment