Kondisi Geografis Benua Asia

Benua Asia adalah benua yang paling luas di dunia. Benua Asia dikelilingi samudera-samudera luas di sebelah Utara, Timur, dan Selatan. Sedangkan bagian Barat dibatasi oleh daratan Eropa, Laut Merah, Laut Tengah, dan Terusan Suez. Sebagian besar kawasan Benua Asia terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang ada di belahan bumi selatan adalah beberapa pulau termasuk Negara Indonesia. Benua Asia dibagi ke dalam enam region yaitu Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Utara, AsiaTengah, dan Asia Tenggara. Untuk lebih memahami tentang pembagian Benua Asia, perhatikan animasi Benua Asia di bawah ini :



Gambar. Pembagian wilayah Benua Asia
a. Letak dan Luas Wilayah



Sebagai benua terluas di bumi Asia mempunyai luas sekitar 44.579.000 Km2 atau 17.212.000 mil persegi (Sumber : en.wikipedia.org). Asia terletak di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Secara geografis Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktic. Secara geologis Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia.


Batas Benua Asia adalah :

Sebelah Utara : Laut Arktik
Sebelah Selatan : Samudra Hindia
Sebelah Timur : Samudra Pasifik, Selat Bering
Sebelah Barat : Laut Merah, Laut Tengah, Pegunungan Ural

b. Kondisi Iklim


Kondisi iklim di Benua Asia adalah sebagai berikut : 
Asia Utara : Continental Kutub, terutama wilayah Siberia Utara; 
Asia Tengah : Continental Kering, terutama Gurun Gobi. 

Asia Barat : Darat atau gurun, terutama Jazirah Arab dan Plato Iran Iklim Mediterania, terutama Jazirah Anatolia. 

Asia Selatan dan Tenggara : Tropis Basah. 

Asia Timut, terutama Jepang dan Semenanjung Korea : Sub Tropis 


c. Bentang Alam

1. Rangkaian pegunungan
Benua Asia terdapat deretan pegunungan yaitu Pegunungan Himalaya, Pegunungan Hindukush, Pegunungan Korakorum, Pegunungan Asia Tengah, Pegunungan Sirkum Pasifik dan Pegunungan Mediteran. Kemudian ada lagi Pegunungan Kinlin dan Pegunungan Kwen lun di daratan sekitar Korea.
Gambar. Pegunungan Himalaya. Sumber : csusap.csu.edu.au

2. Daerah plato atau dataran tinggi

Daerah plato atau dataran tinggi terdapat juga beberapa wilayah yang merupakan dataran tinggi di Benua Asia antara lain adalah Dataran Tinggi Dekan yang terletak di Semenanjung India bagian tengah. Di bagian sepanjang pantai barat terdapat dataran tinggi Pegunungan Ghast Barat dan pada bagian timur terdapat Pegunungan Ghast Timur. Terdapat juga Pegunungan Adams dan Gunung Pidurutalaga di wilayah Sri Lanka tengah dimana pegunungan tersebut merupakan salah satu pegunungan yang paling tua karena merupakan tebentuk dari karbon.

3. Daerah basin atau cekungan

Wilayah Benua Asia terdapat beberapa cekungan dimana cekungan ini kemudian terisi oleh air dan menjadi lautan seperti diantaranya adalah Laut Kaspia, Danau Baikal, Danau Balkash, Danau Urmia dan Laut Mati.

Lembah-lembah sungai besar, di daratan asia juga terdapat lembah sungai atau delta sungai, delta sungai merupakan daratan yang terbentuk di sekitar hilir sungai dimana terbentuk dari endapan lumpur dan material lainnya yang dibawa oleh air sungai. Salah satu delta sungai yang terkenal adalah delta Sungai Gangga di India, Sungai Yangtse, Sungai Obs, Sungai Huang Ho, Sungai Amur, Sungai Mekong, Sungai Lena, Sungai Yennesi dan Sungai Indus. 

Gambar. Laut / Danau Kaspia. Sumber : ipospedia.com
Wilayah gurun dan hutan hujan tropis, gurun di wilayah Asia sangat luas terletak di India, China dan daerah Timur Tengah. Sedangkan untuk wilayah hutan hujan tropis juga sangat luas di daerah Indonesia, Malaysia dan Filipina. 

Gambar. Hutan Hujan Tropis Indonesia. Sumber : pinterest

d. Flora dan Fauna

Mengingat Benua Asia terletak di rentang koordinat yang luas dengan iklim yang sangat bervariasi, variasi spesies dan jenis flora dan fauna di kawasan ini juga sangat beragam. Kekayaan flora dan faunanya menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta serta peneliti binatang dan tumbuh-tumbuhan. Di kawasan utara yang memiliki iklim dingin, tundra ialah jenis tumbuhan yang mendominasi. Jenis-jenis tanaman tundra itu misalnya lumut, rumput, dan pohon-pohon dengan daun jarum.

Gambar. Beberapa jenis tanaman yang tumbuh di daerah Tundra

Sementara itu, binatang khas kawasan ini antara lain beruang siberia, anjing laut, rusa kutub, dan rubah.


Gambar . Beruang Siberia

Gambar. Rusa Kutub

Gambar. Anjing Laut

Gambar. Rubah

Sementara, di kawasan Asia bagian tengah biasa ditemukan stepa dan sabana mengingat curah hujan yang tak terlalu banyak di wilayah ini.

Gambar. Sabana

Gambar. Stepa

Hal ini berbeda dengan Asia di kawasan selatan yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak terdapat hutan hujan tropis yang lebat di sana. Hutan hujan tropis selain lebat juga memiliki keanekaragaman hidup flora dan fauna yang sangat banyak.*

*Tulisan di atas di ambil dari Aplikasi Rumah Belajar Kemdikbud yang dilakukan editing seperlunya. 


Baca juga :
Kondisi Geografis Benua Asia
Kondisi Geografis Benua Amerika
Kondisi Geografis Benua Afrika
Kondisi Geografis Benua Eropa
Kondisi Geografis Benua Australia
Kondisi Geografis Benua Antartika

No comments:

Post a Comment