Ini Alasan Keterlambatan Pembayaran Gaji PNS Januari 2017

Keterlambatan pembayaran gaji PNS dibeberapa daerah termasuk di Kabupaten Serang, sampai tanggal 07 Januari 2017 belum menerima gaji dikarenakan adanya proses administrasi menindaklanjuti Struktur Organisasi Tata kerja (SOTK) yang baru.
Seperti dilansir oleh situs web.serangkab.go.id, terdapat perubahan pada SOTK Badan, SOTK Setda dan SOTK Dinas. Untuk melihat SOTK yang baru dapat dilihat dibawah ini :


Seperti halnya di Kabupaten Serang, keterlambatan pembayaran gaji PNS Januari 2017 juga terjadi di Jawa Barat. Penyebabnya masih sama yaitu adanya proses administrasi akibat adanya perubahan SOTK.

Selain itu, adanya peralihan status PNS dari pemerintah daerah menjadi PNS pusat juga berpengaruh terhadap keterlambatan gaji PNS Januari 2017 ini. Seperti dilansir situs menpan.go.id, terdapat skema peralihan 5 sub urusan dari pemerintah daerah ke pusat sehingga 22.519 pegawai daerah dialihkan menjadi pegawai pusat. Ini menimbulkan konsekuensi pembiayaan gaji dan anggaran lainnya yang semula ditanggung daerah menjadi tanggungjawab pemerintah pusat.

Untuk di Jawa Barat, Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan keterlambatan tidak akan memakan waktu lama dengan mempercepat proses administrasi untuk penyaluran gaji PNS paling lambat sebelum tanggal 10 Januari 2017.

Referensi :
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/01/04/oj8w7g384-gaji-pns-telat-dampak-sotk-baru
http://menpan.go.id/berita-terkini/6112-22-519-pegawai-daerah-akan-jadi-pegawai-pusat-presiden-jokowi-jangan-ganggu-pelayanan-ke-masyarakat
http://web.serangkab.go.id/berita-794-sotk-baru-pemerintah-kabupaten-serang-.html
gambar diambil dari liputan6.com

No comments:

Post a Comment