Mendikbud : Pendidikan Karakter 70% Untuk SD Dan 60% Untuk SMP

Dilansir antaranews.com (04/11/16), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam lawatannya ke Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, dihadapan sekitar 1000 orang guru, mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan mengubah pola pendidikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SD - SMP) menjadi sekolah yang berbasis pendidikan karakter.

Pendidikan karakter yang dimaksud  adalah mengajarkan kepada siswa karakter baik seperti hidup jujur, budaya antre, tanggungjawab sosial dan menghargai perbedaan dan pendapat orang lain serta menumbuhkan semangat nasionalisme.

Dalam prakteknya nanti, porsi pendidikan karakter di SD - SMP  akan lebih banyak di banding dengan pendidikan keilmuan. 

"Di SD nanti, 70 persen porsi pendidikan akan berbasis pada pembentukan karakter siswa dan selebihnya pendidikan keilmuan, sedangkan di SMP 60 persen pendidikan karakter" ujar Mendikbud.

Mendikbud melanjutkan "Pendidikan karakter ini penting karena karakter merupakan pondasi bangsa. Kalau pondasinya baik, maka apapun yang dibangun di atasnya akan baik dan kokoh, tetapi kalau pondasinya rapuh, maka semua yang dibangun di atasnya akan mudah roboh," 

Pada pelaksanaannya nanti, pendidikan karakter ini akan dilaksanakan melalui penerapan full day school. Menurut mendikbud, full day school adalah ciri negara maju. Di negara maju, tidak ada siswa yang pulang pukul 12.00 siang.

Muhadjir melanjutkan bahwa Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) memiliki tiga program prioritas utama yaitu Pertama, mengatasi kesenjangan pendidikan antara mereka yang jauh dan dekat dari akses pelayanan pendidikan dengan membangun gedung dan sarana pendidikan serta pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP). Kedua adalah revolusi mental dalam pendidikan yaitu membina karakter siswa melalui pendidikan berbasis karakter. Dan prioritas ketiga adalah menyiapkan tenaga kerja terampil dengan mengembangkan sekolah - sekolah kejuruan.

Terkait penerapan pendidikan karakter, Mendikbud sudah membentuk tim yang sedang mempersiapkan penerapan pendidikan berbasis pembentukan karakter. Dalam tahun 2016, diharapkan sudah ada 500 sekolah percontohan, dan pada semester pertama 2017 naik menjadi 1.500 sekolah. Tiga tahun kemudian pendidikan karakter akan diterapkan di seluruh sekolah SD - SMP.

sumber : 
http://www.antaranews.com/berita/594258/mendikbud-pendidikan-sd-smp-akan-berbasis-karakter



No comments:

Post a Comment